Bikin Meja Kerja Makin Nyaman dengan Trik Ini

Suka tidak suka meja kerja bisa dibilang sebagai area favorit Anda.

oleh boyleonard diperbarui 12 Sep 2016, 18:03 WIB
Diterbitkan 12 Sep 2016, 18:03 WIB
20160912-meja kerja nyaman-rumahcom-boy
Suka tidak suka meja kerja bisa dibilang sebagai area favorit Anda.

Liputan6.com, Jakarta Tak bisa dipungkiri jika tempat yang paling banyak menyita waktu Anda –baik di kantor maupun di rumah– adalah meja kerja. Ya, suka tidak suka meja kerja bisa dibilang sebagai area favorit Anda.

Meja kerja yang jarang dirapikan dan dibersihkan, bahkan hingga berdebu, tentunya akan mengganggu kesehatan Anda. Dan, jika Anda ingin tetap produktif selama bekerja, pastikan Anda menjalankan langkah berikut selama berada di depan meja kerja.

Cek posisi komputer

Komputer atau laptop sebaiknya berada di tengah meja kerja, sehingga Anda tak perlu memiringkan posisi duduk dan kepala Anda.

Bagian atas monitor juga harus sejajar dengan garis mata Anda sehingga saat Anda mengetik atau melihat tengah layar, posisinya ada di bawah garis mata Anda. Hal ini untuk mencegah Anda mendongak atau terlalu menunduk saat melihat layar.

Posisi mendongak dan menunduk akan menyebabkan nyeri leher.

Pilih kursi ergonomis

Bekerja sambil duduk di sofa atau kursi empuk hanya nyaman selama 5 menit, sesudahnya Anda akan merasa pundak dan bokong menjadi pegal. Sebaiknya juga tidak duduk secara lesehan, karena akan membuat Anda membungkuk sehingga leher pun menjadi kaku.

Jangan pelit untuk membeli kursi kerja yang nyaman. Pilih kursi yang dudukannya sejajar dengan lutut sehingga telapak kaki Anda menapak dengan pas di lantai.

Pastikan memiliki sandaran punggung yang tegak dan memiliki sandaran tangan untuk menopang siku Anda selama bekerja. Kursi kerja tanpa sandaran tangan akan membuat otot bahu cepat lemas.

Tambahkan warna peneduh

Beberapa warna yang memberikan kesan dingin, misalnya biru, turqois, dan hijau akan membuat mata Anda lebih rileks. Tak berarti Anda harus menggunakan laptop berwarna ungu atau biru, tapi cukup tambahkan sentuhan warna tersebut di meja Anda.

Misalnya, frame foto warna biru, atau tempat bolpen warna hijau. Saat melihat warna-warna tersebut, otot mata Anda akan berkurang ketegangannya.

Siapkan infused water

Meski belum ada penelitian yang membuktikan infused water menghilangkan racun di dalam tubuh Anda, minimal mata Anda akan lebih segar kembali saat melihat sebotol air dingin yang ditambah potongan buah.

Air memang memberi efek mengurangi ketegangan dan emosi, sehingga menambahkan elemen air di meja kerja akan membuat Anda lebih mampu untuk berpikir jernih.

Daripada menghadirkan akuarium mini—yang berisiko Anda senggol—lebih baik jika Anda meletakkan sebotol atau jar berisi infused water, kan? Minumlah setiap 5-10 menit untuk mencegah dehidrasi.

Gunakan lampu baca

Saat Anda memandang layar komputer, penerangan dari ruangan memang sudah mencukupi. Tapi, saat Anda membaca buku atau koran—terutama jika malam hari—nyalakan lampu meja.

Setiap kali Anda bertambah umur, Anda membutuhkan penerangan yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Misal, saat usia Anda memasuki 40 tahun, berarti Anda membutuhkan penerangan dua kali lebih besar dibandingkan saat usia Anda 20 tahun.

Jauhkan dari dapur

Meja kerja sebaiknya tidak berada di area yang sibuk, seperti dapur, koridor antara kamar tidur, atau ruang tengah.

Daripada Anda meletakkannya di antara kamar yang malah membuat meja kerja terpaksa menghadap dinding—yang secara fengsui buruk—lebih baik letakkan meja kerja di kamar saja.

Suasana ruangan yang terlalu ramai akan membuat perhatian Anda terpecah dan susah konsentrasi.

Foto: Stocksnap.io

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya