Detik-detik Penyelamatan 11 Wisatawan Terjebak Banjir di Lokasi Wisata Serdang Bedagai

Tim Search and Rescue (SAR) Medan berhasil menyelamatkan 11 orang wisatawan yang terjebak banjir di lokasi wisata Pemandian Batu Jalur, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut) Selasa (12/1/2021) dini hari WIB.

oleh Reza Efendi diperbarui 12 Jan 2021, 12:50 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2021, 12:50 WIB
Evakuasi wisatawan terjebak banjir
Tim SAR beserta warga berupaya mengevakuasi 11 wisatawan yang terjebak banjir skibat arus deras di salah satu lokasi wisata di Serdang Bedagai, Sumut

Liputan6.com, Serdang Bedagai Tim Search and Rescue (SAR) Medan berhasil menyelamatkan 11 orang wisatawan yang terjebak banjir di lokasi wisata Pemandian Batu Jalur, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut) Selasa (12/1/2021) dini hari WIB.

Informasi diperoleh Liputan6.com, Kondisi Membahayakan Manusia (KMM) berawal saat 1 keluarga asal Batang Kuis, Deli Serdang, berwisata di Pemandian Batu Jalur yang berada di Desa Perbahingan, Kotarih, Serdang Bedagai, Senin (11/1/2021).

Awalnya debit air sungai biasa saja dan tidak terlalu deras. Saat keluarga tersebut berada di tengah, air sungai tiba-tiba meluap. Mereka panik dan naik ke atas batu besar yang ada di sana, dan tidak ada yang berani mengambil risiko menyeberangi banjir.

Keluarga tersebut menunggu di sana berharap debit air segera turun. Namun hingga malam hari, banjir tidak kunjung surut. Warga akhirnya menghubungi kantor SAR Medan untuk meminta pertolongan agar wisatawan tersebut dievakuasi.

"Informasi diperoleh personel siaga Kantor SAR Medan dari warga setempat," kata Humas Kantor SAR Medan, Sariman Sitorus.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:


Bergerak ke Lokasi

Evakuasi
Tim SAR berangkat membawa perahu LCR dan 1 perahu rafting untuk mengevakuasi korban

Setelah mendapat informasi, Kepala Kantor SAR Medan, Toto Mulyono, memerintahkan tim untuk segera berangkat ke lokasi banjir. Tim berangkat membawa perahu LCR dan 1 perahu rafting untuk mengevakuasi korban.

Setibanya di lokasi, tim SAR Medan bersama warga dan pihak terkait langsung berupaya mengevakuasi wisatawan yang merupakan 1 keluarga tersebut, terdiri dari 7 orang dewasa dan 4 orang anak-anak.

"Seluruhnya warga Batang Kuis," jelas Sariman.


Identitas Wisatawan

Evakuasi
Proses evakuasi 11 orang wisatawan

Adapun identitas yang terjebak banjir akibat arus deras yaitu 7 orang dewasa yakni Faridah (73), Nur Laili (57), Diana (38), Menasari (30), Dek Lang (37), Heri (37), dan Agus (40). Sedangkan 4 orang anak-anak yakni Albar (5), Abizar (3), Bilqis (9) dan Zahra (6).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya