Duet Terkuat Pilihan Masyarakat, Prabowo - Erick Semakin Kokoh untuk Pilpres 2024

Dia menerangkan persentase kemenangan Prabowo - Erick Thohir terhadap Anies - AHY cukup unggul jauh. Jarak di antara kedua pasangan ini bahkan mencapai angka sebesar 10 persen.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Agu 2023, 16:14 WIB
Diterbitkan 21 Mei 2023, 07:08 WIB
Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir bertemu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Gedung Kemhan, Jakarta. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Duet Prabowo Subianto - Erick Thohir menempati posisi teratas pada simulasi pasangan untuk Pilpres 2024 yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI). Kondisi demikian semakin menunjukkan hadirnya kekuatan besar terhadap menteri dengan kinerja terbaik ini.

Terekam dalam simulasi tertutup dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo - Erick Thohir berada di posisi teratas keduanya bahkan mampu unggul dari figur capres-cawapres untuk Pilpres 2024.

"Jarak elektabilitas keduanya menempatkan Prabowo - Erick Unggul," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dikutip Minggu, (21/5/2023).

Dia menerangkan persentase kemenangan Prabowo - Erick Thohir terhadap Anies - AHY cukup unggul jauh. Jarak di antara kedua pasangan ini bahkan mencapai angka sebesar 10 persen.

Hasil survei LSI menunjukkan Prabowo - Erick Thohir berhasil menang dengan perolehan angka sebesar 48,6 persen. Sedang pasangan Anies - AHY hanya menempati posisi dua dengan hanya memperoleh raihan sebanyak 37,9 persen.

"Keduanya berada di angka sekitar 10 persen lebih. Jarak gap 10 persen lebih," jelas Djayadi.

Elektabilitas duet Prabowo - Erick Thohir, dia menambahkan, tumbuh perkasa menjelang pelaksanaan pada Pilpres mendatang. Keduanya berada di puncak kemenangan Pilpres 2024 melawan Anies - AHY jika pemilihan dilakukan pada saat sekarang.

Perlu diketahui survei LSI dilakukan pada periode 12-17 April 2023 dengan menggunakan metode multistage random sampling melibatkan 1.220 responden. Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Erick Thohir dan Prabowo Dinilai Punya Kinerja Cemerlang

Pengamat Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengatakan, elektabilitas tinggi Probowo-Erick Thohir berkat hadirnya dukungan kuat dari semua masyarakat. Keduanya menjadi pilihan lantaran punya kinerja yang sangat cemerlang.

"Kita bisa simpulkan tingginya survei Prabowo dan Erick Thohir menunjukkan jika masyarakat menginginkan keduanya untuk tampil di bursa Pilpres 2024," ujar Emrus.

Dia mengungkapkan, peningkatan elektabilitas yang signifikan tidak hanya dari pengaruh kinerja moncer dari Prabowo maupun Erick Thohir saat menjadi menteri. Akam tetapi juga berkat karakteristik kepemimpinan yang diterima oleh semua kalangan.

"Tingginya elektabilitas duet Prabowo-Erick Thohir bisa diartikan sebagai keberhasilan keduanya memimpin Kementerian Pertahanan dan Kementerian BUMN," sambung Emrus.

Hal demikian, lanjut dia, bahkan mampu menjadikan Prabowo-Erick Thohir mendapatkan simpati tinggi dari berbagai kalangan masyarakat. Tidat terkecuali bagi para simpatisan presiden sekarang.

Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir
Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya