Banjir Berangsur Surut, BPBD Medan Imbau Warga Tetap Siaga

Hujan dengan intensitas tinggi di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) sejak Kamis, 11 November 2021, malam, memicu penambahan debit air cukup besar dari hulu mengakibatkan peningkatan tinggi muka air daerah aliran Sungai Deli dan Babura.

oleh Reza Efendi diperbarui 12 Nov 2021, 20:57 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2021, 20:57 WIB
Banjir di Medan
Banjir di Medan mulai surut

Liputan6.com, Medan Hujan dengan intensitas tinggi di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) sejak Kamis, 11 November 2021, malam, memicu penambahan debit air cukup besar dari hulu mengakibatkan peningkatan tinggi muka air daerah aliran Sungai Deli dan Babura.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan melaporkan, saat ini banjir di sejumlah wilayah telah berangsur surut. BPBD mengimbau warga untuk tetap siaga apabila terjadi kenaikan debit air secara tiba-tiba berdasarkan pemantauan cuaca.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Pengendalian Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, banjir dengan tinggi muka air 50 sampai 160 sentimeter melanda 3 kelurahan, antara lain Gedung Johor di Kecamatan Medan Johor, serta Kelurahan Sei Mati dan Aur di Kecamatan Medan Maimun.

"Banjir turut merendam kurang lebih 427 unit rumah yang berdampak pada 2.522 jiwa," kata Abdul, Jumat (12/11/2021).

BPBD Kota Medan telah melakukan pendataan dan pemantauan pada Daerah Aliran Sungai (DAS), dan telah mengerahkan peralatan untuk mendukung proses evakuasi warga terdampak banjir.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Prakiraan Cuaca

Banjir di Medan
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan melaporkan, banjir terjadi di 3 kelurahan

Berdasarkan hasil analisa prakiraan cuaca mulai 12 sampai 14 November 2021, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Kota Medan untuk 3 hari ke depan berpotensi mengalami cuaca yang didominasi cerah berawan, berawan, dan hujan petir.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Lereng Timur, Pantai Timur, dan pegunungan Sumatera Utara (Sumut) yang dapat menyebabkan banjir, longsor dan angin kencang.

"Adapun kajian inaRISK juga menunjukkan wilayah Kota Medan memiliki 21 kecamatan yang memiliki risiko bencana banjir pada tingkat sedang hingga tinggi," sebut Abdul.


Imbauan BNPB

Banjir di Medan
Saat ini warga terdampak banjir masih bertahan di rumah masing-masing

BNPB mengimbau masyarakat dan pemerintah daerah setempat meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana hidrometeorologi, dengan memantau secara berkala peningkatan debit air di sekitar daerah aliran sungai ketika curah hujan turun dengan intensitas tinggi.

"Serta melakukan pembersihan material yang menghalangi aliran sungai," Abdul menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya