Airin Tidak Didukung Partai Golkar di Pilgub Banten, Airlangga: Lihat Saja 1-2 Hari ke Depan

Mantan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, buka suara mengenai bakal calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany yang tidak didukung oleh Partai Golkar dalam Pilgub Banten 2024. Padahal Airin merupakan kader Partai Golkar.

oleh Tim News diperbarui 27 Agu 2024, 10:50 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 10:50 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengadakan kegiatan audiensi dengan kelompok ahli Satgas AZEC dan Satgas Semikonduktor secara virtual, Selasa (2/4/2024). (Dok Kemenko Perekonomian)
Mantan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Dok Kemenko Perekonomian)

Liputan6.com, Jakarta Mantan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, buka suara mengenai bakal calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany yang tidak didukung oleh Partai Golkar dalam Pilgub Banten 2024. Padahal Airin merupakan kader Partai Golkar.

Namun, partai berlambang pohon beringin itu justru malah mendukung pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah untuk maju dalam Pilgub Banten 2024.

Diketahui, Andar Soni merupakan politikus dari Partai Gerindra, sementara wakilnya, Dimyati Natakusumah adalah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Airlangga Hartarto mengaku masih memonitor dinamika politik yang ada. Bahkan, dia mengatakan tunggu sampai 1-2 hari ke depan.

"Kita lihat aja 1-2 hari," kata Airlangga di Istana Negara, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Dia lalu ditanyai apakah dukungan Partai Golkar di Pilgub Banten akan berubah dalam waktu 1 atau 2 hari ke depan. Tetapi ia tak mengungkapkan secara gamblang.

"Monitor aja sampai tanggal 29 (Agustus)," ucap Menko Perekonomian ini.

Pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Banten, Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi resmi diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk maju di Pilgub Banten 2024.

Pengumuman itu disampaikan oleh Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024).

"(Pilgub) Banten, Ibu Airin Rahmi Diany. Tepuk tangan yang meriah. Didampingi oleh Ade Sumardi, Ketua DPD PDI Perjuangan Banten," kata Hasto.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pun resmi menyerahkan surat rekomendasi dukungan kepada Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Banten 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Airin Heran Partai Golkar Tidak Mendukungnya di Pilkada Banten

60 Bakal Calon Kepala Daerah Terima Surat Rekomendasi dari PDIP
Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Banten, Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi saat menerima surat rekomendasi dari PDIP untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jateng 2024. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Airin Rachmi Diany mengaku bingung dengan sikap keputusan Partai Golkar yang malah mengusung Andra Soni dan Dimyati Natakusumah sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Banten.

Airin merupakan kader Partai Golkar, namun justru mendapat dukungan dari PDIP. Sementara Partai Golkar memilih mengusung rivalnya, sehingga keputusan itu membuat Airin tidak paham.

"Sebagai kader memahami apa yang menjadi keputusan. Walaupun sedikit tidak paham, bisa dimengerti ya?" kata Airin Rachmi Diany di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024).

Meski begitu, Airin mengaku sampai saat ini masih ingin fokus untuk menghadapi Pilgub Banten 2024. Sehingga, ketika disinggung terkait permintaan untuk menjadi kader PDIP belum bisa dipastikan.

"Kita fokus pilgub aja dulu, untuk pemenangan bagaimana kita bisa memenangkan pilkada di Banten karena tidak mudah saya berbagi tugas dengan Pak Ade," kata Airin.

"Pak Ade merupakan wilayah Lebak yang memahami betul kondisi wilayah selatan, saya wilayah Tangerang Raya. Tapi tetap kita akan switching. Kita akan terus berkeliling di empat kabupaten dan empat kota," tambahnya.


Megawati Minta Airin Jadi Kader PDIP

PDIP
Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri resmi menyerahkan surat rekomendasi dukungan kepada Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Banten 2024. (Ist).

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi menyerahkan surat rekomendasi dukungan kepada Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Banten 2024. Presiden kelima RI itu menyinggung kader Golkar itu untuk masuk ke PDIP.

"Nanti, semuanya saya ajarin itu, siapa yang ndak mau nurut, out, gitu aja. Saya pusing. Karena maunya mau ikut jadi PDI Perjuangan atau mau dompleng aja? Gitu lho. Saya enggak mau lagi, ya kalau konsisten aja, kalau mau jadi masuk PDI perjuangan ya jadi dengan namanya lahir batin. Itu ya rohnya roh PDI perjuangan," ujar Megawati di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024).

"Saya tadi nanya itu, Mbak Airin, ya, nanti musti pakai ini lho merah hitam lho. Iyalah. Mau dijadikan tapi coba masa enggak pakai merah hitam, ya gimana. Terus maunya gimana? Terus maunya jadi apa? Independen? Ya cari independen, betul enggak?" sambungnya.

Megawati menyatakan, para calon yang enggan mengikuti aturan PDIP dapat menggunakan jalur independen.

"Betul. Lho itu fair lho, iya dong. Kalau mau masuk sebuah partai, ya masuk, kalau ndak ya enggak. Kan sekarang masih berlaku ya independen," kata Megawati.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Infografis Menanti Megawati Umumkan Bakal Calon di Pilkada Jakarta, Pilgub Jateng dan Jatim 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menanti Megawati Umumkan Bakal Calon di Pilkada Jakarta, Pilgub Jateng dan Jatim 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya