Erick Thohir Masuk Sebagai Kandidat Cawapres Potensial yang akan Didukung Projo

Dia mengatakan elektabilitas Erick Thohir yang tinggi tidak dapat diabaikan begitu saja. Menurutnya, elektabilitas tinggi Erick Thohir menjadikannya sebagai salah satu cawapres potensial.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Okt 2023, 15:42 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2023, 13:37 WIB
Konferensi Pers Erick Thohir Mengenai Piala Dunia U-17 2023
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan kepada media saat konferensi pers mengenai Piala Dunia U-17 2023 di Menara Danareksa, Jakarta, Sabtu (24/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir berpotensi menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan didukung oleh relawan Jokowi yakni Pro Jokowi (Projo). Hal itu menyusul akan diselenggarakannya Rakernas VI di Indonesia Arena pada 14-15 Oktober 2023.

Ketua Bapilpres Projo, Panel Barus mengatakan, Rakernas VI Projo akan mendeklarasikan Calon Presiden (Capres) yang akan didukung pada Pilpres 2024. Untuk cawapres, nama Erick Thohir menjadi nama yang sedang digodok oleh para relawan.

"Memang nama Pak Erick itu ada dalam diskusi kami," kata Panel dalam keterangannya, Kamis (12/10/2023).

Dia mengatakan elektabilitas Erick Thohir yang tinggi tidak dapat diabaikan begitu saja. Menurutnya, elektabilitas tinggi Erick Thohir menjadikannya sebagai salah satu cawapres potensial.

"Nama Pak Erick ada dalam diskusi cawapres potensial,” ucap Panel.

Dalam berbagai survei, elektabilitas Erick Thohir menempati peringkat pertama. Dalam rilis survei Poltracking, elektabilitas Erick Thohir di bulan September berada di posisi pertama dengan 19,0 persen.

Hasil serupa juga ditunjukkan LSI yang memperlihatkan elektabilitas Erick Thohir di posisi pertama dengan angka 15,9 persen. Tidak jauh beda, survei Polling Institute bulan Agustus menemukan Erick Thohir memiliki elektabilitas sebesar 24,5 persen di peringkat satu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Projo Gelar Rakernas

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan siap hadir di acara  Rakernas VI Relawan Pro Jokowi (Projo), yang akan menggelar pada 14-15 Oktober 2023 di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. 

Prabowo mengaku akan hadir bila resmi diundang. “Kalau diundang datang,” kata Prabowo di Kertanegara, Jaksel, Kamis (12/10/2023).

Adapun Projo pada Rakernas besok akan menyampaikan sikap politik resmi terkait dukungan capres dan cawapres di Pilpres 2024.

"Acara ini juga kami rencanakan untuk menjawab berbagai rasa penasaran dari berbagai pihak selama ini tentang siapakah capres cawapres yang akan didukung oleh Projo," ujar Sekjen Projo Handoko.

Projo mengirimkan 200 undangan kepada tokoh-tokoh nasional. Sejauh ini yang sudah mengonfirmasi bakal hadir adalah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. Sementara, apakah Bakal Capres PDIP Ganjar Pranowo akan hadir, bakal menjadi kejutan.

"Ya tentu tokoh-tokoh diundang termasuk Pak Prabowo. Rencananya juga hadir. InsyaAllah hadir juga Mas Gibran InsyaAllah hadir juga mas Kaesang. Kita undang semuanya, mudah-mudahan mereka hadir dan sehat walafiat bisa hadir di acara sehingga acara berlangsung dengan sukses," kata Handoko.


Jokowi Hadir

Relawan Pro Jokowi atau Projo akan menyelenggarakan rapat kerja nasional (Rakernas) ke-6 pada 14 dan 15 Oktober 2023.

Menurut Panel Barus, selaku Koordinator Acara Rakernas Projo ke-6, acara akan dilangsungkan di Jakarta dengan mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Acara di GBK Arena, Pak Jokowi hadir, pukul 2 siang,” kata Panel di Metro Cafe Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Panel mengungkap, ada tiga hal yang akan dilakukan dalam rakernas Projo ke-6. Pertama, pembukaan dengan mendengarkan pidato dan arahan Jokowi selaku Ketua Dewan Pembina Projo.

Kedua, lanjut Panel, melakukan sidang Rakernas yang akan berjalan tertutup untuk membahas strategi pemenangan di Pemilu 2024. Ketiga, pengumuman hasil rapat internal yang bersifat final tentang siapa sosok yang akan didukung oleh Projo di Pemilu 2024.

“Keputusan nanti sudah bulat dan bersifat resmi, akan diumumkan di hari kedua Rakernas Projo. Ini akan menjawab tanda tanya publik soal sosok siapa yang akan didukung oleh kami,” jelas Panel.

Infografis 3 Alasan FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 versi Erick Thohir. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Alasan FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 versi Erick Thohir. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya