Yuk, Sambut Ramadan dengan Melakukan Persiapan Ini

Menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh memang membutuhkan banyak persiapan, termasuk persiapan fisik dan mental.

oleh Mega Dwi Anggraeni diperbarui 10 Mar 2023, 17:41 WIB
Diterbitkan 10 Mar 2023, 17:41 WIB
Ilustrasi ramadan
Ilustrasi ramadan. (Photo Copyright by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan sudah di depan sudah di depan mata. Ada cukup banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Yuk, lihat persiapan apa saja yang bisa kamu lakukan!

Menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh memang membutuhkan banyak persiapan, termasuk persiapan fisik dan mental. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu dapat menjalankan ibadah dengan maksimal.

Bukan hanya itu, kamu juga perlu mempersiapkan anggaran keuangan. Karena tidak dipungkiri bahwa pengeluaran di bulan Ramadan akan lebih besar ketimbang bulan-bulan lainnya.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan jelang Ramadan. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


6 Persiapan Jelang Ramadan yang Harus Kamu Lakukan

Jelang Ramadan, Sektor Ritel Diprediksi Bakal Melonjak
Pengunjung memilih daging di toko digital Scan and Go, CBD Ciledug, Tangerang, Banten, Rabu (8/3/2023). Scan and Go merupakan toko ritel digital pertama di Indonesia dimana konsumen bisa langsung belanja di toko dengan menggunakan aplikasi yang ada di keranjang belanja tanpa melakukan pembayaran melalui kasir. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

1. Mental dan spiritual

Persiapkan diri secara mental dan spiritual dengan memperbanyak ibadah, membaca Al-Quran, dan berdoa. Hal ini akan membantu meningkatkan kesadaran kita dalam menyambut Ramadan.

2. Persiapan fisik

Persiapkan tubuh dan fisik dengan mengurangi konsumsi makanan yang berlemak dan berat. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Persiapan keuangan

Sebaiknya, lakukan perencanaan keuangan untuk menyambut Ramadan. Siapkan anggaran untuk kebutuhan sehari-hari dan belanja keperluan puasa.

 


Selanjutnya

Ilustrasi membersihkan rumah. (Pixabay)
Ilustrasi membersihkan rumah. (Pixabay)

4. Persiapan makanan

Persiapkan menu makanan untuk sahur dan berbuka puasa. Pilih makanan yang sehat dan bergizi untuk membantu menjaga kesehatan selama puasa.

5. Persiapan rumah

Bersihkan rumah dan persiapkan segala keperluan seperti perlengkapan ibadah, sajadah, dan lain-lain.

6. Persiapan sosial

Gunakan waktu sebelum Ramadan untuk mempererat hubungan dengan keluarga, teman, dan tetangga. Ajak mereka untuk beribadah bersama dan saling membantu selama Ramadan.

Itu dia beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan menjelang Ramadan. Semua persiapan dilakukan untuk membantu kita mengoptimalkan ibadah dan menjalankan puasa dengan lancar. Namun, yang terpenting adalah mempersiapkan hati dan niat untuk melakukan ibadah secara ikhlas dan benar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya