Antusiasme Ratusan Pesilat Cilik Ikuti Kejuaraan Pencak Silat di Kabupaten Bone

Kejuaraan ini bertujuan mencari bakat-bakat muda sebagai mana program DBON Kemenpora RI.

oleh Fauzan diperbarui 23 Nov 2021, 23:14 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2021, 22:45 WIB
Technical Delegate Dispora Sulsel, Fahrizal (Liputan6.com/Fauzan)
Technical Delegate Dispora Sulsel, Fahrizal (Liputan6.com/Fauzan)

Liputan6.com, Bone Ratusan pesilat cilik antusias mengikuti kejuaraan pencak silat di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Kejuaraan pencak silat itu diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan yang bekerja sama dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Bone.

Technical Delegate Dispora Sulsel, Fahrizal mengatakan bahwa kejuaraan pencak silat ini diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan dan mengidentifikasi bakat pesilat sejak usia dini. Program ini juga merupakan tindak lanjut dari program Kemenpora yaitu Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). 

"Kita mempersiapkan dan mengidentifikasi bakat pesilat sejak dini untuk mencetak juara sesuai dengan tag line cetak juara pada program DBON yang baru-baru ini disosialisasikan di Makassar Oleh Menpora," kata Fahrizal kepada Liputan6.com, Selasa (23/11/2021). 

Fahrizal yang juga menjadi pengarah dalam kejuaraan pencak silat tersebut pun berharap momentum ini dapat menjadi pemantik semangat berprestasi bagi para pesilat pemula terutama anak usia dini. Kegiatan ini menjadi ajang untuk mengidentifikasi dan melakukan deteksi dini pada anak-anak untuk melakukan pembinaan berkelanjutan.

"Muara dari latihan adalah kompetisi, karena atlet hebat tidak lahir dari latihan saja namun lahir dari pembuktian di gelanggang," ucapnya. 

Fahrizal melanjutkan kegiatan-kegiatan kompetitif untuk anak usia dini memang harus digalakkan sampai ke pelosok-pelosok. Hal itu bertujuan agar proses pencarian calon atlet berprestasi dapat dilakukan secara merata di penjuru Tanah Air. 

"Karena melalui jalur ini kita bisa menemukan tunas-tunas muda berbakat untuk dibuatkan program talent scouting dan dibina secara berkelanjutan," imbuhnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kegiatan Berkesinambungan

Kejuaraan pencak silat Kabupaten Bone (Liputan6.com/Fauzan)
Kejuaraan pencak silat Kabupaten Bone (Liputan6.com/Fauzan)

Sementara itu, Kadispora Sulsel yang diwakili oleh Abdi Amahoru pun menyambut baik kegiatan kejuaraan pencak silat tersebut. Pihaknya berjanji akan menyelenggarakan kegiatan serupa secara berkesinambungan. 

"Kami akan menggalakkan event seperti ini ditahun depan," ucap Abdi dalam sambutannya. 

Di tempat yang sama, Kadispora Pemkab Bone Alimuddin Massapa dan Ketua KONI Bone Andi Haedar senada berharap dari kegiatan ini bakal ada generasi baru yang akan menjadi penerus tongkat estafet dan mengembalikan kejayaan pencak silat Kabupaten Bone dan Sulawesi Selatan hingga tingkat nasional. 

Kejuaraan pencak silat ini berlangsung selama tiga hari yakni 22 sampai dengsn 24 November 2021. Ratusan peserta antusias menghadapi kejuaraan ini namun tetap dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini : 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya