Wanti-Wanti Jenderal Listyo Adang Covid-19 Omicron di Pelabuhan Merak

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan petugas di Pelabuhan Merak menyiapkan protokol kesehatan ketat saat Natal dan Tahun Baru.

oleh Yandhi Deslatama diperbarui 23 Des 2021, 21:00 WIB
Diterbitkan 23 Des 2021, 21:00 WIB
Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. (Rabu, 22/12/2021).
Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. (Rabu, 22/12/2021).

Liputan6.com, Cilegon - Kapolri Listyo Sigit Prabowo memerintahkan petugas di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, menyediakan tempat isolasi sementara bagi penumpang yang terdeteksi positif Covid-19. Kemudian pasien itu harus ditangani lebih lanjut oleh tenaga kesehatan. Hal tersebut penting dilakukan karena pendemi belum berakhir, dan munculnya varian Omicron.

Pendirian ruang isolasi sementara pasien positif Covid-19 di Pelabuhan Merak akan mulai hadir saat libur Natal dan Tahun Baru tahun ini. Jika ada yang positif, tentunya calon pengguna jasa tidak bisa melanjutkan perjalanan dan harus menjalani perawatan isolasi.

"Juga tempat isolasi sementara, apabila ada kedapatan masyarakat yang positif, setelah dilakukan pemeriksaan dengan aplikasi yang ada, kemudian tentunya setelah tempat isolasi akan dibawa ke RS rujukan terdekat ataupun yang sudah di atur," kata Listyo di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Rabu (22/12/2021).

Mantan Kapolda Banten itu meminta personel gabungan melaksanakan tugasnya sesuai prosedur yang ada, seperti memeriksa surat negatif Covid-19 dan sertifikat vaksin dosis lengkap. Sehingga aktivitas masyarakat bisa terus berjalan dan perekonomian nasional bisa terus bangkit.

Pos pelayanan vaksin dan rapid tes antigen juga harus disiapkan, untuk melayani masyarakat yang belum memenuhi syarat perjalanan saat Natal dan Tahun Baru.

"Kemudian jika belum (memenuhi syarat perjalanan), kita akan sudah siapkan pos pelayanan, gerai vaksin dan pelayanan swab," terangnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Persiapan Presidensi G20

Penyebaran Covid-19 harus ditekan dan dikendalikan agar tidak terjadi gelombang ketiga, penularan omicron yang masif, agar perekonomian bisa terus pulih. Terlebih tahun 2022 mendatang menurut Listyo, berbagai gelaran besar akan dilaksanakan, salah satunya Presidensi G20 di Indonesia.

"Ini sangat penting, dengan pengendalian yang ada, pertumbuhan ekonomi bisa terus meningkat. Tahun depan juga kita dihadapkan dengan beberapa kegiatan besar, nasional maupun internasional, rangkaian presidensi," jelasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya