Prabowo Enggan Dipanggil Eyang atau Mbah: Mas Bowo Gitu Dong!

Calon presiden (capres) nomor dua Prabowo Subianto meminta masyarakat tidak menyebut dirinya sebagai kakek.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 11 Des 2023, 13:54 WIB
Diterbitkan 11 Des 2023, 13:45 WIB
Prabowo Resmikan Kantor Badan Pemenangan Presiden Partai Gerindra
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan pidato saat meresmikan Kantor Badan Pemenangan Presiden Partai Gerindra di Jalan Letjen S Parman, Jakarta, Sabtu (7/1/2023). Prabowo berpesan kepada para kader untuk bekerja keras menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan digelar pada 14 Februari 2024 atau tinggal satu tahun lagi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor dua Prabowo Subianto meminta masyarakat tidak menyebut dirinya sebagai kakek.

Pernyataan tersebut diutarakan dalam acara Konsolidasi Kemenangan 'Saatnya Indonesia Maju' di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, di hadapan ribuan pendukungnya, pada Minggu, 10 Desember 2023.

Ketua Umum Partai Gerindra ini sadar akan perbedaan usia antara dirinya dengan Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presidennya. Oleh karena itu, ia juga ingin menghindari sebutan eyang atau mbah agar terlihat muda.

"Tolong jangan panggil saya eyang atau mbah. Jangan mas Gibran aja yang dipanggil mas," kata Prabowo.

"Mas Bowo gitu dong!"

Suasana hati para hadirin dan pendukung langsung terangkat menanggapi pidato Prabowo. Prabowo juga merasa terharu dan tersanjung atas dukungan masyarakat.

Pemimpin yang baik, menurutnya, adalah pemimpin yang siap melayani rakyat. "Saya terharu sekaligus bangga merasakan dukungan dari saudara sekalian kepada saya dan saudara Gibran. Saya menerima sebagai penugasan, sebagai amanah dukungan tersebut kepada kami.

"Kami merasakan bahwa pemimpin itu harus menjadi pelayan rakyat," kata capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pasangan capres-cawapres kedua, menggelar kumpul pendukung di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bersama-sama, mereka mengenakan kemeja biru muda.

"Prabowo, Prabowo, Prabowo," ujar para pendukung yang hadir.

"Gibran, Gibran, Gibran," teriak yang lain.

Pendukung Gibran dan Prabowo tampak memadati SICC. Mereka mengenakan kemeja biru yang menampilkan foto bersama Prabowo dan Gibran.

Waktunya Indonesia Maju itulah nama acara ini. Para petinggi partai koalisi Indonesia Maju, termasuk Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua Golkar Ailangga Hartarto, turut hadir dalam upacara tersebut selain Prabowo-Gibran.

Selain itu, turut hadir pula Roslan Roeslani, Ketua TKN Prabowo-Gibran, dan Ketua TKD Jabar Ridwan Kamil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Siap Debat Pilpres 2024

Deklarasi Prabowo - Gibran
Bakal calon presiden Prabowo Subianto (kiri) bersama bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri Deklarasi Prabowo Gibran di Indonesia Arena, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Koalisi Indonesia Maju (KIM) deklarasi Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan calon wakil presiden 2024-2029 dengan tema "Menjemput Kemenangan Indonesia Maju". (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Prabowo Subianto menyatakan, tidak ada persiapan khusus menjelang debat perdana Pilpres 2024. Prabowo hanya membaca, berolahraga renang, sampai minum jamu.

"Pak Prabowo persiapannya enggak ada yang khusus beliau persiapannya ya seperti biasa membaca mendengar kemudian tetap berolahraga berenang, minum jamu," ujar Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Gedung Juang, Menteng, Jakarta, Minggu (10/12).

Tim Kampanye Nasional (TKN) tidak menyiapkan pakar khusus untuk membantu persiapan debat Prabowo-Gibran. Karena temanya bukan jadi masalah bagi Prabowo dan Gibran.

"Saya cek tadi kemarin tidak ada masalah karena masalah-masalah misalnya dalam debat pertama temanya kan Soal pemerintahan, hukum hak asasi manusia dan demokrasi, kalau enggak salah itu ya, itu kan saya kira sesuatu yang sudah dipahami secara umum secara jamah, oleh Pak Prabowo dan Mas Gibran," ujar Muzani.

Infografis Sinyal Dukungan Jokowi & Kesiapan Prabowo Nyapres di Pilpres 2024
Infografis Sinyal Dukungan Jokowi & Kesiapan Prabowo Nyapres di Pilpres 2024 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya