Aktor Bollywood Raama Mehra Ditangkap Usai Selundupkan Hewan Dilindungi

Aktor sekaligus produser Bollywood, Raama Mehra baru-baru ini ditangkap oleh Bea Cukai usai selundupkan hewan dilindungi.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 05 Jul 2024, 18:55 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2024, 18:54 WIB
Ilustrasi burung selundupan (Liputan6.com/Dok:Balai Karantina Pertanian)
Ilustrasi burung selundupan (Liputan6.com/Dok:Balai Karantina Pertanian)

Liputan6.com, Bandung - Aktor sekaligus produser film Bollywood, Raama Mehra ditangkap oleh Bea Cukai Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada (1/7/2024). Diketahui pria berusia 56 tahun tersebut ditangkap usai ketahuan menyelundupkan sejumlah satwa dilindungi.

Melansir dari Antara Kepala Kantor Bea Cukai Bandara Soetta Gatot S Wibowo menunjukkan adanya barang bukti satwa langka yang diselundupkan oleh tersangka. Di antaranya adalah dua ekor Burung Cendrawasih dan Berang-berang.

Diketahui ketiga hewan dilindungi tersebut dibawa dengan cara dimasukan ke dalam koper. Namun akhirnya terungkap setelah petugas mencurigai koper yang dibawa Raama dan hasil citra X-ray menunjukan hasil yang mencurigakan.

Karena kecurigaan tersebut petugas Bea-Cukai Soekarno-Hatta dan Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta memeriksa koper. Setelah dicek ternyata ditemukan 2 ekor burung cendrawasih dan seekor berang-berang yang dicampur dengan makanan dan barang lain.

“Saat dilakukan pemeriksaan terhadap koper yang turut disaksikan oleh penumpang, didapati satu ekor burung Cendrawasih kuning kecil (Paradisaea minor), satu ekor burung cendrawasih botak Papua (Cicinnurus respublica) dan satu ekor berang-berang cakar kecil albino (Aonyx cinereus) pada koper disamarkan dengan berbagai macam makanan, baju, tas tangan, dan mainan anak false concealment,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengaku Dititipi

Ilustrasi Burung Cendrawasih (Istimewa)
Ilustrasi Burung Cendrawasih (Istimewa)

Adapun Raama Mehra yang sudah berada di boarding room kemudian diperiksa oleh petugas. Melalui pemeriksaannya Raama sempat mengaku bahwa dirinya hanya dititipi temannya.

“Pengakuan tersangka tadinya katanya dititipi sama temannya dan nanti akan dibawa ke India dan diserahkan ke seseorang yang ada di India. Namun, setelah kita cek, mereka sendiri yang bawa, tidak dititipkan,” ucap Gatot.

Namun pihak petugas tidak percaya begitu saja dan faktanya Raama Mehra membawa sendiri koper berisi cendrawasih dan berang-berang tersebut sejak tiba di terminal bandara. Kemudian petugas langsung melakukan penelusuran lebih lanjut.

“Tim Bea-Cukai Soekarno-Hatta kemudian melakukan penelusuran lebih lanjut, dan berdasarkan bukti-bukti yang ada didapati fakta bahwa saat RM tiba di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, ia telah membawa koper berisi hewan tersebut dan tidak terdapat penitipan sebagaimana ia katakan,” katanya.


Siapa Raama Mehra?

Melansir dari beberapa sumber Raama Mehra merupakan seorang aktor sekaligus produser film di India. Sehingga di negara asalnya ia dikenal sebagai salah satu orang yang bekerja di industri Bollywood.

Pria berusia 56 tahun ini cukup dikenal di dunia hiburan India dan pernah menjadi sutradara untuk film bertajuk “Keep Safe Distance”. Selain menjadi sutradara dalam film tersebut Raama juga bertanggung jawab sebagai penulis naskahnya.

Diketahui film yang digarapnya tersebut turut diperankan oleh aktor dan artis populer India. Di antaranya terdapat aktor Vivek Kumar Singh, Kiran Kumar, Shahbaz Khan hingga Abhishek Khanna.

Belakangan ini Raama Mehra jadi sorotan publik di Indonesia karena menyelundupkan sejumlah hewan dilindungi ke dalam koper saat berlibur ke Indonesia. Akibat perbuatannya sang aktor harus ditahan pihak Bea Cukai Soekarno-Hatta.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya