Pegi Setiawan Dinyatakan Bebas, PN Bandung Sebut Status Tersangka Pembunuhan Vina Cirebon Tidak Sah

PN Bandung memerintahkan Kabid Hukum Polda Jawa Barat agar segera membebaskan Pegi Setiawan dari Rumah Tahanan (Rutan) Polda Jawa Barat.

oleh Arya Prakasa diperbarui 08 Jul 2024, 10:25 WIB
Diterbitkan 08 Jul 2024, 10:15 WIB
Pengadilan Tersangka Pembunuhan Vina Cirebon, Pegi Setiawan
Status Pegi Setiawan sebagai tersangka peristiwa pembunuhan Vina Cirebon dan Rizky alias Eky dinyatakan tidak sah dan batal demi hukum.

Liputan6.com, Jakarta - Status Pegi Setiawan sebagai tersangka peristiwa pembunuhan Vina Cirebon dan Rizky alias Eky dinyatakan tidak sah dan batal demi hukum. Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung memerintahkan kepada Polda Jawa Barat agar Pegi segera dibebaskan dari tahanan.

Hakim tunggal Eman Sulaeman membacaan sejumlah pertimbangan sebelum menetapkan putusan. Di antaranya adalah pemeriksaan terhadap Pegi oleh penyidik tidak sah karena dinilai tidak sesuai dengan undang-undang.

Mengadili, mengabulkan praperadilan atas pemohon atas nama Pegi Setiawan dan dinyatakan tidak sah dan dibatalkan demi hukum," kata Hakim tunggal Eman Sulaeman saat membacakan putusan di PN Bandung, Senin 8 Juli 2024.

Eman mengatakan, penetapan Pegi Setiawan sebagai tersangka pembunuhan berencana seperti yang disangkakan oleh penyidik Ditreskrimum Polda Jawa Barat tidak sah dan tidak berdasarkan hukum.

Oleh karena itu, Eman pun memerintahkan kepada termohon, yaitu Kabid Hukum Polda Jawa Barat agar segera membebaskan Pegi Setiawan dari Rumah Tahanan (Rutan) Polda Jawa Barat.

"Memerintahkan kepada termohon untuk menghentikan penyidikan kepada pemohon memerintahkan kepada termohon untuk melepaskan termohon dan memulihkan harkat martabatnya seperti semula," ucap Eman.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya