Lawan Politik Berbalik Berikan Dukungan, Prabowo Dinilai Semakin Kuat Tatap Pilpres 2024

Situasi Prabowo dalam menatap 2024 kini jauh berbeda dengan dukungan besar. Para elite politik sudah berbalik mendukung dan semakin menguatkan posisi Prabowo untuk maju dalam kandidasi Pilpres 2024.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Agu 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 22 Agu 2023, 12:45 WIB
Prabowo Subianto dan Budiman Sudjatmiko
Ia menilai Prabowo merupakan sosok nasionalis dengan pemikiran hebat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan elite politik kepada Prabowo Subianto untuk menjadi calon presiden (capres) semakin terus berdatangan. Dukungan para elite tersebut semakin menguatkan kekuatan Prabowo jelang pendaftaran Pilpres 2024.

“Saya kira kondisinya sekarang berbalik ya, karena dukungan di tingkat elit mulai terkonsolidasi dengan baik. Dukungan beberapa tokoh aktivis, kemudian tokoh yang lain kepada Pak Prabowo Subianto,” kata Direktur Eksekutif Citra Institute Yusak Farchan, Senin (21/8/2023).

Situasi Prabowo dalam menatap 2024 kini jauh berbeda dengan dukungan besar. Para elite politik sudah berbalik mendukung dan semakin menguatkan posisi Prabowo untuk maju dalam kandidasi Pilpres 2024.

“Ini kondisinya memang jauh berbeda dengan 2019 yang lalu kalau 2019 yang lalu kan Pak Prabowo masih dihadang dalam tanda kutip, masih ada kelompok-kelompok yang memang keras untuk menolak dan menghadang Pak Prabowo menjadi presiden,” lanjutnya.

Bukan hanya para petinggi politik, Prabowo juga sudah mendapatkan restu dan juga dukungan penuh dari Presiden Jokowi untuk meneruskan estafet pembangunan ketika nanti memimpin Indonesia. Terbukti, tingkat approval rating Presiden Jokowi yang tinggi turut berdampak pada daya elektoral Prabowo.

“Yang kedua, saya kira memang tidak bisa dilepaskan dari variabel bayang-bayang dukungan Pak Jokowi. Itu yang membuat kenapa di ujung kekuasaan Pak Jokowi, approval rating Pak Jokowi ini kan masih sangat tinggi,” ucap Yusak.

Terakhir, tak hanya adanya dukungan dari Presiden Jokowi turut berpengaruh terhadap kandidasi Prabowo di 2024. Terbukti, elektabilitas Prabowo terus melesat naik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bayang Bayang Dukungan Jokowi

“Panas dingin hubungan antara Pak Jokowi dengan Bu Mega ya sedikit banyak ini berpengaruh terhadap positioning Pak Prabowo karena elektabilitas Pak Prabowo yang terus naik juga saya kira tidak bisa diabaikan dari variabel bayang-bayang dukungan Pak Jokowi,” pungkas Yusak.

Jika dilihat dari hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Voxpol Center Research & Consulting periode 24 Juli – 2 Agustus 2023, Prabowo berhasil unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Di dalam hasil survei tersebut, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi itu berhasil mendapatkan dukungan sebesar 36,5 persen, diikuti Ganjar dengan 30,4 persen dan Anies yang hanya meraup dukungan 26,4 persen.

Infografis Budiman Sudjatmiko Nekat Dukung Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Budiman Sudjatmiko Nekat Dukung Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya