Gibran Rakabuming Raka Hadiri Silatnas Desa, Ini Penjelasan TKN

TKN Prabowo-Gibran memastikan bahwa di forum Silatnas Desa, tidak ada penyampaian maupun penerimaan dukungan untuk Pilpres 2024.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 21 Nov 2023, 13:56 WIB
Diterbitkan 20 Nov 2023, 20:26 WIB
Gibran Rakabuming Raka Hadiri Pengumuman Susunan Tim Kampanye Nasional
Bakal calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Gibran Rakabuming Raka (keempat kiri duduk) saat pengumuman susunan tim kampanye Tim Kampanye Nasional (TKN) di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Senin (6/11/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka kini menjadi sorotan lantaran hadir dalam acara silaturahmi nasional (Silatnas) Desa Bersatu 2023 yang dihadiri para perangkat desa di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Komandan Hukum dan Advokasi TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman menegaskan, Silatnas Desa Bersatu adalah acara penyampaian aspirasi dari organisasi perangkat desa, yang tergabung dalam organisasi Desa Bersatu.

Dalam acara tersebut, kata dia, tidak ada penyampaian dan penerimaan dukungan politik.

"Dalam pelaksanaan acara tersebut hingga selesai jelas tidak ada sama sekali bentuk penyampaian dukungan politik kepada kami," kata Habiburokhman, dalam keterangannya, Senin (20/11/2023).

Habiburokhman menjelaskan, pihaknya merujuk ketentuan Pasal 280, 282, dan 490 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Berdasarkan aturan itu, ada larangan keras melibatkan kepala desa dalam kampanye.

Apalagi, kata dia, ada larangan bagi kepala desa untuk membuat kebijakan yang mendukung salah satu paslon.

"Kami merasa perlu menghadiri undangan panitia tersebut karena kami memang harus mendengar, menerima, menyerap aspirasi semua elemen masyarakat termasuk kepala desa dan perangkat desa," ujarnya.

Menurut politikus Partai Gerindra ini, pihaknya merasa perlu mendengar langsung aspirasi perangkat desa

"Kami merasa perlu menghadiri undangan panitia tersebut karena kami memang harus mendengar, menerima, menyerap aspirasi semua elemen masyarakat termasuk kepala desa dan perangkat desa," ujar habiburokhman menandaskan.

Sebelumnya, Koordinator Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Muhammad Asri Annas mengatakan Gibran akan menghadiri acara silaturahmi ini. 

"Kita akan lihat nanti apa yang akan disampaikan Mas Gibran, mudah-mudahan bapak Prabowo juga hadir," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


8 Organisasi Desa Dukung Prabowo-Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka Bersama Ketum Gerindra Prabowo Subianto
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berkunjung ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di bukit Hambalang, Desa Bojong Koneng, Sabtu (18/6/2022). (Foto: Istimewa).

Sebelumnya, delapan organisasi desa yang bergabung dalam Desa Bersatu untuk Indonesia Maju memberikan dukungan kepada pasangan calon nomor urut satu, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk Pemilu 2024. Dukungan ini diberikan dalam giat silaturahmi nasional (Silatnas) pada Minggu 19 November 2023.   

Delapan organisasi tersebut adalah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Perangkat Desa Indonesia (DPN PPDI), dan Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS)

Kemudian, Asosiasi Kepala Desa Indonesia (AKSI), Komunitas Purnabakti Kepala Desa Seluruh Indonesia (KOMPAKDESI), dan Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia (PABPDSI). Lalu, Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI), dan Persatuan Masyarakat Desa Nusantara.

"Ini acara tahunan dan setiap saat buat acara desa, kumpul selalu. Hampir kalau silatnas itu acara tahunan, tetapi kali ini menjelang 2024 kami ingin menjadikan momentum untuk konsilidasi bagi siapa yang benar-benar peduli dengan pembangunan desa," kata Koordinator Nasional APDESI Muhammad Asri Annas di Indonesia Arena GBK, Jakarta Pusat. 

 


Sempat Dukung Anies-Cak Imin

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Dari atas land rover itu, Anies-Cak Imin menyapa para pendukung sambil tersenyum dan melambaikan tangan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Asri Annas mengungkapkan, delapan organisasi desa sempat memberikan dukungan kepada pasangan calon nomor urut dua, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Namun, arah dukungan ini berubah karena delapan organisasi desa meyakini Prabowo-Gibran dapat mengakomodir keinginan para aparat desa.

"Awalnya bahkan saya kemarin memberikan support dukungan penuh kepada Anies Baswedan kan. Tapi buat kami, siapa yang kemudian mau benar-benar mengakomodir kepentingan desa, ya buat kita, ada di situ. Dalam pandangan kami, rasanya Bapak Prabowo dan Mas Gibran mengakomodir," ujar Asri Annas.

Adapun keinginan para perangkat desa yang pertama adalah reformasi tata kelola desa. Kemudian, adanya dana desa Rp5 miliar bersifat afirmatif dan evaluasi pendamping desa.

"Lalu memperbaiki kesejahteraan perangkat desa, BPD, dan seluruh instrumen organisasi yang ikut mendukung pemerintah," ujar Asri Annas.


Respons Puan Soal Prabowo-Gibran Didukung Perangkat Desa

Gibran Rakabuming dan Puan Maharani
Gibran Rakabuming hanya bisa menunduk dan membungkukkan badan saat Puan Maharani menyinggung pertemuannya dengan Prabowo di Solo. (Foto: Dok. YouTube Berita Surakarta)

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani tidak masalah soal perangkat desa dan kepala desa mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

"Saya baru membaca berita kemudian Kemendagri mengatakan bahwa tidak ada aturan yang melarang untuk perangkat desa mendukung salah satu calon dalam Pemilu," kata Puan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/11/2023).

Meski begitu, dia berharap agar semua pihak tetap menjaga agar penyelenggaraan Pilpres 2024 dapat berjalan dengan damai, jujur, dan adil. Ketua DPR RI itu juga berharap semua pihak dapat netral sehingga tidak ada perpecahan dalam Pemilu.

"Namun, yang saya harapkan bahwa kita harus laksanakan pemilu ini dengan baik, damai, jujur, adil, tanpa kemudian, memecah belah. Itu yang harus kita laksanakan bersama-sama," jelas dia.

"Memang tidak ada aturan. Namun, saya berharap semua elemen bangsa, bisa sama sama menjaga Pemilu berjalan baik, jujur, adil, netral tanpa kira jadi terpecah-pecah," sambung Puan.

Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya