Survei LSI Denny JA: Anies Unggul di Muhammadiyah, Prabowo Jadi Pilihan NU, Bagaimana dengan Ganjar?

Prabowo Subianto jadi capres pilihan warga Nahdlatul Ulama (NU). Di NU, Prabowo bersaing dengan Ganjar Pranowo, yang memperoleh suara 35,5 persen.

oleh Nila Chrisna YulikaWinda Nelfira diperbarui 19 Sep 2023, 16:36 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2023, 16:36 WIB
3 Tokoh yang menyatakan bakal maju menjadi calon presiden pada Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan
3 Tokoh yang menyatakan bakal maju menjadi calon presiden pada Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

Liputan6.com, Jakarta - Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei soal pilihan calon presiden ormas Islam dengan simulasi tiga nama capres. Adapun pilihannya meliputi Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo

Hasilnya, Prabowo Subianto jadi capres pilihan warga Nahdlatul Ulama (NU). Di NU, Prabowo bersaing dengan Ganjar Pranowo, yang memperoleh suara 35,5 persen.

"Jadi di NU, warga NU yang pilih Pak Prabowo itu ada 36,2 persen, yang pilih Pak Ganjar 35,5 persen, yang pilih Pak Anies ada 17,9 persen," kata Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa dalam konferensi pers melalui siaran YouTube LSI Denny JA Official, Selasa (19/9/2023).

"Jadi di NU Pak Prabowo bersaing dengan Pak Ganjar meskipun unggul tipis Pak Prabowo dibanding dengan Pak Ganjar, hanya selisih sekitar 0,7 persen saja," sambung dia.

Prabowo juga unggul dipilih ormas Islam lain selain NU dan Muhammadiyah. Dia memperoleh suara 28,9 persen dibanding dengan Ganjar dan Anies. 

Sedangkan, Anies Baswedan unggul dipilih warga Muhammadiyah pada simulasi tiga capres ini. Anies dipilih 45,2 persen warga Muhammadiyah.

"Paling besar adalah Pak Anies di angka 45,2 persen. Jadi 45,2 persen, jadi di Muhammadiyah Pak Anies yang unggul dibandingkan dengan Pak Ganjar maupun Pak Prabowo," kata dia.

Sementara itu, Ganjar berada di posisi kedua menyusul Anies Baswedan. Dia mendapat dukungan 33,0 persen warga Muhammadiyah. Hanya 20,8 persen yang menyatakan memilih Prabowo Subianto. 

"Jadi di Muhammadiyah Pak Anies pertama, Pak Ganjar kedua, Pak Prabowo ketiga," kata Ardian.

Adapun survei dilakukan kepada 1.200 responden pada periode 1-8 Agustus 2023 dengan margin of error 2,9 persen.

Dari total 1.200 responden itu, sebanyak 56,9 pemilih menyatakan bagian dari NU dan 5,7 persen pemilih mengaku bagian dari Muhammadiyah. 

Tiga persen lainnya menyatakan bagian dari ormas Islam lain. Lalu, sebanyak 33,8 persen lainnya menyebut tidak tergabung dalam ormas manapun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Survei LSI Denny JA: Prabowo Bacapres Paling Dikenal Semua Ormas Islam di Indonesia

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memaparkan hasil survei yang memperlihatkan popularitas tiga bakal calon presiden di mata ormas Islam di Indonesia. Hasilnya, Bacapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto menjadi bacapres paling populer di semua ormas Islam.

Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa, menyatakan di NU, Bacapres Prabowo Subianto dikenal 98 persen. "Jadi 98 persen dari 56,9 persen itu mengenal Pak Prabowo," kata Ardian dalam konferensi pers melalui siaran YouTube LSI Denny JA Official, Selasa (19/9/2023).

Lalu, ormas Muhammadiyah menyatakan kenal dengan Prabowo 100 persen. Di luar NU dan Muhammadiyah, ormas Islam lainnya juga mengenal Prabowo 100 persen.

"Jadi lagi-lagi ini bisa jadi memang semuanya 100 persen. Tapi secara sampel 100 persen mengenal Pak Prabowo tapi secara bacaan kita bacaan dari kita bisa jadi sebenarnya belum seluruhnya karena tadi ada margin of error itu," ujar Ardian.

Untuk Bacapres Ganjar pranowo, dia paling tinggi dikenal oleh warga Muhammadiyah. Ganjar memperoleh angka 92,5, persen.

"Kemudian yang kedua di ormas Islam lainnya 90,5, kemudian baru kemudian di NU 85,9 persen," ujar Ardian.

Infografis Utak-Atik Duet Prabowo, Airlangga, Muhaimin, Anies
Infografis Utak-Atik Duet Prabowo, Airlangga, Muhaimin, Anies (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya