Profil Prabowo Subianto, Ketum Gerindra Maju Jadi Calon Presiden 2024

Bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto menghadiri adu gagasan di Makassar dengan dua bacapres lainnya yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 07 Agu 2023, 14:49 WIB
Diterbitkan 15 Jul 2023, 04:00 WIB
Prabowo Subianto jadi pembicara di Rakernas Apeksi (Liputan6.com/Fauzan)
Prabowo Subianto jadi pembicara di Rakernas Apeksi (Liputan6.com/Fauzan)

Liputan6.com, Bandung - Bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto telah tiba di Makassar, Sulawesi Selatan pada Kamis (13/7/2023). Prabowo Subianto diketahui pergi ke Makassar dengan menggunakan jet pribadi.

Kunjungan Prabowo Subianto ke Makassar adalah untuk menghadiri kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVI 2023 sekaligus adu gagasan dengan bacapres lainnya.

Terdapat tiga bakal calon presiden yang hadir yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Prabowo pun sempat diminta untuk menggambarkan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dalam satu kata.

“Satu kata untuk Pak Ganjar,” tanya Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya Sugiarto.

Setelah diberikan pertanyaan tersebut, Prabowo Subianto langsung menjawab mengenai kedua bakal calon presiden tersebut. Ia menjawab jika Ganjar sebagai Gubernur dan Anies Baswedan sebagai Profesor.

“(Ganjar) Gubernur, (Anies) Profesor,” kata Prabowo.

Dalam acara tersebut, Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu turut memaparkan gagasannya mengenai hilirisasi industri di Indonesia. Ia juga menegaskan ingin melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi dalam membangun bangsa.

“Saya bertekad, seandainya menerima mandat dari rakyat akan teruskan strategi yang sudah benar ini. Pembangunan bangsa itu bukan hanya per 5 tahun atau pun per 10 tahun. Nation Building adalah per generasi,” tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

Siapa Prabowo Subianto?

Prabowo Daftarkan Partai Gerindra ke KPU
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyampaikan keterangan saat mendaftarkan partai politiknya sebagai calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Senin (8/8/2022). Pada hari kedelapan ini, KPU menerima pendaftaran empat partai politik di antaranya Partai Republiku Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerindra, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Prabowo Subianto atau nama lengkapnya Prabowo Subianto Djojohadikusumo merupakan pria kelahiran 17 Oktober 1951 di Jakarta. Saat ini ia dikenal sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Prabowo adalah anak dari seorang pakar ekonomi zaman kepemimpinan Presiden Soekarno dan Soeharto yaitu Prof. Soemitro Djojohadikusumo dan ibu dari Prabowo bernama Dora Marie Sigar.

Prabowo mempunyai dua kakak perempuan bernama Mayrani Ekowati dan Bintianingsih Miderawati. Selain itu, ia juga mempunyai seorang adik laki-laki bernama Hashim Djojohadikusumo.

 


Sering Berpindah-pindah

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjajal pesawat tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara (AU), Rabu (8/3/2023).
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjajal pesawat tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara (AU), Rabu (8/3/2023). (Foto: Dokumentasi Kemhan)

Sejak kecil, Prabowo sering tinggal berpindah-pindah karena tugas orang tuanya. Sehingga ia ia sering berganti-ganti sekolah.

Mulai dari sekolah dasar di Hongkong, kemudian pindah ke Malaysia, Swiss, dan menempuh pendidikan sekolah menengah atas American School di Inggris.

Ia juga masuk pendidikan di Akademi Militer Nasional (AMN) di Magelang dan lulus pada 1974. kemudian ia bergabung dengan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Angkatan Darat.

 


Karier

Prabowo Resmikan Kantor Badan Pemenangan Presiden Partai Gerindra
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan pidato saat meresmikan Kantor Badan Pemenangan Presiden Partai Gerindra di Jalan Letjen S Parman, Jakarta, Sabtu (7/1/2023). Prabowo berpesan kepada para kader untuk bekerja keras menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan digelar pada 14 Februari 2024 atau tinggal satu tahun lagi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dalam karier militernya, Prabowo pernah menjadi orang nomor satu di Kopassus antara 1996 hingga 1998. Ia juga pernah menjadi Panglima Kostrad pada 1998 namun tidak lama karena situasi politik nasional saat itu.

Ketika pensiun dari militer, Prabowo tinggal di Yordania dan Jerman serta menekuni bisnis dengan adiknya Hasyim. Adiknya sendiri sudah lebih dahulu menjadi pengusaha dan kemudian ia kembali ke Indonesia dan masuk kedalam dunia politik.

 


Kehidupan Pribadi

Hari Ini, Giliran Yusril Ihza Mahendra yang Sambangi Kediaman Prabowo
Setidaknya, pertemuan Prabowo Subianto dan Yusril Ihza berlangsung selama hampir satu jam. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Prabowo Subianto menikah dengan Siti Hediati Hariyadi, putri dari Presiden Soeharto dan Tien Soeharto. Keduanya menikah pada Mei 1983 dan mempunyai seorang anak laki-laki bernama Ragowo Hediprasetyo.

Anak dari Prabowo pun tumbuh di Boston, Amerika Serikat dan berprofesi sebagai desainer di Paris, Prancis.

Adapun pernikahan Prabowo dan Siti Hediati tidak berjalan hingga tua karena keduanya berpisah pada 1998.


Deklarasi Maju Pilpres 2024

Prabowo Resmikan Kantor Badan Pemenangan Presiden Partai Gerindra
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan pidato saat meresmikan Kantor Badan Pemenangan Presiden Partai Gerindra di Jalan Letjen S Parman, Jakarta, Sabtu (7/1/2023). Prabowo berpesan kepada para kader untuk bekerja keras menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan digelar pada 14 Februari 2024 atau tinggal satu tahun lagi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, menerima dorongan 34 DPD partai agar dirinya maju sebagai Capres di Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Prabowo dalam Rapimnas di SICC, Sentul, Bogor, Jumat (12/8/2022).

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohim. Setelah saya pelajari dan mendengarkan dengan seksama sikap setiap DPD dan setiap sayap partai yang mengharapkan saya untuk menerima pencalonan sebagai presiden RI tahun 2024," kata Prabowo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya