Pasca Deklarasi Anies-Muhaimin, Dukungan di Berbagai Desa Bertambah

konsolidasi hingga level akar rumput melalui musyawarah Reboan merupakan rencana kerja utama SKI. Ia mengatakan deklarasi pasangan Koalisi perubahan ini membuat dukungan dari berbagai masyarakat di desa semakin bertambah.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Sep 2023, 09:26 WIB
Diterbitkan 12 Sep 2023, 19:42 WIB
Bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ziarah ke Makam Sunan Ampel, Surabaya, Sabtu (9/9/2023). (Foto: Dokumen PKB)
Bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ziarah ke Makam Sunan Ampel, Surabaya, Sabtu (9/9/2023). (Foto: Dokumen PKB)

Liputan6.com, Jakarta - Deklarasi resmi pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar membuat para pendukung paket capres ini semakin giat bergerak di akar rumput. Di Sumenep Jawa Timur, Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) menggelar musyawarah reboan di kecamatan Gapura yang digelar 8 September lalu dan menghadirkan 17 perwakilan desa dari organisasi pendukung Anies Baswedan.

“Pasca deklarasi, konsolidasi kami di Sumenep semakin masif hingga level desa. Dan ini akan kami intensifkan agar titik dukungan merata diseluruh desa dan TPS hinggta pemilu 2024,” kata ketua DPD SKI Kabupaten Sumenep, Ilyasin, Selasa 12 September 2023.

Menurutnya konsolidasi hingga level akar rumput melalui musyawarah Reboan merupakan rencana kerja utama SKI. Ia mengatakan deklarasi pasangan Koalisi perubahan ini membuat dukungan dari berbagai masyarakat di desa semakin bertambah.

“Terlebih PKB di Sumenep dan Jawa Timur semakin giat menggalang dukungan dan berkolaborasi dengan organisasi pendukung pasangan ini,” tuturnya.

Ketua DPW SKI Jawa Timur Thayyib Kartawi menyebut musyawarah reboan yang dilakukan, selain bagian dari konsolidasi juga merupakan ajang menyerap aspirasi dari perwakilan setiap desa yang hadir.

“Para peserta tertarik dengan gagasan perubahan yang disampaikan oleh Anies,” katanya.

Sementara itu pengurus pusat SKI DR Untoro Hariadi mengatakan forum bersama warga seperti musyawarah Reboan adalah bagian dari budaya dan ciri khas bangsa Indonesia yang sudah diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang.

“Nenek moyang kita mewarisi nilai-nilai luhur salah satunya adalah musyawarah. Dengan bermusyawarah masyarakat dapat menghasilkan ide ataupun memecahkan suatu masalah dengan cara yang paling ideal, yakni dengan mengedepankan kepentingan umum”, ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan Musyawarah Reboan menjadi cara yang efektif untuk memastikan kemenangan dalam pemilihan presiden.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya