'Banci Nampil' Wajib Hukumnya Bagi Agen Properti

Pada prakteknya, kemampuan memasarkan diri dan memasarkan properti akan berjalan beriringan. Lantas bagaimana cara jitu mempromosikan diri?

oleh Fathia Azkia diperbarui 03 Agu 2016, 17:26 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2016, 17:26 WIB
'Hobi Nampil' Wajib Hukumnya Bagi Agen Properti
Pada prakteknya, kemampuan memasarkan diri dan memasarkan properti akan berjalan beriringan. Lantas bagaimana cara jitu mempromosikan diri?

Liputan6.com, Jakarta Piawai dalam memasarkan properti merupakan satu dari segelintir keahlian yang musti dimiliki seorang agen properti. Selebihnya, broker (istilah lain dari agen properti) harus mampu memperkenalkan diri sebagai makelar yang profesional.

Kelihaian satu ini dirasa sangat penting, karena akan berpengaruh terhadap kesuksesan Anda menggeluti profesi ini sekaligus memudahkan dalam mempromosikan diri di hadapan klien.

Pada praktiknya, kemampuan memasarkan diri dan memasarkan properti akan berjalan beriringan. Lantas bagaimana cara jitu mempromosikan diri?

Bersedia jadi narasumber

Dikutip Rumah.com, kebanyakan agen properti hanya tahu menahu soal strategi marketing, tapi tidak dengan bidang yang ia lakoni. Maka dari itu, memahami detil dan selalu up-to-date soal dunia properti adalah poin plus tersendiri yang tidak semua broker kuasai.

Bila Anda sudah merasa paham dan mampu menjawab beragam pertanyaan kritis, kini saatnya ‘unjuk gigi’ di muka publik.

Caranya dengan menghadiri sejumlah acara bergengsi yang menampilkan pembicara dari pihak pemerintah dan praktisi properti. Banyaklah berkenalan dengan rekan media yang hadir dan jangan mengelak saat dimintai pendapat maupun komentar.

Berikan insight mendalam seolah Anda adalah pakar properti berpengalaman. Dengan begitu media akan menilai bahwa Anda adalah pembicara profesional dan siap dihubungi saat mereka membutuhkan narasumber.

Ketika nama Anda muncul di pemberitaan, pamerkan ini kepada klien untuk membuktikan bahwa Anda adalah agen yang layak diandalkan.

Adakan seminar dan webinar

Untuk memperkenalkan diri sebagai agen profesional bisa diawali dengan lingkungan sekitar. Contoh, di kawasan permukiman tempat Anda tinggal atau di lingkungan bekerja.

Adakan mini-seminar dengan topik yang ringan seperti proses jual beli rumah atau pengetahuan seputar sertifikat rumah. Jika perlu, undang rekan media yang Anda kenal agar bentuk promosi diri ini semakin produktif.

Sementara untuk webinar, ini merupakan seminar yang diadakan via internet. Teknisnya, Anda bisa menyewa ‘hosting’ tempat menggelar webinar ini, ada yang gratis dan ada pula yang berbayar.

Setelah mendaftar dan menentukan waktunya, sebarkan undangan webinar ke sejumlah agen properti lain, klien, dan rekan media. Kemudian, Anda bisa memulai seminar secara ‘streaming’.

Serupa dengan seminar, topik yang bisa dibahas pada webinar meliputi kiat menjual rumah secara efektif dan efisien, serta prosedural dalam pembelian properti.

Buat vlog

Promosi diri bisa Anda lakukan juga dengan mengunggah video blog (vlog) yang isinya membahas topik seputar dunia properti.

Ketika proses merekam, pastikan penampilan Anda sudah rapi layaknya seorang praktisi yang akan muncul di televisi. Selanjutnya, posting video tersebut ke youtube dan share link-nya ke beragam akun media sosial Anda. Mulai dari Facebook, Twitter, Path, dll.

Pada laman video Anda di Youtube terdapat bagian untuk komentar. Di sana, orang yang melihat video bisa meninggalkan pertanyaan untuk Anda jawab. Jika ada pertanyaan yang datang dari viewers, segeralah jawab dan jangan biarkan mereka menunggu.

Foto: Pixabay

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya