Intip, 6 Tempat Trekking Seru di Bogor

Trekking merupakan salah satu aktivitas yang menarik untuk dilakukan terutama di hari libur. Berikut ini adalah enam rekomendasi tempat wisata alam menarik bisa untuk trekking.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 25 Agu 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi wisata trekking. (dok. unsplash/@orimi_picture)

Liputan6.com, Bandung - Trekking merupakan salah satu aktivitas yang populer dilakukan terutama pada hari libur. Pasalnya, dengan trekking seseorang bisa melakukan aktivitas berjalan kaki dengan melalui jalur alam yang mempesona.

Selain itu aktivitas trekking juga terkenal sangat bermanfaat baik untuk kesehatan fisik dan mental seseorang. Sehingga melakukan trekking di hari libur menjadi kegiatan yang menarik untuk berolahraga sambil menikmati keindahan alam.

Kemudian trekking juga dipercaya bisa membantu seseorang terhindar dari tekanan stres karena alam bisa menurunkan hormon stres yang ada dalam tubuh. Kemudian lokasi trekking di Indonesia saat ini sudah sangat beragam.

Terdapat jalur-jalur yang aman untuk dilalui pemula atau bahkan jalur yang menantang. Diketahui jalur trekking di alam sendiri bisa berbeda-beda lokasinya seperti misalnya menikmati jalur di pegunungan, hutan, atau bahkan bukit.

Jalur-jalur tersebut tentu membawa para pengunjungnya tidak hanya menikmati alam yang masih asri tetapi juga melatih otot-otot tubuh, meningkatkan stamina, hingga memperkuat kesehatan jantung dan paru-paru.

Sementara itu untuk kesehatan mental melakukan aktivitas trekking juga bermanfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan mood. Keindahan alam yang mempesona membawa orang-orang mendapatkan ketenangan yang menurunkan kecemasan.

Trekking di alam juga bisa mengajak para pengunjungnya menikmati hutan hijau yang rimbun hingga air terjun yang sejuk. Melalui artikel ini terdapat beberapa rekomendasi tempat trekking populer di Bogor yang menawarkan pemandangan alam mempesona.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


6 Tempat Trekking Seru di Bogor

gunung pancar
foto: flickr.com

1. Gunung Pancar

Gunung Pancar merupakan salah satu tempat trekking di alam yang cukup populer di Bogor. Pasalnya, tempat ini cocok dikunjungi oleh para pemula karena jalurnya yang mudah untuk diakses.

Melansir dari situs resmi Gunung Pancar para pengunjung bisa mendapatkan pengalaman berharga dengan menyusuri hutan pinus yang mempesona. Selain itu terdapat arahan dari guide jika membeli paket trekking di tempat tersebut.

Lokasi Gunung Pancar sendiri berada di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

2. Curug Hordeng

Curug Hordeng merupakan tempat wisata alam air terjun cantik yang menampilkan air terjun berbentuk lebar dengan aliran air jernih dan tenang. Air terjun ini memiliki area kolam yang berada di atas dan bawah.

Selain itu air yang ada di Curug Hordeng juga terkenal segar sehingga bisa mengobati rasa lelah ketika trekking ke tempat tersebut. Aktivitas trekkingnya juga bisa dilakukan secara berkelompok dengan menyewa paket trekking Curug Hordeng.

Diketahui Curug Hordeng berlokasi di Jl. Gunungwangun, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.


Selanjutnya

Bukit Alesano
Bukit Alesano menjadi tempat epik untuk menyaksikan pemandangan kota Bogor dengan latar belakang Gunung Gede Pangrango. Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com

3. Bukit Alesano

Bukit Alesano dikenal dengan pemandangan alam mempesona ketika berada di puncaknya. Tempat ini juga populer digunakan sebagai salah satu tempat trekking yang bisa diikuti oleh masyarakat.

Selain trekking para pengunjungnya juga bisa menikmati aktivitas alam seperti berkemah atau sekedar menikmati pemandangan alamnya dari ketinggian. Bukit ini juga populer dengan panorama kota Bogor terutama ketika waktu malam hari.

Lokasi Bukit Alesano berada di Cijeruk, Kec. Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan jam buka selama 24 jam.

4. Curug Kembar

Curug Kembar merupakan tempat wisata alam yang terkenal dengan pemandangan dua air terjun yang mempesona. Curug Kembar juga memiliki air yang segar dan pemandangan yang memanjakan mata.

Selain itu aktivitas trekking ke Curug Kembar terkenal dengan jalurnya yang unik yaitu jalur tanjakan yang berbatu. Sehingga selain trekking tempat ini juga populer sebagai lokasi untuk kegiatan hiking.

Curug Kembar berlokasi di Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur Jonggol, Bogor.


Berikutnya

[Reservasi] Curug Daerah Sentul 5
Kolam arus deras dekat Curug Ciburial (Dzulfikar/Liputan6.com)

5. Curug Ciburial

Curug Ciburial dikenal sebagai tempat wisata alam mempesona yang lokasinya cukup tersembunyi. Pasalnya tempat wisata ini berada di antara bebatuan besar dan pepohonan yang rindang.

Selain itu Curug Ciburial juga terkenal dengan air kolamnya yang jernih dan menyegarkan. Pemandangan di sekitarnya juga membawa para pengunjung dapat meraih ketenangan jiwa dan menggugurkan rasa lelah ketika trekking.

Lokasi Curug Ciburial berada di  Jl. Gunung Wangun Kampung Cibeureum, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

6. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo merupakan salah satu tempat yang populer untuk dijadikan tujuan hiking. Pasalnya air terjun ini memiliki pemandangan yang tidak biasa karena dikelilingi oleh batuan kapur.

Tempatnya juga terkenal dengan air yang jernih dan dekat dapat diakses cukup mudah dengan jalan setapak. Pengunjung juga bisa menikmati air segar tersebut dengan bermain air di tempatnya.

Lokasi Curug Leuwi Hejo berada di Jalan raya Jangelansentul, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya