KPUD Garut Kerahkan 150 Petugas Gabungan, Ini Rekayasa Lalu Lintas Saat Pendaftaran Pilkada Garut 2024

Berdasarkan informasi yang yang disampaikan pihak Liaison Officer (LO), rencannya pasangan Helmi Budiman-Yudi Nugraha Lasminingrat yang diusung PKS, PPP dan PSI, menjadi pendaftar pertama pilkada Garut 2024 hari ini.

oleh Jayadi Supriadin diperbarui 28 Agu 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 10:00 WIB
Ketua KPUD Garut Dian Hasanudin menyatakan seluruh tahapan pendaftaran para bakal calon Pilkada Garut 2024 mulai 27-29 Agustus 2024, telah dilakukan lembaganya dengan optimal. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Ketua KPUD Garut Dian Hasanudin menyatakan seluruh tahapan pendaftaran para bakal calon Pilkada Garut 2024 mulai 27-29 Agustus 2024, telah dilakukan lembaganya dengan optimal. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Garut - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Garut, Jawa Barat mengerahkan sekitar 150 aparat gabungan TNI-Polri dan Satpol PP, yang akan diterjunkan dalam pengamanan pendaftaran bakal calon Pilkada Garut 2024 yang akan dimulai.

“Belum dishub dan dinkes dengan menyiapkan ambulans khawatir ada hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk petugas damkar juga disiagakan. Alhamdulillah pak Sekda mengarahkan ke Dishub untuk mengarahkan rekayasa, termasuk koordinasi dengan kabagops terkait dengan persiapan mitigasi lalu lalu-lintas,” ujar Ketua KPUD Garut Dian Hasanudin, Senin (26/8/2024).

Menurutnya, rencana pelaksanaan pendaftaran bakal calon Pilkada Garut 2024 yang akan dilangsungkan mulai hari ini hingga lusa (27-29 Agustus 2024) sudah dipersiapkan dengan matang, termasuk berkoordinasi dengan semua pihak.

Dalam pelaksanaanya, KPUD Garut telah menyiapkan tiga kantong lokasi parkir yang diperuntukan bagi para pendukung yang akan mengiri para bakal calon.

“Jadi para bakal calon nanti turun di depan kantor KPU, kemudian mobil dan antrian kendaraan diarahkan di lokasi parkir yang telah kita siapkan,” kata dia.

Dengan upaya itu, Dian memastikan seluruh area depan kantor KPUD Garut yang berada di jalan Suherman, Kecamatan Tarogong Kaler tersebut, clear dari antrian dan penumpukan kendaraan bakal calon dan tim pendukungnya.

“Alhamdulillah pak Kabag Ops juga sudah melaksanakan mitigasi rekayasa lalu lintas, baik itu sebelum datang ke KPU maupun pasca pendaftaran,” kata dia.

Berdasarkan informasi yang yang disampaikan pihak Liaison Officer (LO) yang disampaikan para bakal calon, rencannya pasangan Helmi Budiman-Yudi Nugraha Lasminingrat yang diusung PKS, PPP dan PSI, akan menjadi pendaftar pertama pilkada Garut 2024 hari ini.

“Pasangan dokter Helmi dan pak Haji Yudi akan hadir di KPU jam 1 siang (13. 00 WIB),” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Siapkan Tiga Kantong Parkir

Kantor KPUD Garut jalan Suherman, Tarogong Kaler yang akan digunakan sebagai tempat pendaftaran bakal calon Pilkada Garut 2024. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Kantor KPUD Garut jalan Suherman, Tarogong Kaler yang akan digunakan sebagai tempat pendaftaran bakal calon Pilkada Garut 2024. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Untuk menghindari penumpukan pengantar bakal calon, petugas KPUD Garut hanya mempersilahkan sekitar 50 pendukung yang berhak memasuki area pendaftaran, selebihnya mereka menempati area halaman Aula KPUD Garut.

“Masyarakat juga bisa menyaksikan lewat live streaming di kanal youtube kita mudah-mudahan masyarakat pun bisa menyaksikan proses pendaftraan bakal calon di KPU Garut,” kata dia.

Sementara pasangan koalisi gemuk Abdusy Syakur Amin- Lutfianisa Putri Karlina, yang didukung partai Gerindra, Golkar, PKB, Nasdem, PAN dan Demokrat, akan mendaftar esok siang hari pada jam yang sama.

“Mereka hadir di KPU tanggal 28, awalnya jam 2 (14.00 WIB) namun ada revisi ada deklarasi paginya setelah itu baru ke KPU,” kata dia.

Dia menyatakan hingga kini baru dua pasang calon yang telah berkoordinasi mengenai rencana pendaftaran bakal calon pilkada Garut 2024. “Sampai saat ini belum ada lagi yang berkoordinasi,” kata dia

Dengan sejumlah persiapan yang telah dilakukan, Dian berharap seluruh proses pendaftaran bakal calon pasangan pilkada Garut 2024 berlangsung lancar dan aman.

“Mudah-mudahan semua pihak bisa menyaksikan dan ada antusiasme masyarakat untuk melaksanakan pemilihan di 2024 ini,” pinta dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya