Mengenal Warung Nasi H Empud, Kuliner Legendaris di Sukabumi

Ketika berkunjung ke kota Sukabumi wajib untuk mencicipi kuliner legend, Warung Nasi H Empud. Kuliner ini sudah populer dikunjungi oleh sejumlah pejabat dan selebriti Indonesia.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 21 Jul 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 12:00 WIB
[Bintang] Kuliner Sunda
Kuliner Sunda, nasi tutug oncom. (resepseharihari.com)

Liputan6.com, Bandung - Kota Sukabumi merupakan salah satu kota yang cukup populer di Jawa Barat karena lokasinya yang tidak jauh dari kota Jakarta dan kota Bandung. Daerahnya terkenal dengan destinasi wisata yang menarik terutama wisata alamnya.

Sukabumi terkenal dengan kekayaan alam yang indah dan menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di Jawa Barat. Kemudian kota ini juga menawarkan sajian kuliner nikmat yang populer di antara masyarakat yang berkunjung ke daerahnya.

Bahkan, terdapat makanan tradisional hingga camilan unik yang ditawarkan di Sukabumi. Kuliner tersebut tentu memberikan pengalaman rasa yang tidak terlupakan dan selalu ingin dicoba.

Misalnya saja di Sukabumi terkenal cemilan mochi yang memiliki tekstur kenyal dan rasa manis. Mochi di kota ini biasanya terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan kacang tanah yang telah digiling halus dan dicampur dengan gula.

Kemudian juga terdapat kuliner unik sate aci yang terbuat dari tepung tapioka dan dibentuk menyerupai sate. Biasanya sate aci menggunakan bumbu kacang atau bumbu kecap yang sedap.

Wisatawan yang mencicipinya tentu akan merasakan sensasi kenyal dan rasa gurih yang menggugah selera. Selain itu di Sukabumi juga terdapat kuliner legendaris yang sangat terkenal yaitu Warung Nasi H. Empud.

Tempat makan ini tidak hanya populer di antara warga tetapi juga menjadi destinasi favorit sejumlah pejabat. Salah satunya Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang gemar memanjakan perutnya untuk makan siang di rumah makan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Warung Nasi H Empud

Selain Ikan, Ini Resep Kreasi Olahan Pepes Lainnya untuk Menu Keluarga Sehari-hari
Ilustrasi pepes. (c) Shutterstock/Rani Restu Irianti

Melansir dari beberapa sumber Warung Nasi H Empud merupakan salah satu kuliner legend di Sukabumi yang telah berdiri sejak 1969. Hal tersebut disampaikan oleh anak pendirinya yang saat ini menjadi pengelola Warnas H Empud.

Pada awal tahun 70-an, bunderan Sukaraja menjadi terminal bayangan masyarakat yang bepergian dari arah Gegerbintung, Gekbrong, dan Cireunghas menuju kota Sukabumi. Kemudian ayahnya menjual masakan tersebut dengan cara di panggul dan berjualan di sekitar bunderan tersebut.

Masakan yang dijual ayahnya selalu menjadi pilihan para pendatang dan petani yang mengantarkan sayuran ke kota Sukabumi. Usaha ayahnya yang berkembang pun akhirnya bisa membawanya untuk mengontrak di sebuah kios untuk berjualan.

Bahkan sekitar tahun 80-an ayahnya berhasil membeli tempat tersebut dan menjadikannya rumah makan yang menetap. Peminat Warung Nasi H. Empud pun semakin tinggi hingga menjadikan namanya sebagai kuliner legendaris.

Saat ini, terdapat cabang lain warung nasinya yang diteruskan oleh pewaris pendiri warung makan ini.


Daya Tarik Warung Nasi H Empud

perkedel sayur tahu ayam sawi
ilustrasi perkedel bayam/AS Foodstudio/Shutterstock

Tempat makan ini mempunyai banyak daya tarik yang menjadikannya populer di antara masyarakat, mulai dari kulinernya yang legendaris hingga rasa yang enak dengan harga yang terjangkau.

Warung Nasi H Empud juga memiliki menu populer yang selalu menjadi sasaran para pembeli yaitu Daging Kepala Sapi. Makanan ini disajikan dengan cara dimasak menggunakan bumbu kecap.

Kemudian terkenal dengan tekstur daging yang empuk, ukuran yang besar, hingga bumbu yang meresap. Selain itu tempat makan ini juga menyediakan menu lauk pauk lain seperti pepes, soto, sop, empal gepuk, goreng oncom, perkedel, hingga olahan daging sapi lainnya.

Tempat makan ini tidak hanya terkenal karena rasa khas dan kulinernya yang legendaris. Tetapi juga kerap menjadi lokasi favorit sejumlah pejabat dan tokoh populer Indonesia seperti SBY, Puan Maharani, hingga sejumlah selebritas.


Lokasi Warung Nasi H Empud

nasi tutug oncom
Ilustrasi nasi tutug oncom./Copyright shutterstock.com/g/AriyaniTedjo

Melansir dari beberapa sumber Warung Nasi H. Empud sudah mempunyai cabang di beberapa tempat. Salah satunya di Jalur Cabang Sukaraja yang sudah populer dikunjungi banyak orang.

Melalui ulasan di Google tempatnya ini sudah mempunyai rating 4.7 dari total 1.025 pengguna. Lebih lengkapnya lokasinya ada di Jl. Lkr. Sel., Limusnunggal, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Tempat makan yang berada di cabang tersebut buka setiap hari pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. Kemudian terdapat cabag lainnya yang berlokasi di Jl. Gandasoli - Cireunghas, Pasirhalang, Kec. Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Berdasarkan ulasan di Google cabang yang satu ini mempunyai rating 4.6 dari total 2.043 pengguna dan buka setiap hari pada pukul 06.00 hingga 21.00 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya