Erick Thohir Ungkap Topik Pertemuan dengan Jokowi dan Prabowo di Istana Bogor

Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, pada Minggu sore (16/7/2023). Erick mengungkapkan pertemuan itu membahas tentang industri pertahanan Indonesia.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 20 Jul 2023, 04:05 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2023, 04:05 WIB
Dijamu Jokowi di Istana Bogor, Prabowo Subianto dan Eick Thohir Dihidangkan Kelapa Muda
Dijamu Jokowi di Istana Bogor, Prabowo Subianto dan Erick Thohir Dihidangkan Kelapa Muda.  foto: @prabowo

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, pada Minggu sore (16/7/2023). Erick mengungkapkan pertemuan itu membahas tentang industri pertahanan Indonesia.

"Sudah dijelaskan kemarin, pertemuan dengan Pak Prabowo dan Presiden lebih bicara mengenai industri pertahanan, di mana konteksnya kalau kita lihat sekarang geopolitik kita tidak boleh ketinggalan membangun industri pertahanan," kata Erick Thohir di Taman Ismail Marjuki, Jakarta Pusat, Rabu malam (19/7/2023).

Erick menjelaskan, Indonesia saat ini sedang mempersiapkan sistem pertahanan yang terbaik. Itulah sebabnya Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto sedang menjadwalkan kunjungan untuk melihat pabrik peluru di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang sebagai fasilitas terbaru.

"Karena memang kita perlu. Kalau kita lihat juga bagaimana di Kecamatan Kertajati Majalengka, Bapak Presiden menginginkan PT Pindad dan PT Dirgantara Indonesia pindah ke Subang. Kawasan industri di Subang menjadi terpadu karena lokasi Pindad dan PT Dirgantara Indonesia sudah di tengah kota," ujar Erick.

Erick pun langsung mengajak Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rosan Perkasa Roeslani, untuk menindaklanjuti hasil dari pertemuannya dengan Presiden Jokowi dan Prabowo. Kebetulan, Rosan membawahi industri pertahanan.

Saat ditanya mengapa pertemuan itu digelar pada akhir pekan. Dia mengatakan pertemuan itu konteksnya biasa saja dan tidak ada sesuatu yang genting.

"Saya rasa gini loh, Bapak Presiden itu kerja hari Minggu, kadang-kadang Sabtu. Hari ini Beliau terbang ke Bengkulu. Kita lagi liburan, dia ke Bengkulu, besok ada peresmian tol," kata Erick.

Erick mengungkapkan, Presiden Jokowi ingin melakukan percepatan di berbagai industri. Apalagi masa pemerintahannya tinggal satu tahun lagi.

"Tidak ada salahnya Presiden terus mendorong, kalau bisa ada percepatan juga untuk perbagai industri," ujar Erick.


Prabowo Ungkap Pertemuan dengan Jokowi dan Erick Thohir

Erick Thohir dan Prabowo Subianto
Menteri BUMN Erick Thohir menyambangi Menhan Prabowo Subianto di kantornya Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. (Foto: Tim Media Prabowo Subianto)

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengunggah sebuah momen yang mempertemukan dia dengan Menteri BUMN Erick Thohir dan Presiden Joko Widodo. Pertemuan itu digelar di Istana Bogor, Jawa Barat, pada Minggu sore (16/7/2023)

Ketiganya duduk di depan sebuah meja bundar yang berisi makanan serta kelapa muda. Prabowo Subianto terlihat berbicara santai. Erick dan Jokowi terlihat mendengar.

"Minggu sore, 16 Juli 2023 di Istana Bogor. Saya dan Pak @erickthohir menerima arahan dari Presiden @jokowi. Industri Pertahanan Nasional Indonesia harus Kuat dan semakin Maju," ungkap Prabowo dikutip dari akun Instagram miliknya, Senin (18/7/2023).

Saat ditanya wartawan, apakah pertemuan itu sebagai sinyal kuat bahwa Erick bakal menjadi cawapresnya di pilpres 2024? Prabowo menjawab, masih melihat perkembangan.

"Ini proses yang berkembang, diskusi, dialog koalisi akan dibangun. Kita lihat perkembangannya," kata Prabowo di Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa (18/7/2023).

Apakah Presiden Jokowi sudah merestui duet Prabowo-Erick Thohir, Prabowo menyatakan pertemuan itu dalam kapasitasnya sebagai menteri.

"Bertiga itu kan gini, Beliau Menteri BUMN, saya Menteri Pertahanan," ucap Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu juga menanggapi ketika ditanya mengapa aktivitas akhir pekan membahas persoalan negara.

"Kebangsaan enggak ada hari minggu, hari sabtu," ujar mantan Danjen Kopassus itu.

Infografis Belanja Alutsista ala Menhan Prabowo
Infografis Belanja Alutsista ala Menhan Prabowo (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya