Rayakan 30 Tahun Album Debut, Oasis Rilis Definitely Maybe dalam Spatial Audio dengan Dolby Atmos

Melalui versi tersebut, Oasis ingin memberikan pengalaman baru untuk para pendengarnya. Mereka akan mengetahui bagaimana campuran tersebut diadaptasi dengan cermat untuk audio spasial oleh produser pemenang penghargaan Grammy Ryan Hewitt.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 30 Agu 2024, 21:05 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 20:47 WIB
OASIS
Ilustrasi Oasis Band. (Istimewa)

Liputan6.com, Yogyakarta - Album debut Oasis Definitely Maybe dirilis pada 1994. Untuk merayakan 30 tahun album debut tersebut, Oasis merilis Definitely Maybe dalam spatial audio dengan dolby atmos di Apple Music.

"Dengarkan ‘Matt Wilkinson presents 'Definitely Maybe Special'' di Apple Music 1’ untuk mendengarkan campuran audio spasial baru," tulis Oasis.

Melalui versi tersebut, Oasis ingin memberikan pengalaman baru untuk para pendengarnya. Mereka akan mengetahui bagaimana campuran tersebut diadaptasi dengan cermat untuk audio spasial oleh produser pemenang penghargaan Grammy Ryan Hewitt.

Mengutip dari beberapa sumber, spatial audio dan dolby atmos merupakan teknologi audio imersif. Kombinasi keduanya merupakan kemajuan terbesar yang pernah ada dalam kualitas suara, seperti yang dikatakan Oliver Schusser, wakil presiden Apple untuk Apple Music dan Beats.

Spatial audio adalah teknologi suara imersif dari Apple yang menggunakan berbagai sensor, khususnya akselerometer dan giroskop. Teknologi ini dapat bekerja di AirPods Pro Apple generasi pertama dan kedua atau Airpods Max.

Teknologi ini menciptakan ruang virtual berdasarkan posisi kepala pendengar dan perangkat yang mereka gunakan untuk mendengarkan, sehingga terdengar seperti audio yang keluar dari perangkat tersebut. Misalnya, jika pendengar menggunakan iPhone dan AirPods Pro kemudian menoleh ke kanan, maka suara akan menjadi lebih menonjol di telinga kiri karena lebih dekat dengan layar iPhone. Spatial audio membutuhkan perangkat pendukung dan aplikasi atau layanan tertentu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fitur untuk Soundbar

Sementara itu, dolby atmos merupakan salah satu fitur yang paling dicari untuk soundbar atau sistem home theater baru. Teknologi audio imersif ini menciptakan channel tinggi dan samping virtual yang memanimulasi telinga pendengar dengan berpikir bahwa suara datang dari sekitarnya. Teknologi ini membuat pendengar seolah sedang berada di film atau konser.

Spatial audio dapat berfungsi tanpa dolby atmos. Namun, spatial audio berfungsi paling baik dengan dolby atmos.

Singkatnya, solby atmos menciptakan efek seolah menonton film di bioskop atau mendengarkan musik di konser langsung. Sementara spatial audio menambahkan lapisan lainnya yang membuat pendengarnya merasa seperti berada di film atau seolah bergerak di konser.

Sebagai informasi, Definitely Maybe merupakan album studio debut dari band britpop asal Inggris, Oasis. Album ini dirilis oleh Creation Records.

Album ini menampilkan Noel Gallagher pada lead guitar, backing vocal, dan penulis lagu utama. Selain itu, ada Liam Gallagher sebagai lead vocal, Paul 'Bonehead' Arthurs pada rhythm guitar, Paul 'Guigsy' McGuigan pada bass guitar, dan Tony McCaroll pada drum.

Selain merilis versi spesial 30 tahun Definitely Maybe, Oasis juga mempersiapkan tur reuni pada 2025. Ini menjadi gebrakan baru yang sebelumnya hampir tak mungkin terjadi sejak perang saudata antara Noel dan Liam selama 15 tahun lamanya.

 

Penulis: Resla

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya