Simak, Isi Dasa Darma Pramuka dan Artinya

Isi Dasa Darma Pramuka mempunyai makna yang penting untuk dipahami dan dipraktikan oleh para anggota Pramuka. Berikut ini isi dan artinya.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 14 Agu 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi Pramuka
Ilustrasi Pramuka. (Photo Copyright by Freepik)

Liputan6.com, Bandung - Hari Pramuka merupakan perayaan yang dirayakan pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya. Peringatannya bertujuan agar masyarakat mengingat peran penting Pramuka dan manfaat baiknya untuk masyarakat.

Pramuka atau Praja Muda Karana menjadi organisasi yang memberikan tempat masyarakat mempelajari pendidikan kepramukaan atau kepanduan. Dalam gerakan Pramuka terdapat Dasa Darma Pramuka yang biasanya wajib untuk diketahui para anggotanya.

Melansir dari situs resmi Prov Jambi Dasa Darma Pramuka memiliki arti tersendiri yang terdiri dari dua kata yaitu “Dasa” berarti sepuluh dan “Darma” yang berarti perbuatan baik dan mulia.

Sehingga jika dilihat secara keseluruhan Dasa Darma Pramuka mempunyai arti “sepuluh tindakan baik dan mulia”. Para anggota Pramuka harus memahami Dasa Darma Pramuka dan diamalkan oleh mereka dalam aktivitasnya.

Para anggota Pramuka tentunya harus mengamalkan sepuluh sikap tersebut mulai dari tingkat penggalang hingga tingkat atas. Kemudian Dasa Darma Pramuka mencakup nilai-nilai moral yang menjadi dasar para anggotanya.

Selain itu, Dasa Darma Pramuka terbentuk dari ide dan gagasan beberapa orang yang digabungkan. Diketahui pembentukannya melibatkan perjuangan hingga proses yang panjang dari sejumlah tokohnya.

Bahkan, Dasa Darma Pramuka telah mengalami lima kali perubahan sejak awal dibentuk. Berikut ini adalah isi Dasa Darma Pramuka sekaligus arti yang terkandungnya sebagai sikap yang harus dipahami dan dipraktikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Isi Dasa Darma Pramuka dan Artinya

Ilustrasi pramuka
Ilustrasi pramuka. (Photo Copyright by Freepik)

1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Isi Dasa Darma Pramuka yang pertama mempunyai arti bahwa setiap anggota Pramuka harus memahami dan memegang teguh akan kebesaran dan kekuasaan Tuhan. Kemudian selalu berusaha untuk menjalankan hidup sesuai dengan petunjuk-Nya.

Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa juga melibatkan penghormatan dan pengakuan terhadap hak asasi manusia (HAM) dan toleransi kepada perbedaan agama serta kepercayaan lain.

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

Anggota Pramuka juga harus mengamalkan sikap cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Pasalnya alam dan manusia merupakan bagian dari lingkungan yang harus dipelihara dan dihormati.

Cara untuk mencintai alam dan kasih sayang sesama manusia dapat dilakukan dengan tindakan-tindakan positif untuk membantu sesama manusia dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Patriot yang sopan dan ksatria

Patriot yang sopan dan ksatria memiliki arti tentang bersifat seperti seorang pahlawan atau ksatria. Artinya para anggota Pramuka harus memperlihatkan sikap yang sopan dan baik sebagai warga negara.

Kemudian juga harus bersikap dan bertindak layaknya seorang pahlawan atau ksatria dalam menegakkan keadilan serta mempertahankan negaranya.

4. Patuh dan suka bermusyawarah

Arti isi Dasa Darma Pramuka yang keempat berarti bahwa anggota Pramuka harus taat dan suka berdiskusi atau bermusyawarah dalam setiap tindakannya. Mereka juga perlu untuk memahami dan menghormati hasil diskusi yang telah dilakukan dan menerapkannya.

Selain itu menerapkan sikap patuh dan suka bermusyawarah membantu dalam proses pembentukan karakter para anggota Pramuka menjadi lebih baik.


Berikutnya

Ilustrasi hari pramuka
Ilustrasi hari pramuka. (Photo Copyright by Freepik)

5. Rela menolong dan tabah

Rela menolong dan tabah merupakan sikap penting yang harus dimiliki para anggota Pramuka. Artinya ketika rela menolong para anggota bisa siap membantu sesama teman atau orang lain tanpa pamrih dan sukarela.

Sedangkan bersikap tabah memiliki arti agar anggota Pramuka memiliki keteguhan untuk tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan dan kesulitannya. Mereka juga harus mempunyai semangat yang kuat dan tidak mudah terpengaruh oleh kegagalan atau kesulitan dalam mencapai tujuannya.

6. Rajin, trampil, dan gembira

Menerapkan sikap rajin, trampil, dan gembira memiliki arti para anggota Pramuka bisa bekerja dengan baik dan menjalankan tugas-tugasnya dengan bersungguh-sungguh. Mereka juga terampil dalam menunjukkan kemampuan dan keterampilannya mengerjakan sesuatu dengan baik.

Sementara sikap gembira berarti para anggota Pramuka bisa memelihara suasana hati yang baik dan bahagia. Terutama untuk selalu membawa energi positif untuk segala aktivitas yang dilakukan.

7. Hemat, cermat, dan bersahaja

Bersikap hemat berarti para anggota Pramuka harus bisa menjaga dan menggunakan sumber daya mereka secara bijak. Sementara bersikap cermat membuat anggota harus bisa berhati-hati dan bijaksana dalam membuat keputusan dan bertindak.

Kemudian sikap bersahaja berarti bahwa para anggota Pramuka harus bersikap tidak sombong dan merasa rendah diri. Mereka juga harus mampu menerima kenyataan serta situasi dengan lapang dada.


Selanjutnya

Ilustrasi Hari Pramuka
Ilustrasi Hari Pramuka. (Photo Copyright by Freepik)

8. Disiplin, berani, dan setia

Menerapkan sikap disiplin, berani, dan setia berarti anggota Pramuka harus mempunyai sikap yang berpegang teguh pada tata tertib yang berlaku. Mereka juga harus berani dalam mengambil tindakan dengan tetap berpegang teguh pada prinsip yang diyakini.

Sementara sifat setia berarti untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab yang telah diterima. Seluruh sifat tersebut membantu para anggota Pramuka dalam membentuk karakter yang baik dan menjalankan tugasnya.

9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya

Bertanggungjawab dan dapat dipercaya merupakan sikap yang harus dimiliki para anggota Pramuka. Pasalnya kedua sikap ini berarti bahwa mereka bisa dipercaya untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Arti dari isi Dasa Darma Pramuka kesepuluh bermakna bahwa setiap anggota Pramuka harus memiliki sikap yang baik dan bersih dalam berpikir, berbicara, dan bertindak. Kemudian juga harus menjaga integritas serta martabat diri dengan memperlakukan orang lain dengan hormat serta tidak melakukan hal-hal yang merugikan orang lain atau lingkungan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya