Cocok Untuk Healing, Empat Lokasi Melihat Kota Padang dari Ketinggian

Melihat kota dari ketinggian menjadi kesenangan tersendiri bagi wisatawan.

oleh Novia Harlina diperbarui 16 Okt 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2023, 06:00 WIB
Tulisan ikonik "Padang Kota Tercinta" yang terletak di puncak Gunung Padang Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) terbakar pada Sabtu pagi (30/11/2019) sekitar pukul 05.00 WIB. (Liputan6.com/Novi Herlina)
Tulisan ikonik "Padang Kota Tercinta" yang terletak di puncak Gunung Padang Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) terbakar pada Sabtu pagi (30/11/2019) sekitar pukul 05.00 WIB. (Liputan6.com/Novi Herlina)

Liputan6.com, Padang - Pesona Sumatera Barat memang tidak pernah gagal memanjakan mata para wisatawan, salah satunya adalah Kota Padang yang cocok sebagai tempat healing bersama teman ataupun orang tersayang.

Kota Padang banyak diincar wisatawan karena keindahan objek wisata jembatan Siti Nurbaya yang ikonik, masjid Raya Sumatera Barat dengan arsitekstur yang megah, hingga Pantai Air Manis yang populer dikenal sebagai rumahnya relief batu Malin Kundang dengan hamparan bibir pantai yang luas.

Namun tahukah anda, selain objek wisata tersebut, masih ada tempat lain yang wajib dikunjungi dengan menyajikan pesona alam yang memukau untuk melihat keindahan Kota Padang dari ketinggian.

Penasaran tempat apa saja yang bisa menikmati Kota Padang dari ketinggian? Berikut Liputan6.com rangkum untuk anda.

1. Gunung Padang

Bagi anda yang takut ketinggian, namun ingin mencoba sensasi mendaki gunung, maka Gunung Padang adalah solusi yang paling tepat.

Gunung Padang salah satu objek wisata di Kota Padang dengan ketinggian puncak sekitar 80 meter di atas permukaan laut yang letaknya berada di seberang selatan dari muaraĀ Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan.

Jalan menuju puncak bersisian dengan laut sehingga membuat perjalanan anda semakin seru, terutama bagi anda yang suka menikmati indahya laut. Dari puncak gunung, anda bisa melihat eksotisnya hamparan laut dengan deretan rumah serta gedung tinggi di Kota Padang.

Sebelum mencapai puncak, anda juga bisa menyaksikan sepenggal sejarah masa penjajahan yang dibuktikan dengan adanya bunker, dua buah benteng pertahanan serta meriam hasil peninggalan Jepang yang dibangun sekitar 1942-1945.

Ā 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Ā 

2. Bukit Gado-gado

Pemandangan Samudra Hindia dari Bukit Gado-Gado.
Pemandangan Samudra Hindia dari Bukit Gado-Gado. (Liputan6.com/ Novia Harlina)

Selanjutnya ada Bukit Gado-Gado, bukit ini adalah satu objek wisata yang terletak Kecamatan Padang Padang Selatan. Objek wisata yang satu ini kerap menjadi incaran muda-mudi untuk menikmati sunset serta melihat Kota Padang dari ketinggian.

Dari puncak bukit, terlihat dengan jelas hamparan pantai yang memesona dengan deretan warna-warni lampu rumah-rumah warga di perbukitan. Apabila anda tertarik untuk memanjakan mata di tempat ini, maka usahakan datang pada saat cuaca cerah.

3. Unand

Unand alias Universitas Andalas, merupakan salah satu kampus di Sumatera Barat yang banyak diincar siswa pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), namun selain sebagai kampus juga salah satu tempat yang indah dan menakjubkan untuk melihat Kota Padang dari ketinggian. Paling ideal di depan gedung Rektorat kampus Universitas Andalas (Unand).

Dari kampus ini anda bisa menyaksikan indahnya pemandangan Kota Padang dengan udara yang sejuk dan rindangnya deretan pepohonan. Apabila anda datang pada malam hari, maka kelap-kelip lampu rumah-rumah warga juga semakin memanjakan mata.

4. Panorama Sitinjau Lauik

Apabila anda suka menguji aderenalin, maka panorama Sitinjau Lauik adalah solusinya, karena jalan menuju tempat ini terkenal dengan tikungannya yang curam dan ekstrim.

Tetapi hal itu akan terbayarkan ketika sampai dilokasi, terutama pada saat anda datang di malam hari. Dari ketinggian anda bisa menyaksikan warna-warni lampu dengan udara yang sejuk.

Tempat ini berada di perbukitan, tepatnya di jalan lintas Padang-Solok atau sebaliknya. Apabila datang pada pagi hari, maka akan disuguhkan dengan pemandangan kabut tipis yang menyelimuti kota.

Ā 
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya