Survei Indikator: Prabowo-Erick Thohir 35,7 Persen, Ganjar-Sandiaga Uno 35,1 Persen

Pada simulasi pertama survei Indikator, pasangan Prabowo Subianto - Erick Thohir paling unggul 35,7 persen, Ganjar Pranowo - Sandiaga Uno 35,1 persen, Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 21,4 persen.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Jul 2023, 18:03 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2023, 18:03 WIB
Erick Thohir dan Prabowo Subianto
Menteri BUMN Erick Thohir menyambangi Menhan Prabowo Subianto di kantornya Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. (Foto: Tim Media Prabowo Subianto)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) membuat simulasi pasangan calon presiden (capres) dan pendampingnya. Dari survei Indikator yang dirilis pada Minggu (23/7/2023), ada tiga pasangan calon yang dimunculkan.

Pada simulasi pertama, pasangan Prabowo Subianto - Erick Thohir paling unggul 35,7 persen, Ganjar Pranowo - Sandiaga Uno 35,1 persen, Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 21,4 persen. Sedangkan tidak menjawab 7,8 persen.

"Simulasi 3 pasangan, Anies-AHY, Ganjar-Sandi, Prabowo Erick, lagi-lagi dua nama ini selisih tipis (Ganjar dan Prabowo)," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin dalam paparannya secara virtual, Minggu (23/7/2023).

Pada simulasi kedua, giliran Ganjar yang unggul apabila berpasangan dengan Erick Thohir. Ganjar Pranowo-Erick Thohir meraih 37,7 persen, Prabowo Subianto-Airlangga Hartarto 33,2 persen, Anies Baswedan-AHY 21,8 persen. Sedangkan, tidak jawab 7,3 persen.

"Ganjar-Erick lebih unggul dari Prabowo-Airlangga dan Anies-AHY," kata Burhanuddin.

Pada simulasi ketiga, Prabowo unggul apabila dipasangkan dengan Erick Thohir. Prabowo-Erick mendapat angka 37,0 persen, Ganjar Pranowo-Nasaruddin Umar 32,8 persen, dan Anies Baswedan-Sandi 22,7 persen. Tidak jawab 7,6 persen.

"Kalau Anies-Sandi dikit naik, Ganjar-Nasaruddin dan Prabowo-Erick, Prabowo-Erick (yang menang)," ucap Burhanuddin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ganjar-Erick Thohir Menang Bila Dipasangkan

Ganjar dan Erick Thohir
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri). (Ist)

Dalam simulasi keempat, Ganjar kembali menang jika berpasangan dengan Erick. Hasilnya Ganjar Pranowo-Erick Thohir 37,3 persen, Prabowo-Gibran Rakabuming Raka 32,6 persen, Anies Baswedan-AHY 22,7 persen. Tidak Jawab 7,4 persen.

"Jadi Erick punya daya ungkit. Gimana kalau Anies-AHY, Ganjar-Erick, Prabowo-Gibran? Per hari ini unggul Ganjar-Erick," kata Burhanuddin.

Pada simulasi terakhir, Ganjar kembali menang jika berpasangan dengan Erick. Hasilnya, Ganja-Erick 37,6 persen, Prabowo-Muhaimin Iskandar 32,7 persen, dan Anies Baswedan-AHY 22,1 persen. Tidak jawab 7,6 persen.

"Kalau Anies-AHY, Ganjar-Erick dan Prabowo-Muhaimin? Ganjar-Erick," kata Burhanuddin.

Survei ini digelar pada 20-24 Juni 2023 terhadap 1.220 responden. Responden diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Adapun margin of error survei +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

 

 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Infografis Peluang Usung Ganjar Pranowo-Erick Thohir, Respons Internal PAN. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Peluang Usung Ganjar Pranowo-Erick Thohir, Respons Internal PAN. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya