7 Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Beberapa di antaranya memiliki trek yang cukup mudah, sehingga cocok bagi para pemula yang baru ingin memulai mendaki.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 12 Okt 2024, 03:00 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2024, 03:00 WIB
Taklukan Gunung Prau, Yura Yunita, Luna Maya, Marianne Rumantir, dan Della Dartyan Tampil Kece dalam Busana Outdoor
Bahkan Yura Yunita hingga Della Dartyan kompak pakai topi dan bandana yang lengkapi busana outdoor [@yurayunita]

Liputan6.com, Yogyakarta - Mendaki gunung menjadi salah satu aktivitas menantang sekaligus menyenangkan. Terdapat beberapa gunung di Indonesia yang menjadi incaran pendaki.

Beberapa di antaranya memiliki trek yang cukup mudah, sehingga cocok bagi para pemula yang baru ingin memulai mendaki. Mengutip dari indonesia.go.id, berikut 7 gunung di Indonesia yang cocok untuk pendaki pemula:

1. Gunung Prau

Gunung Prau terletak ada di kawasan Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dengan ketinggian sekitar 2.565 mdpl, gunung ini memiliki jalur pendakian yang relatif mudah.

Gunung Prau menawarkan indahnya siluet Gunung Sindoro yang bisa dilihat dari kejauhan. Terdapat beberapa titik pendakian, di antaranya Patak Banteng, Dieng, Kalilembu, Wates, dan Igirmranak.

2. Gunung Pancar

Gunung Pancar berlokasi tak jauh dari pusat kota Jakarta, tepatnya di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian tak lebih dari 800 mdpl.

Gunung Pancar sangat cocok dijelajahi oleh para pemula yang belum pernah mendaki gunung. Adapun vegetasi alam Gunung Pancar didominasi oleh rimbunan pohon tusam.
Terdapat sumber air panas di Gunung Pancar yang dijadikan lokasi pemandian umum. Kawasan ini juga memiliki lapangan kemah (camping ground) serta arena bersepeda.

 

Gunung Papandayan

3. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan berlokasi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.665 mdpl.

Rute pendakian yang melandai membuat gunung ini cocok bagi para pendaki pemula. Terdapat beberapa kawah aktif di kawasan Gunung Papandayan, seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk.

Pendaki akan menemukan Blok Pondok Saladah, sebuah kawasan padang rumput dengan luas mencapai 8 hektare. Selain itu, kerap ditemui hutan tanaman khas gunung, edelweis.

4. Gunung Kencana

Gunung Kencana terletak di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Gunung ini memiliki ketinggiannya sekitar 1.803 mdpl.

Gunung Kencana dan Gunung Pancar adalah bagian dari Pegunungan Jonggol yang menghadap langsung ke Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Vegetasi alamnya cukup lengkap dengan koleksi flora berupa rotan, kiara, tepus, babanjaran, nampong, kaliandra, dan aneka perdu lainnya.

 

Gunung Ijen

5. Gunung Ijen

Gunung Ijen terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Gunung yang memiliki ketinggian 2.769 mdpl ini terkenal dengan fenomena api biru.

Jalur pendakian Gunung Ijen sudah cukup tertata dan aman. Pendaki bisa menyaksikan keindahan danau kawah berwarna hijau toska di puncaknya.

6. Gunung Bromo

Gunung Bromo menjadi salah satu gunung favorit bagi para pendaki pemula. Gunung yang memiliki kawah aktif dengan jalur pendakian menanjak ini memiliki ketinggian mencapai 2.329 mdpl.

Gunung Bromo berada di empat kabupaten, yakni Lumajang, Probolinggo, Malang, dan Pasuruan. Gunung Bromo juga merupakan gunung api aktif yang terakhir kali meletus pada 19 Juli 2019.

7. Gunung Andong

Gunung Andong berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung dengan ketinggian 1.726 mdpl ini memiliki medan pendakian yang beragam.

Gunung ini lokasinya berdekatan dengan Gunung Telomoyo. Terdapat tiga jalur yang bisa ditempuh, yaitu rute selatan (Yogyakarta, Ketep Magelang, dan Purworejo), rute utara Magelang (Semarang, Salatiga, Ungaran, Boyolali dan Solo), serta rute barat (Grabag, Wonosobo, Secang, Temanggung, dan Parakan).

 

Penulis: Resla

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya