Tips Menata Ruang Keluarga Bagi Movie Addict!

Tantangan menikmati televisi di ruang keluarga adalah menciptakan spot yang nyaman untuk menonton sekaligus bercengkerama.

oleh boyleonard diperbarui 09 Jun 2017, 19:26 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2017, 19:26 WIB
20170607-menata ruang keluarga agar asyik menonton tv-rumahcom-boy
Tantangan menikmati televisi di ruang keluarga adalah menciptakan spot yang nyaman untuk menonton sekaligus bercengkerama.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda memiliki hobi menonton televisi atau film, memiliki ruang khusus untuk menonton televisi di rumah menjadi hal yang penting. Perlu kreativitas untuk menciptakan ruang menonton TV yang nyaman.

Salah satu tantangannya, yaitu mengatur furnitur dalam ruang. Seperti dikutip dari Rumah.com, berikut empat tips untuk mengatur ruang menonton televisi di rumah.

Rancangan Satu Ruang

Jika Anda memiliki satu ruang—di luar ruang keluarga—yang hanya digunakan untuk bersantai dan menonton televisi, ruang ini sangat cocok dimanfaatkan untuk ruang khusus menonton televisi.

Tambahkan sofa panjang yang nyaman dan letakkan berhadapan dengan tv. Dekorasi ruang plafon dan dinding menggunakan yang sedikit gelap seperti navy atau abu-abu tua sehingga suasana lebih kontras dan gambar televisi tampak lebih tajam dan bersih.

Posisi televisi sebaiknya diletakkan sejajar dengan mata sehingga pandangan akan fokus dan memudahkan Anda saat menonton, tanpa harus mendongak.

Pengaturan Furnitur untuk Ruang Ganda

Jika ruang menonton televisi memiliki fungsi ganda sebagai ruang keluarga, sebaiknya tempatkan televisi dekat dengan vocal point pada ruang tersebut. Saat televisi dinyalakan, tv menjadi fokus utama.

Namun saat dimatikan, membuat ruang ini tidak kehilangan daya tariknya. Dengan begitu ruang ini dapat menjadi tempat menonton tv yang nyaman, sekaligus ruang untuk berkumpul keluarga.

(Simak juga: 8 Ide Menata Ruang Keluarga)

Kesan Sederhana dan Private

Jika Anda hidup seorang diri, atau jika anggota keluarga Anda memiliki hobi yang sama, pertimbangkan untuk melengkapi ruang menonton dengan televisi berukuran besar dan sound system yang baik. Lengkapi ruang dengan kursi yang nyaman.

Anda dapat memilih kursi model chaise lounge atau daybed. Merancang ruang seperti ini akan membuat ruangan menonton menjadi terkesan simpel dan private. Menonton jadi lebih puas dan istimewa. Perfect!

Ruang Menonton di Rumah Minimalis

Jika hunian Anda memiliki luas terbatas, bukan masalah. Anda tetap bisa, kok, memiliki area khusus menonton televisi. Rumah minimalis biasanya menggunakan satu ruang untuk beberapa fungsi. Untuk lebih memaksimalkan ruang, Anda dapat memanfaatkan rak televisi sebagai partisi antara dua buah ruang, misalnya dapur dengan ruang menonton.

Tinggal tambahkan sofa yang nyaman dengan beberapa cushion serta karpet. Bagaimana pun bentuk rancangan ruang menonton Anda, pastikan pengaturan furnitur dilakukan secara tepat, agar acara menonton bersama keluarga berlangsung dengan asyik.

Dengan berbagai panduan dan trik yang ada, punya rumah ukuran kecil bukan lagi masalah. Tertarik mencari rumah kecil yang sesuai kantong? Simak pilihannya dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

Foto: pixabay.com

Rina Susanto

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya