10 Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Banten

Banten merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki beragam wisata alam menarik mulai dari laut, pantai, hingga pegunungan.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 31 Jan 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 31 Jan 2024, 06:00 WIB
Keindahan Pantai Pulau Panaitan, Sumur, Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten. (Minggu, 19/09/2021). (Dokumentasi Pokdarwis Pandeglang).
Keindahan Pantai Pulau Panaitan, Sumur, Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten. (Minggu, 19/09/2021). (Dokumentasi Pokdarwis Pandeglang).

Liputan6.com, Bandung - Indonesia memiliki banyak tempat wisata alam menarik yang bisa dikunjungi untuk berlibur atau healing. Bahkan, beberapa daerah di Indonesia selalu mempunyai lokasi wisata alam indah yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Misalnya saja di Banten ada beberapa lokasi wisata alam menarik yang cocok untuk dikunjungi. Tempat-tempat tersebut sering jadi lokasi berlibur yang tidak hanya memanjakan mata tetapi juga pikiran.

Banten menjadi lokasi strategis untuk menikmati keindahan alam yang kaya mulai dari pesona laut, pegunungan, hingga kehidupan budaya yang unik dan menarik. Misalnya saja menikmati indahnya pemandangan laut di Pantai Anyer dan Sawarna.

Kemudian melihat curug atau air terjun indah yang memberikan pengalaman menenangkan dan segar di tengah pepohonan hijau. Hingga mempelajari budaya baru dan membuka wawasan baru di kampung adat.

Sehingga daerah Banten disebut sebagai daerah yang mempunyai segala kekayaan alam Indonesia yang indah. Selain itu beberapa tempat wisata juga dibuat nyaman agar pengunjung bisa menikmati wisata dengan tenang.

Melansir dari beberapa sumber terdapat beberapa rekomendasi tempat wisata alam di Banten yang wajib untuk dikunjungi. Berikut ini adalah rangkuman 10 rekomendasi tempat wisata alam di Banten.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


10 Rekomendasi Wisata Alam di Banten

Kampung Wisata Suku Baduy
Kampung Wisata Suku Baduy. (Dok. Instagram/@wisatabaduydalam)

1. Saba Budaya Baduy Cibeo

Saba Budaya Baduy merupakan wisata ke kampung adat para suku Baduy yang ada di daerah pedalaman di Provinsi Banten. Di kampung adat tersebut terdapat dua kelompok utama suku Baduy yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar.

Wisata ini mengajak para pengunjung untuk memahami dan mempelajari tradisi serta kehidupan dari masyarakat di kampung Baduy. Wisata ini cocok untuk pengunjung yang ingin mengetahui tentang kehidupan budaya serta tradisional di Banten.

2. Pantai Pulo Manuk

Pantai Pulo Manuk merupakan tempat wisata pantai yang ada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Pantai ini masih sangat asri dan diketahui sebagai tempat persinggahan dari berbagai macam jenis burung dari berbagai negara.

Pasir di pantai ini juga mempunyai ciri putih halus dan memiliki bibir pantai yang panjang dengan hampar pasir putihnya. Melansir dari Sawarna.net pengunjung bisa membayar tiket sekitar Rp 5000 untuk kendaraan motor dan Rp 20.000 untuk mobil.

3. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar berlokasi di Sawarna, Banten yang mempunyai pemandangan unik karena terdapat dua batu raksasa yang mirip dengan layar kapal. Lokasi wisata ini cocok untuk pengunjung yang mencintai fotografi karena pemandangannya.

Selain itu tempat ini juga cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai dan berjalan-jalan menikmati tebing-tebing karang di sekitar pantai. Diketahui untuk mengunjungi pantai ini untuk motor bisa membayar biaya Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

4. Pantai Ujung Kulon

Pantai Ujung Kulon berlokasi di Kabupaten Pandeglang Banten atau di sebelah barat Taman Nasional Ujung Kulon. Tempat wisata ini menampilkan keindahan alam menawan mirip seperti tempat wisata di Labuan Bajo atau Raja Ampat.

Pantai Ujung Kulon juga bisa dikunjungi dari Jakarta dengan waktu tempuh sekitar 4 hingga 5 jam ke arah Pandeglang. Terdapat pemandangan indah dari pasir putih hingga air laut yang biru dan jernih.


Rekomendasi Wisata Alam di Banten Berikutnya

Pantai Anyer
Pantai Anyer merupakan ikon wisata Anyer. Pantai Anyer memiliki hamparan pasir yang halus serta air laut berwarna biru jernih. Selain itu, ombaknya cukup tenang sehingga cocok bagi wisatawan untuk santai di tepi pantai. (merdeka.com/Imam Buhori)

5. Curug Leuwi Mangrod

Curug Leuwi Mangrod merupakan wisata air terjun yang berlokasi di Kabupaten Serang, Banten. Curug ini menampilkan pemandangan alam yang indah dengan suasana yang asri diselimuti pepohonan.

Pengunjung bisa menikmati air sejuk dengan bersantai di pinggir curug atau berfoto di area sungai atau kolam air di bawah air terjunnya. Diketahui harga tiket masuk ke curug ini sekitar Rp5.000 untuk hari biasa dan Rp10.000 untuk akhir pekan.

6. Anyer Wonderland

Anyer Wonderland merupakan tempat wisata baru yang lokasinya ada di pinggir pantai. Sehingga, tempat wisata ini menyajikan pemandangan indah pantai dan bisa menikmati sejumlah wahana permainan bersama keluarga.

Terdapat wahana bermain baik untuk anak-anak atau orang dewasa kemudian bisa menikmati wisata air berupa snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut di Anyer. Melansir dari Instagram resminya untuk tiket masuk bisa membayar sekitar Rp30.000 di hari biasa dan Rp45.000 di hari libur.

7. Lereng Cibolang

Melansir dari Penghubung Prov Banten Lereng Cibolang merupakan tempat wisata yang berlokasi di lereng kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Lokasi ini menampilkan pemandangan alam indah dari ketinggian.

Lereng Cibolang juga sering menjadi tempat rest area atau beristirahat yang berada di Kecamatan Lebakgedong. Tepat di lintas provinsi yang menghubungkan Cipanas - Citorek - Warungbanten. dan buka dari pukul 08.00 hingga 20.00.


Rekomendasi Wisata Alam di Banten Berikutnya

[Bintang] Banten
Pulau Peucang, Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. (Instagram/wukitravel)

8. Curug Ciporolak

Melansir dari Geologi ESDM Curug Ciporolak merupakan wisata air terjun yang berlokasi di Kabupaten Lebak, Banten. Air terjun ini mempunyai ketinggian kurang lebih 70 meter yang melewati Sungai Ciambulawang.

Para wisatawan akan melihat keindahan alam di air terjun tersebut dan cocok untuk pengunjung yang suka berpetualang. Diketahui harga tiket untuk masuk ke area air terjun ini sekitar Rp20.000 per orang.

9. Pantai Goa Langir

Pantai Goa Langir merupakan pantai yang berlokasi di Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Pantai ini masih satu dengan Pantai Sawarna namun masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Lokasinya yang tersembunyi ternyata membuat lokasi pantai ini memiliki pemandangan alam yang cukup indah. Terdapat hamparan pasir putih luas dengan bukit batu tinggi dan sesuai namanya terdapat goa-goa di sekitar pantai tersebut.

Melansir dari Sawarna.net untuk mengujungi Pantai Goa Langir bisa membayar tiket masuk sekitar Rp5.000 per orang.

10. Pulau Peucang

Pulau Peucang merupakan pulau yang ada di selat Panaitan Kabupaten Pandeglang, Banten atau ada di sebelah barat Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau ini termasuk pada situs warisan dunia UNESCO bersama dengan Pulau Panaitan dan Pulau Handeuleum.

Pulau ini mempunyai pasir putih dan hamparan yang luas dengan air laut jernih yang indah. Terdapat berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan mulai dari tracking, berenang, snorkeling, hingga menyelam.

Untuk berwisata ke Pulau Peucang pengunjung tentunya harus mempersiapkan sejumlah biaya terutama untuk menaiki transportasi laut atau penginapan dan konsumsi jika ingin berlibur lebih lama di pulau tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya