Mengenal Doctor Doom, Karakter Baru Robert Downey Jr

Dalam acara Comic-Con, Kevin Feige selaku Presiden Marvel Studios juga mengonfirmasi dua film baru Avengers akan disutradarai Joe dan Anthony Russo. Siapa itu, villain Doctor Doom yang jadi peran baru Robert Downey Jr di Marvel?

oleh Tifani diperbarui 29 Jul 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 13:00 WIB
Asal Usul Musuh Fantastic Four Versi Baru Dibocorkan Pemain
Latar belakang Doctor Doom, musuh utama daur ulang Fantastic Four akan sangat berbeda dengan versi komik.

Liputan6.com, Yogyakarta - Robert Downey Jr resmi kembali ke Marvel Cinematic Universe (MCU), namun tidak lagi memerankan karakter Tony Stark alias Iron Man. Robert Downey Jr akan memerankan tokoh Victor Von Doom alias Doctor Doom.

Doctor Doom adalah villain yang muncul dalam serial komik Fantastic Four. Doctor Doom yang diperankan Robert Downey Jr. akan muncul di film Avengers: Doomsday dan Avengers: Secret Wars.

Dalam acara Comic-Con, Kevin Feige selaku Presiden Marvel Studios juga mengonfirmasi dua film baru Avengers akan disutradarai Joe dan Anthony Russo. Siapa itu villain Doctor Doom, yang jadi peran baru Robert Downey Jr di Marvel?

Melansir berbagai sumber, Doctor Doom atau yang bernama asli Victor Von Doom adalah salah satu karakter villain yang erat dengan Fantastic Four. Ia dikenal memiliki kemampuan magis dan ilmu pengetahuan yang hebat, berbalut sifat megalomania dan misterius.

Doctor Doom pertama kali debut di komik Fantastic Four (1961) #5 karya Stan Lee dan Jack Kirby. Ia debut sudah dengan rencana jahat dengan menculik The Invisible Woman.

Berdasarkan berbagai cerita yang muncul, Victor Von Doom diketahui adalah anak laki-laki dari Cynthia dan Werner Von Doom. Werner dikenal memiliki kemampuan magis untuk menyembuhkan orang sakit.

Werner sempat dipanggil ke Kerajaan Latveria oleh Baron Vladimir Fortunov untuk menyembuhkan istrinya. Namun, Baroness itu sudah kepalang sakit parah dan terlambat untuk disembuhkan sehingga meninggal.

Baron yang marah kemudian menyalahkan Werner. Werner kemudian berusaha melarikan diri dan melindungi keluarganya, tetapi di tengah cuaca yang sangat dingin, Werner terbunuh.

Ditinggal suami, Cynthia terpaksa bersekutu dengan iblis Mephisto untuk mendapatkan kekuatan demi melindungi keluarga dan kelompoknya. Sayangnya, Cynthia tetap meninggal dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kekuatan Supranatural

Setelah ditinggal ibu dan ayahnya, Victor yang diwarisi kekuatan supranatural dan kepintaran dari orangtuanya memutuskan untuk menghabiskan waktu dengan ilmu pengetahuan. Victor mempelajari berbagai macam ilmu, baik tradisional maupun supernatural.

Pendalaman tersebut kemudian membawanya ke Amerika Serikat dan bertemu dengan Reed Richards. Di Amerika Serikat, Victor kerap bereksperimen dengan berbagai ilmu pengetahuan modern maupun sihir.

Hingga suatu kali, ia memergoki Reed Richards melihat rancangan percobaannya. Richards menilai perancangan percobaan transmutasi materi dan warp dimensional karya Victor tersebut perlu diperbaiki.

Namun Victor hanya merasa pria Amerika itu terlalu ikut campur dan berniat buruk kepadanya. Ketidaksukaan Victor kepada Richards semakin menjadi setelah Richards menuai popularitas sebagai Mister Fantastic dari Fantastic Four, sementara dirinya selalu gagal dalam percobaan.

Suatu kali, Victor mengalami kecelakaan di laboratorium saat sedang eksperimen. Frustrasi, ia kemudian memilih mengasingkan diri untuk mengumpulkan kekuatan.

Pada komik Books of Doom (2005), Victor kembali dengan wajah berlapis baja dan identitas baru sebagai Doctor Doom. Ia juga memiliki kekuatan super dan sukses menggulingkan Raja Fortunov di Latveria serta mendapatkan pengikut.

Bagi pengikutnya, Doctor Doom dianggap pemimpin yang memperhatikan rakyatnya dan menjaga Latveria tetap berjalan lancar. Namun sebagian rakyat lainnya menilai ia adalah raja yang jahat yang bersedia menukar setiap nyawa demi tujuannya sendiri.

Pengumuman karakter baru Robert Downey Jr sekaligus mengonfirmasi Avengers: Doomsday akan menggantikan Avengers: The Kang Dynasty. The Kang Dynasty tadinya akan menjadi film terbaru Avengers setelah era Endgame.

Namun, masa depan film itu sempat terhalang karena skandal pemeran Kang, Jonathan Majors. Jonathan Majors didakwa bersalah atas kasus pelecehan seksual. Marvel Studios pun langsung bergerak cepat dan memecatnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya