Provinsi Papua Barat Daya Sambut HUT ke-1 dengan Upacara dan Pesta Rakyat

Pada peringatan HUT ke-1 PBD nanti, panitia telah menyiapkan sejumlah kegiatan acara.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Des 2023, 00:30 WIB
Diterbitkan 07 Des 2023, 00:30 WIB
Mohammad Musa’ad
Penjabat (Pj) Gubernur PBD Mohammad Musa’ad. (Foto: Dok.)

Liputan6.com, Jakarta - Pada 9 Desember 2023 mendatang, Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya (PBD) berusia satu tahun. Provinsi termuda di Indonesia ini akan memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) pertamanya dengan berbagai kegiatan mulai dari upacara hingga pesta rakyat.

Penjabat (Pj) Gubernur PBD Mohammad Musa’ad mengungkapkan, kegiatan peringatan HUT ke-1 PBD akan dipusatkan di Alun-Alun Kota Baru Aimas, Kabupaten Sorong.

“Kegiatan HUT yang diselenggarakan 9 Desember nanti untuk menonjolkan Provinsi Papua Barat Daya, pariwisata, budaya dan berbagai spot menarik di Papua Barat Daya. Kegiatan ini melibatkan masyarakat juga,” ujar Musa’ad dalam keterangan tertulis.

Adapun peringatan HUT ke-1 Papua Barat Daya merupakan bagian dari rangkaian Papua Fest 2023 yang terselenggara untuk 22 Tahun Otonomi khusus (Otsus). Festival ini menghadirkan berbagai kegiatan, termasuk peringatan HUT PBD.

Sebagai informasi, Undang-Undang Pembentukan Papua Barat Daya ditetapkan di DPR-RI pada 17 November 2022. Setelah PBD ditetapkan, pada 8 Desember disahkan dan ditandatangani oleh Presiden RI yang kemudian diresmikan pada 9 Desember yang dibarengi pelantikan Pj Gubernur Papua Barat Daya.

“Provinsi Papua Barat Daya ini merupakan Provinsi yang ke-38 di Indonesia. Sehingga, dalam menyemarakan satu tahun Papua Barat Daya ini juga digabungkan dengan memperingati otonomi khusus ke-22 tahun yang ditetapkan pada 21 November 2001,” tutur Musa’ad.

Pada peringatan HUT ke-1 PBD nanti, panitia telah menyiapkan sejumlah kegiatan acara. Dimulai dari Upacara HUT ke-1 PBD yang dipusatkan di Alun-Alun Kota Baru Aimas.Acara peringatan ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan sejumlah artis mulai dari Edo Kondologit, Janna, serta band Cokelat.

Selain itu, acara akan dimeriahkan penampilan dance dan Trio Papua. Sementara, penutup acara akan digelar pesta rakyat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya