Pundi-Pundi Cuan Film Shah Rukh Khan 'Jawan' Tembus Rp200 Triliun

Hitungan terakhir film yang menjadi box office diseluruh dunia ini menembus Rs 1004,92 Crore setara dengan lebih dari Rp2,010 triliun

oleh Arie Nugraha diperbarui 03 Okt 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2023, 11:00 WIB
Film Jawab
Film Jawan yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan. (sumber foto : Bollywood Indonesia)

Liputan6.com, Bandung - Hingga hari ke-19 penayangannya, film Jawan yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Nayanthara terus meraih pundi-pundi kekayaan.

Hitungan terakhir film yang menjadi box office diseluruh dunia ini menembus Rs 1004,92 Crore setara dengan lebih dari Rp201 triliun.

Sejak dirilis pada 7 September lalu, film karya sutradara Atlee itu, belum memperlihatkan tanda-tanda akan berhenti dan jumlah penontonnya masih terus merangkak naik.

Mencuplik dari laman Bollywood Indonesia, Senin, 2 Oktober 2023, alasan utama Jawan meraih sukses luar biasa, selain karena alur ceritanya yang tidak bisa ditebak, serta penampilan luar biasa para bintangnya, juga penampilan sang aktor utama, Shah Rukh Khan yang berbeda dari peran-peran dia sebelumnya.

Jawan diproduksi Red Chillies Entertainment, yang disutradarai oleh Atlee, diproduksi oleh Gauri Khan, dan diproduksi bersama oleh Gaurav Verma.

Film drama aksi ini, juga menampilkan Nayanthara dan Vijay Sethupathi, serta Deepika Padukone. Film ini dirilis di bioskop seluruh dunia pada 7 September 2023, dalam bahasa Hindi, Tamil, dan Telugu.

Sebelumnya, pada 8 September 2023, pakar perdagangan berpendapat bahwa film Shah Rukh Khan mendatang yaitu Jawan, yang dirilis Kamis, 7 September 2023, dapat meraup keuntungan lebih dari Rp140 miliar.

Prediksi itu merupakan perbandingan dengan kesuksesan film Shah Rukh Khan sebelumnya, Pathaan pada 2023, yang dirilis di hari kerja 25 Januari 2023, mampu meraup pendapatan sebesar Rs. 57 crore atau setara Rp114 miliar.

Bahkan, di hari kedua yang bertepatan dengan Hari Republik India, 26 Januari 2023, pendapatan melonjak menjadi Rs 70,50 crore setara Rp141miliar.

Menurut analis perdagangan India, Atul Mohan, optimis film Jawan pada hari pertama rilis akan seperti Pathaan.

"Dalam semua bahasa (Hindi, Tamil dan Telugu), film ini (Jawan) dapat mengumpulkan Rs. 70 crores (Rp140 miliar) atau bahkan Rs. 80 (Rp160 miliar) atau Rs. 90 crore (Rp180 miliar). Kuch bhi ho sakta hai (segalanya bisa terjadi)," ujar Atul Mohan dicuplik dari laman Bollywood Indonesia, Kamis, 7 September 2023.

Atul mengatakan sedangkan keuntungan Film Jawan untuk versi Hindi (Bollywood), akan mengumpulkan lebih banyak daripada Pathaan. Pada hari rilis akan mengumpulkan sekitar Rs. 70 crore atau setara Rp 140 Miliar.

Sementara itu, para pelaku industri perfilman India seperti pengelola bioskop sangat senang dengan prediksi keuntungan yang sangat fantastis tersebut.

Salah satunya adalah pemilik Bioskop Roopbani di Purnia, Biha, Vishek Chauhan, sangat bersuka cita dengan kabar tersebut.

"Ini akan mengumpulkan lebih banyak dari pada Pathaan. Pada hari pertama, Jawan akan menghasilkan antara Rs. 65 (Rp130 Miliar) dan 70 crores (Rp140 miliar)," kata Vishek Chauhan.

Vishek Chauhan berharap, Jawan melewati batas abad pada hari peluncurannya. Harapannya dapat meraup laba bersih setara dengan Rp200 miliar.

Dia menggarisbawahi, kauntungan yang diraih itu merupakan raihan pada hari perdana film Jawan diluncurkan.

"Saya ingin film Hindi (Bollywood) menghasilkan hasil bersih Rs 100 crore (Rp 200 Miliar) pada hari ke-1 sehingga memberikan arahan dan harapan yang tepat, menginspirasi peserta pameran untuk membuka bioskopnya dan memotivasi produser untuk membuat bioskop semacam ini," kata Vishek.

Tak hanya Vishek, nada optimis juga dilontarkan untuk Film Jawan pada hari pertama rilis akan meraih pendapatan Rs. 65 crore atau setara Rp130 miliar.

Hal itu dikatakan oleh pemilik Entertainment Paradise di Jaipur, Raj Bans.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya