PAN Sepakat Usung Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng, Diduetkan dengan Kaesang

Yandri Susanto, mengatakan bahwa partainya telah sepakat untuk mengusung Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, sebagai calon gubernur Jawa Tengah di Pilkada 2024.

oleh Tim News diperbarui 26 Jul 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 16:00 WIB
Temui F-PAN, Masyarakat Keluhkan Penambangan Gunung Gede dan Merdeka Banten
Ketua F-PAN DPR Yandri Susanto saat menerima Gerakan Aliansi Menolak Pertambangan Gunung Gede dan Merdeka Banten di Jakarta, Rabu (20/3). Masyarakat berharap permasalahan Gunung Gede dan Gunung Merdeka cepat terselesaikan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengatakan, jika partainya sepakat mengusung Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur Jawa Tengah di Pilkada 2024.

Keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat kerja wilayah (Rakerwil), yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas.

"Jateng dalam Rakerwil satu bulan setengah yang lalu, Bang Zul hadir, saya juga hadir, rakerwil itu bulat mendukung Pak Luthfi sebagai calon gubernur yang hari ini masih jadi Kapolda Jawa Tengah," kata Yandri, saat diwawancarai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (26/7/2024).

Lebih lanjut, dia mengaku, PAN mempertimbangkan Ahmad Luthfi berpasangan dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

"Nama Mas Kaesang itu sesuatu yang luar biasa, jadi Mas Kaesang anak muda elektabilitas tinggi yaitu juga bagian dari diskusi hampir tiap malam dengan ketua umum (Zulhas) membicarakan itu gimana racikan Jawa Tengah antara Pak Luthfi dengan Kaesang," ungkapnya.

Yandri menjelaskan, alasan PAN akhirnya mengusung Ahmad Luthfi karena sosok yang sangat kuat di Jawa Tengah dan menguasai daerah Jawa Tengah.

"Pak luthfi kan walaupun dia sebagai seorang polisi tapi komunikasi dengan akar rumput para ulama itu sangat bagus dan penerimaannya sangat kuat di Jawa Tengah apalagi beliau sebagai kapolda menguasai daerah dan teritorial di Jawa Tengah," imbuh Yandri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Buka Peluang Usung Anies Baswedan

Wakil Ketua Umum (Waktum) Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto
Wakil Ketua Umum (Waktum) Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto. (Merdeka.com/Alma Fikhasari)

Wakil Ketua Umum (Waktum) Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengaku, partainya membuka peluang bergabung dengan koalisi Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024.

"PAN tidak menutup kemungkinan juga bisa bergabung juga dengan Anies," kata Yandri, saat diwawancarai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (26/7/2024).

Namun, Yandri menyebut, PAN mengajukan satu syarat yakni Anies harus menjadikan Ketua DPP PAN Zita Anjani sebagai wakilnya di Jakarta.

"Tapi dengan syarat, syaratnya wakilnya dari PAN Zita Anjani," ujar dia.

 


Keluarkan SK

Dia menyampaikan, jika Anies bersedia berpasangan dengan Zita Anjani di Pilgub Jakarta, maka PAN akan langsung mengeluarkan surat keputusan (SK).

"Jadi kalau misalkan Anies ngambil Zita, langsung besok SK-nya langsung keluar. Langsung deklarasi kita PAN terdepan untuk memenangkan," ucap Yandri.

Kendati demikian, jika Anies tak sepakat dengan syarat tersebut, PAN akan memunculkan nama lain di antaranya Jusuf Hamka atau Babah Alun hingga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Kalau itu tidak ada titik temu, ya berarti kemungkinan PAN akan memunculkan calon alternatif, ya bisa Jusuf Hamka, bisa Ahok, bisa nama lain," imbuhnya.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

Infografis Kilas Balik Satgas Nusantara Amankan Pilkada hingga Pilpres. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kilas Balik Satgas Nusantara Amankan Pilkada hingga Pilpres. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya