Survei LSI: AHY Cocok Jadi Cawapres Anies, Erick Thohir dengan Prabowo dan AHY

Salah satu topik survei yang ada ialah soal siapa tokoh yang paling cocok untuk mendampingi tiga capres yang sudah ada saat ini, yatu Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

oleh Winda Nelfira diperbarui 30 Agu 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2023, 18:00 WIB
Calon Presiden yang diusung dari NasDem Anies Baswedan dan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
Calon Presiden yang diusung dari NasDem Anies Baswedan menyambangi DPP Demokrat untuk bertemu dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Hadha Bayhaqi/Merdeka.com).

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei nasional bertajuk "Isu-isu Nasional dan Update Peta Kompetisi Pilpres dan Pileg". 

Salah satu topik survei yang ada ialah soal siapa tokoh yang paling cocok untuk mendampingi tiga capres yang sudah ada saat ini, yatu Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan memaparkan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dipilih jadi tokoh paling layak mendampingi Anies Baswedan sebagai cawapres di Pilpres 2024.

"Kalau menurut masyarakat pertama AHY, yang kedua Sandi, baru Khofifah. Jadi AHY menurut masyarakat yang kami survei paling cocok sama Anies," kata Djayadi dalam siaran YouTube LSI, Rabu (30/8/2023).

AHY mendapat 22,2 persen suara, lalu Sandiaga 21,4 persen suara, diikuti nama lain seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 9,2 persen suara.

Ada pula nama Susi Pujiastuti dengan perolehan 5,4 persen, Ketum Golkar Airlangga Hartarto 2,8 persen, hingga Ketum PKB, Muhaimin Iskandar 2,6 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ganjar Pranowo Disebut Paling Cocok Dipasangkan dengan Erick Thohir

ganjar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri). (Ist)

Sementara itu, Ganjar Pranowo menurut masyarakat paling cocok dipasangkan dengan Menteri BUMN Erick Thohir 15,9 persen. Disusul Sandiaga Uno, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

"Erick 17,7 persen, Sandiaga 13,6 persen, dan Ridwan Kamil 13,4 persen merupakan calon yang paling banyak dinilai paling pantas sebagai wakil presiden dari Ganjar Pranowo," kata Djayadi.

Muncul juga nama AHY di peringkat keempat dengan 8,8 persen. Sedangkan di peringkat selanjutnya ada Mahfud MD (6,7 persen), Khofifah Indar Parawansa (6,3 persen) hingga Ketum Golkar Airlangga Hartarto (2,9 persen).

Kemudian, untuk Prabowo ada kemiripan dengan cawapres untuk Ganjar. Menurut masyarakat yang paling cocok menjadi cawapres Prabowo adalah Erick Thohir, AHY, hingga Mahfud Md.

"Erick 15,9 persen dan AHY 12,1 persen merupakan dua calon yang paling banyak dinilai paling pantas sebagai wakil presiden dari Prabowo Subianto. Nama lainnya lebih rendah," kata Djayadi.

 


Gibran Rakabuming Raka dengan Jumlah Suara 6,2 Persen

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (22/8/2023).
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (22/8/2023). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Ada pula nama Menkopolhukam Mahfud MD (9,9 persen), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (7,2 persen), hingga Ketum PKB, dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (6,4 persen). 

"Nama putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, juga masuk ke dalam list dengan jumlah suara 6,2 persen" ujar Djayadi.

Infografis Ragam Tanggapan Sandiaga Dukung Ganjar-Anies dan Goda Demokrat-PKS. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Sandiaga Dukung Ganjar-Anies dan Goda Demokrat-PKS. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya