Pesan JK ke Ridwan Kamil Soal Kunci Membereskan Jakarta

Ridwan Kamil menyebut JK sepakat jika solusi dari permasalahan Jakarta yaitu perumahan.

oleh Tim News diperbarui 05 Sep 2024, 19:11 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 19:07 WIB
Ridwan Kamil
Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jakarta, Ridwan Kamil. (Ist).

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jakarta, Ridwan Kamil (RK) melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (JK). Pertemuan digelar di kediaman JK, di Jalan Brawijaya Raya, Jakarta Selatan.

"Saya Alhamdullilah diterima oleh Pak JK. Ini sosok ayahanda saya juga, sering banget saya datang ke sini dari saat mau wali kota, mau gubernur Jawa Barat, saat menjabat," kata RK kepada wartawan di Jakarta, Kamis (5/9/2024).

"Beliau kan orang pintar ya dan penuh dengan pengalaman, arif, bijaksana. Sehingga saya perlu mendapatkan arahan, wejangannya dari beliau," sambungnya.

Kemudian, dalam pertemuan tersebut, mantan Gubernur Jawa Barat ini juga mengaku mendapatkan pesan dari JK. Pesan ini terkait dirinya yang maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

"Terkait Jakarta, pesan beliau, satu, kunci membereskan Jakarta adalah mengatasi kekumuhan. Jadi itu yang akan menjadi prioritas saya juga, dan memang observasinya mengatakan salah satu ciri keberhasilan di Jakarta selain mengatasi kemacetan atau banjir adalah mengatasi kekumuhan," ujarnya.

"Dan mengatasi kekumuhan, memang mayoritas adalah inovasi-inovasi arsitektural. Bagaimana membangun tanpa menggusur, memindahkan, itu yang nanti jadi renungan saya untuk menjadi program-program lah," tambahnya.

Selain itu, JK juga disebutnya bersepakat jika solusi dari permasalahan di Jakarta yaitu perumahan.

"Kalau perumahan bisa vertikal seperti di Singapura, di Hongkong, di mana-mana itu kan menyelesaikan banyak sekali permasalahan bangkitan dari ketidakhadiran kan," ucapnya.

"Karena ketidakhadiran perumahan terjangkau di tengah kota yang tinggi, maka isu-isu jarak jauh, kemacetan, polusi, stres, ekonomi boros akhirnya menyertai kehidupan di kota ini," tambahnya.

Sehingga, nasihat terhadap dirinya dari JK yaitu terkait kekumuhan hingga perumahan vertikal. "Jadi nasihatnya itu, pekumuhan, perumahan vertikal yang untuk golongan rakyat, saya kira itu saja," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hunian di Atas Stasiun Kereta Sangat Realistis

Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jakarta, Ridwan Kamil meyakini rencana pembangunan perumahan vertikal atas kawasan Stasiun Kereta sangat realistis. Menurut dia, rencana itu terinsipirasi saat dirinya dan sang almarhum Eril tinggal ke Hong Kong bersama almarhum putranya.

"Ridwan Kamil selama dua tahun dari 2001-2003 tinggalnya di Apartemen di atas stasiun, jadi saya bersama almarhum Eril (putra sulung Ridwan Kamil) di Hong Kong tinggalnya di atas apartemen yang ada di atas stasiun. Jadi sangat realistis,” ujar pria karib disapa RK ini saat ditemui awak media di Jakarta, Kamis (5/9/2024).

RK menegaskan, dirinya siap mengeksekusi rencana tersebut jika terpilih sebagai gubernur Jakarta berikutnya. Dia pun percaya, nantinya warga Jakarta bisa lebih produktif dan hidupnya lebih sehat karena aktivitasnya tidak habis waktu di jalan.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Infografis Beda Putusan MK dan DPR Terkait Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Beda Putusan MK dan DPR Terkait Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya