Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Malang yang Bisa Jadi Pajangan

Selain makanan, beberapa oleh-oleh khas Malang lainnya sangat cocok untuk dibawa pulang. Beberapa di antaranya bisa dijadikan pajangan, sehingga akan memberikan kesan dan kenangan lebih mendalam. Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Malang:

oleh Switzy Sabandar diperbarui 02 Des 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 02 Des 2023, 12:00 WIB
Batik Blimbing Kota Malang
Kolaborasi Sentra Batik Blimbing Kota Malang dengan komunitas disabilitas dalam mempresentasikan produk batik ready-to-wear. (dok. Batik Blimbing)

Liputan6.com, Malang - Kota Malang menjadi salah satu pilihan destinasi liburan bagi para wisatawan. Selain memiliki banyak pilihan lokasi wisata, Kota Apel ini juga menawarkan berbagai oleh-oleh unik.

Selain makanan, beberapa oleh-oleh khas Malang lainnya sangat cocok untuk dibawa pulang. Beberapa di antaranya bisa dijadikan pajangan, sehingga akan memberikan kesan dan kenangan lebih mendalam. Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Malang:

1. Batik Malang

Sama seperti Yogyakarta, Solo, dan Pekalongan, Malang juga memiliki batik khasnya sendiri. Batik Malang identik dengan motif dan pilihan warna yang merepresentasikan kotanya.

Meski tak sepopuler batik lainnya, batik khas Malang tetap banyak diburu. Para wisatawan bisa berkunjung ke sentra pembuat batik Kota Malang, Batik Tulis Celaket (BTC). Selain batik celaket, Malang juga memiliki ragam batik khas lainnya, seperti batik druju hingga batik blimbing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keramik Dinoyo

2. Keramik Dinoyo

Keramik dinoyo merupakan salah satu produk khas Malang yang cukup populer. Para wisatawan bisa mengunjungi sentra kerajinan keramik di Kota Malang, Kampung Wisata Keramik Dinoyo.

Pengunjung bisa mampir ke beberapa galeri yang memajang kerajinan keramik. Adapun cendera mata yang bisa dibeli berupa teko set, mug, hiasan rak, vas bunga, hingga guci. 


Soak Ngalam

3. Soak Ngalam

Soak ngalam merupakan sebutan kaus khas Malang. Julukan tersebut diambil dari bahasa walikan kaus Malang.

Ciri khas kaus ini adalah motif berupa tulisan beberapa bahasa walikan gaul warga Malang. Tulisan-tulisan tersebut juga memiliki desain nyentrik dengan harga yang relatif terjangkau.4. Topeng Malangan

Oleh-oleh lain khas Malang yang bisa dijadikan pilihan adalah topeng malangan. Topeng ini biasanya digunakan untuk pagelaran seni masyarakat yang sekaligus diproduksi sebagai suvenir atau oleh-oleh.

Keunikan topeng ini terletak pada karakter wajah yang tampak nyata. Pilihan warnanya pun cenderung mencolok, sehingga membuat topeng malangan terasa lebih hidup.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya