Empat Mantan Ketum Kelompok Cipayung Deklarasikan Kawan Gibran

Kawan Gibran memiliki misi untuk mengrangkul seluruh potensi kepemudaan nasional menjadi lokomotif pembangunan ke depan.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 29 Sep 2023, 14:54 WIB
Diterbitkan 29 Sep 2023, 06:54 WIB
Empat mantan ketua umum organisasi kepemudaan yang tergabung dalam Kelompok Cipayung mendeklarasikan relawan Kawan Gibran. (Istimewa)
Empat mantan ketua umum organisasi kepemudaan yang tergabung dalam Kelompok Cipayung mendeklarasikan relawan Kawan Gibran. (Istimewa)

 

Liputan6.com, Jakarta Empat mantan ketua umum organisasi kepemudaan yang tergabung dalam Kelompok Cipayung mendeklarasikan relawan Kawan Gibran.

Deklarasi diselenggarakan pada Kamis, 28 September 2023 di Waroeng Sadjoe, Tebet, Jakarta.

Ketua PB PMII Periode 2017-2021, Agus Mulyono Herlambang mengatakan, potensi pemuda dalam kontestasi kepemimpinan nasional ke depan sangat dominan.

Ini mendorong mereka mengambil inisiatif untuk mengkonsolidasi semua potensi kepemudaan sebagai bentuk bakti anak muda untuk Indonesia dalam estafet kepemimpinan nasional pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 nanti.

"Kami mendorong figur pemimpin muda, Gibran Rakabuming Raka, Walikota Solo, untuk mengambil bagian dalam kontestasi kepemimpinan nasional 2024 nanti," ujar Agus dalam acara dklarasi tersebut.

Sementara itu, deklarator lain, Ketua Umum PP PMKRI Periode 2018-2020, Juventus Prima Yoris Kago menjelaskan, Kawan Gibran memiliki misi untuk mengrangkul seluruh potensi kepemudaan nasional menjadi lokomotif pembangunan ke depan.

"Potensi pemuda tercerimin pada angka penduduk usia produktif yang sedang bergerak menuju puncak. Ini harus dirangkul menjadi lebih konkrit sebagai lokomotif pembangunan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP KAMMI Periode 2017-2019, Irfan Ahmad Fauzi mengatakan, dari refleksi tersebut Mahkamah Konstitusi (MK) perlu memberikan ruang yang cukup untuk angkatan muda mengambil bagian secara langsung dalam kontestasi kepemimpinan nasional ke depan.

"MK perlu menyerap berbagai pertimbangan, terutama potensi kepemudaan yang ada. Anak muda harus mendapat kesempatan yang cukup untuk memimpin," tegasnya.

Hal serupa disampaikan, Ketua Umum DPP IMM Periode 2016-2018, Ali Mutohirin mengatakan konsolidasi potensi kepemudaan nasional adalah upaya konkrit menjaga momentum pembangunan yang terus bergerak menuju Indonesia Maju.

"Momentum ini harus tetap dijaga dan diantar sampai ke puncak Indonesia Emas 2045. Kontestasi pilpres kali ini sangat menentukan," tandasnya.

Keempat deklarator menyampaikan bahwa Kawan Gibran akan terinstal di seluruh provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia untuk suksesi Pilpres 2024.

 


Gerogoti Suara Ganjar

Gibran Rakabuming dan Prabowo
Gibran Rakabuming digoyang isu pindah parpol ke Gerindra tak lama setelah mendampingi Prabowo Subianto yang tengah mampir Solo, Jumat (19/5/2023). (Foto: Dok. Instagram @prabowo)

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menyampaikan gugatan tentang batas usia calon presiden (capres), calon wakil presiden (cawapres) dari 40 tahun menjadi 35 tahun masih berjalan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Qodari, jika permohonan itu dikabulkan oleh MK maka nama Wali Kota Gibran Rakabuming Raka paling berpotensi didorong maju sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) baik bagi Prabowo Subianto maupun Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Sehingga, kata Qodari, hal itu akan menimbulkan gempa maha dahsyat yang mengubah konstelasi percaturan politik di Indonesia.

“Dan menurut saya kalau keputusan MK ini nanti keluar, artinya Gibran dikabulkan, maka ini bisa menimbulkan gempa politik 9 Skala Richter, karena akan sangat mengubah konstelasi,” ujar Qodari dalam diskusi dari bertajuk Jelang Final Terbentuknya Koalisi Capres 2024 yang diadakan Partai Gelora, Rabu (20/9/2023).

Qodari memandang majunya Gibran jika nanti dipasangkan sebagai cawapres Prabowo Subianto akan menggerogoti suara Ganjar Pranowo dan berkontribusi mendulang kemenangan besar.

“Mengubah konstelasinya itu di mana? Pertama, tadi ya bisa mengambil separuh suaranya Ganjar, yang kedua akan bisa berpengaruh terhadap pemenangan,” ucapnya.

 

Infografis Nasihat PDIP ke Gibran Usai Bertemu Prabowo di Solo. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Nasihat PDIP ke Gibran Usai Bertemu Prabowo di Solo. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya