Relawan Ungkap Faktor Penyebab Prabowo-Gibran Menang Besar di Sulut

Faktor pertama kemenangan besar Prabowo karena berasal dari Prabowo sendiri. Prabowo diketahui berdarah asli Minahasa Sulawesi Utara

oleh Tim News diperbarui 20 Feb 2024, 16:16 WIB
Diterbitkan 20 Feb 2024, 10:16 WIB
Prabowo Subianto Berziarah ke Makam Ayahnya
Sebelumnya, Prabowo juga berziarah ke makam ibunya Dora Marie Sigar di TPU Tanah Kusir. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan hitungan cepat pasangan calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang telak di Sulewesi Utara. Tim 8 Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo (RJBBP) mengatakan ada sejumlah faktor menyebabkan Prabowo-Gibran menang diatas 75%.

Bendahara Tim 8 RJBBP, Deitje W. Mawuntu mengatakan, faktor pertama yaitu dari pribadi Prabowo punya kedekatan khusus dengan Sulut.  

“Yang selalu kami ingatkan masyarakat bahwa Pak Prabowo itu ibu kandungnya Ibu Dora Sigar Asli asal Kab.Minahasa Sulawesi Utara. Secara langsung Pak Prabowo itu adalah putra asli Sulawesi Utara, berdarah Minahasa. Kapan lagi putra daerah bisa jadi Presiden di negara ini, kalau bukan sekarang kita mendukungnya,” kata Deitje dalam keterangannya, Selasa (20/2/2024). 

Faktor kedua relawan masif bergerak di akar rumput, door to door dalam setiap aksi-aksi mandiri. Artinya tanpa ditopang pembiayaan dari manapun. Mereka nekat bergerak dan menyuarakan Pasangan Pragib dalam hajatan-hajatan di kampung-kampungnya, lingkup keluarga dan dalam giat-giat konsolidasi internal organ relawan.

"Terbukti saat kampanye akbar tanggal 5 Februari 2024 kemarin di Langowan, Kampung halaman ibunda Pak Prabowo dan di lapangan koni Sario manado, Ratusan ribu masyarakat menyambut dan tumpah ruah menghadiri kampanye tersebut, walau dalam keadaan hujan, mereka tidak bergeming sedikitpun untuk meninggalkan lapangan kampanye,” katanya.

Faktor ketiga yaitu peranan relawan signifikan. Dibanding calon-calon legislatif mereka bergerak hanya terbatas di dapilnya sendiri, tapi relawan all round tempat yang mereka datangin, mereka berkampanye tentang paslon nomor urut 2.

"Efek Senam Gemoy, dan gambar-gambar cartoonnya yang menarik, membuat masyarakat termasuk kaula mudah bahkan anak-anak sangat mengingat dan menggemarinya, yaitu gambar juga lagunya gemoy yang sangat mengundang perhatian dan animo masyarakat selama masa kampanye ini,” terangnya.

Selain itu, lagu Oke Gas yang kerap mengiringi kampanye Prabowo dibawakan oleh pemuda asal Kota Bitung, Richarrd Jersey. 

"Satu keunggulan dalam lagu; tambah dua torang gas ini dinyanyikan juga oleh anak daerah kami yang bernama; Richard Jersey. Dia berasal dari kota Bitung, dari kampung asalnya yaitu kepulauan Sangihe Provinsi.Sulut,” ucapnya.

Dan kemudian yang terpenting adalah program Prabowo-Gibran yang kami sampaikan ke masyarakat, sangat menyentuh kebutuhan mereka saat ini juga bangsa pada umumnya. 

"Kami berharap Program Prabowo-Gibran dapat terealisasi dan berharap dapat juga melanjutkan program-program Pak Jokowi yang perlu untuk diselesaikan/diteruskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kawal Perolehan Suara Hingga Tuntas

Prabowo Ziarah ke Makam Ibunya Usai Pilpres 2024
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berziarah ke makam ibunya, Dora Sigar di TPU Tanah Kusir, Kamis (15/2/2024). Prabowo juga mengajak anak semata wayangnya, Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo alias Didit Prabowo. (Merdeka.com)

Dietje menambahkan TIM-8 RJBBP akan mengawal suara perolehan kemarin sampai ke penetapan Resmi KPU dan mengawal serta menanti Pelantikan Presiden yang baru.

Sembari sekarang menata internal Organ relawan kami dlm TIM-8 RJBBP, di masing-masing-masing propinsi, untuk persiapan Rakernas guna membahas program-program kami kedepan untuk mengawal Program-misi visi Presiden terpilih 2024-2029.

"Agar apa yang dijanjikan kepada masyarakat ini dapat maksimal terwujud, dan kami akan tetap menjadi relawan yang setia kepada Paslon kami. Kami akan menjadi mata, telinga masyarakat; untuk tetap menjembatani keluhan dan masukan masyarakat di tingkat paling bawah sekalipun, agar bisa didengar dan sampai kepd Pengambil2 kebijakan di tkt pusat tentunya,” tutur Deitje Mawuntu. 

 

Infografis Pidato Kemenangan Pilpres 2024 Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pidato Kemenangan Pilpres 2024 Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya