Airlangga Hartarto akan Bertemu SBY Sore Ini di Cikeas, Begini Reaksi PPP

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto akan bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pertemuan itu akan berlangsung di kediaman SBY, Puri Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (29/4) pukul 18.30 WIB.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Apr 2023, 15:55 WIB
Diterbitkan 29 Apr 2023, 15:43 WIB
Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum PPP Muhammad Mardiono
Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono saat berkumpul di acara Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto akan bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pertemuan itu akan berlangsung di kediaman SBY, Puri Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (29/4) pukul 18.30 WIB.

Menanggapi rencana pertemuan tersebut, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan partainya menghormati langkah politik yang dilakukan Partai Golkar. Dia menyebut pertemuan antara Airlangga Hartarto dengan SBY tidak ada kaitannya dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Kita menghormati Partai Golkar yang berkomunikasi dengan Pak SBY," kata Awiek, sapaan Ahmad Baidowi, saat dihubungi merdeka.com.

"Penjajakan komunikasi politik itu hal yang lumrah dan tidak ada kaitannya dengan KIB. Itu ranah internal Partai Golkar," kata Awiek.

Dia menyebut langkah politik Partai Golkar sama seperti yang dilakukan PKS dengan mendatangi PPP. Sehingga, kata Awiek, setiap partai politik yang tergabung di dalam KIB akan saling menghormati langkah politik parpol lain.

"Dan terserah Partai Golkar mau ngapain, kita menghormatinya sama sepertinya teman-teman Partai Golkar menghormati langkah-langkah politik PPP. Tinggal nanti bagaimana pembahasan selanjutnya, ya tentu kita duduk bareng," ujar Awiek.

Lebih lanjut, dia menilai, pertemuan Airlangga dengan SBY tidak perlu dilaporkan secara resmi kepada PPP dan PAN. Sebab, hal itu sudah menjadi hak Golkar melakukan langkah-langkah politik dengan parpol lain.

"Enggak perlu dilaporkan, itu kan hak Golkar," imbuh dia.


Demokrat Komitmen Akan Berjuang Bersama NasDem dan PKS

Sebelumnya, Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan pertemuan antara Airlangga dengan SBY merupakan silaturahmi kebangsaan. Pertemuan tersebut akan dilakukan di Puri Cikeas, pukul 18.30 WIB.

"Malam ini, pukul 18.30 WIB, akan ada silaturahmi kebangsaan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kepada Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Rencana di kediaman Bapak SBY di Puri Cikeas," kata Herzaky, saat dihubungi, Sabtu (29/4).

Dia mengatakan, pertemuan tersebut secara detail akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, setelah pertemuan dalam konferensi pers bersama.

Lebih lanjut, dia menegaskan Partai Demokrat tetap berkomitmen penuh memperjuangkan perubahan dan perbaikan bersama NasDem dan PKS di Koalisi Perubahan.

"Sudah menjadi keputusan di internal Demokrat dan kesepakatan di Koalisi Perubahan, kalau capres kami adalah Anies Baswedan," ujar Herzaky.

"Sedangkan pertemuan, silaturahmi, dan komunikasi dengan berbagai elemen bangsa, termasuk pertemuan malam ini, tetap akan dijalani untuk kemashalatan bangsa. Kolaborasi dan komunikasi dengan berbagai elemen bangsa, harus terus dilakukan, meskipun saat ini tidak berada di koalisi yang sama," tutur Herzaky.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

Infografis Koalisi Indonesia Bersatu Goyah dan Terancam Pecah? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Koalisi Indonesia Bersatu Goyah dan Terancam Pecah? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya