Diskusi Future AI Summit 2024, Kupas Tuntas Hubungan Antara Kecerdasan Buatan dan Keamanan Siber

Dalam diskusi yang mendalam tersebut, Ivan tidak hanya membahas potensi AI dalam dunia modern, tetapi juga mengingatkan akan risiko-risiko yang tak bisa diabaikan.

oleh Tim Regional diperbarui 28 Agu 2024, 19:44 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 12:17 WIB
Keamanan siber
Diskusi panel bertema "Artificial Intelligence and Cybersecurity: Two Sides of the Same Coin" pada acara Future AI Summit & Awards 2024. (Foto: Dok.)

Liputan6.com, Jakarta - Director of Information Technology Credit Bureau Indonesia, Ivan Irawan tampil sebagai salah satu pembicara dalam diskusi panel bertema "Artificial Intelligence and Cybersecurity: Two Sides of the Same Coin" pada acara bergengsi Future AI Summit & Awards 2024 yang digelar di JW Marriott Hotel Jakarta pada 22 Agustus lalu.

Bersama para pakar lainnya, seperti Indra S. Adillah, Head of ICT PT. Indonesia AirAsia, dan Yusfiannur LNU, IT Infrastructure & Security Specialist Medco Exploration and Production Indonesia, Irawan mengupas tuntas hubungan erat antara kecerdasan buatan (AI) dan keamanan siber.

Dalam diskusi yang mendalam tersebut, Ivan tidak hanya membahas potensi AI dalam dunia modern, tetapi juga mengingatkan akan risiko-risiko yang tak bisa diabaikan.

"Implementasi AI tidak selalu merupakan cerita indah. AI memiliki risikonya sendiri, mulai dari kemungkinan bias, model yang dilatih dengan data hasil rekayasa (model poisoning), hingga potensi pelanggaran privasi data," jelasnya.

"Penegakan etika dalam pengembangan AI adalah hal yang wajib dilakukan, selain selalu memastikan bahwa AI adalah sistem yang dapat dijelaskan, transparan, dapat diaudit, dan tetap di bawah pengawasan manusia. AI ini seperti dua sisi koin mata uang, di satu sisi dapat menjadi hal yang bermanfaat bagi umat manusia, di sisi lain dapat pula digunakan untuk membantu kejahatan,” ujar Ivan menambahkan.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang diskusi, tetapi juga penghargaan bagi inovasi di bidang AI. Credit Bureau Indonesia berhasil membawa pulang AI Impact Award dalam kategori Customer Service Operation. Penghargaan ini menjadi bukti nyata komitmen perusahaan dalam menerapkan teknologi AI untuk meningkatkan layanan pelanggan.

"Penghargaan ini mencerminkan dedikasi kami dalam memanfaatkan teknologi AI secara bertanggung jawab dan inovatif untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan kami," ujar Ivan usai menerima penghargaan tersebut.

"Kami percaya bahwa integrasi AI yang etis dan efektif akan menjadi kunci untuk menciptakan nilai yang berkelanjutan dan mendukung perkembangan industri secara keseluruhan," kata dia menambahkan.

Future AI Summit & Awards 2024 - Indonesia merupakan ajang penting yang mempertemukan para pemimpin industri, pakar teknologi, dan inovator untuk membahas perkembangan terkini mengenai AI (artificial intelligence) dan dampaknya terhadap berbagai sektor. Acara ini juga menjadi platform untuk mengakui pencapaian luar biasa di bidang AI, seperti yang diraih oleh Credit Bureau Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya