Resep Mudah Membuat Lontong Medan, Berikut Bedanya dengan Sajian Lontong Lain

Lontong Medan menjadi salah satu sajian nikmat yang wajib dicoba ketika mengunjungi kotanya. Namun, jika tidak sempat lontong medan juga bisa dibuat dengan resep berikut.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 16 Okt 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2024, 07:00 WIB
Berburu 7 Kuliner Halal di Medan untuk Berbuka Puasa
Lontong Bang Iwan (zahramanda.blogspot.co.id)

Liputan6.com, Bandung - Indonesia memiliki banyak makanan tradisional khas di setiap daerahnya yang menjadi daya tarik banyak orang untuk mencicipi kuliner. Salah satu makanan yang menarik untuk dicoba adalah Lontong Medan yang dikenal sebagai kuliner khas dari Sumatera Utara, khususnya kota Medan.

Makanan ini menjadi sajian makanan yang terkenal dengan cita rasanya yang kaya dan lezat. Lontong Medan terdiri dari lontong yang terbuat dari beras yang dimasak dalam daun pisang kemudian disajikan dengan aneka lauk pauk.

Diketahui lontong medan biasanya disajikan bersama lauk pauk seperti sayur lodeh, sambal teri kacang, tauco, rendang, hingga telur balado. Setiap bahan tersebut berpadu menciptakan kombinasi rasa gurih dan kaya rempah.

Lontong medan juga menjadi salah satu hidangan yang digemari banyak orang di Indonesia. Pasalnya makanan ini memiliki keunikan dalam menggabungkan berbagai elemen rasa dalam satu hidangan.

Makanan ini juga biasanya disajikan dengan sambal teri pedas sehingga memberikan variasi rasa yang seimbang. Kombinasi bahannya yang beragam juga nikmat disantap kapan saja baik sebagai sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Kemudian terlepas dari rasanya yang nikmat satu porsi lontong medan juga disukai banyak orang karena bisa menjadi makanan yang menambah energi baik untuk tubuh. Diketahui lontong medan memiliki sajian karbohidrat hingga protein yang membuatnya bergizi.

Membuat lontong medan juga bisa dilakukan dengan mudah melalui resep memasak seperti berikut ini.

Resep Mudah Membuat Lontong Medan

[Bintang] Kios Ayah Bella Shofie
Lontong Medan Nasution menjadi dagangan orang tua Bella Shofie. Kuah kental dengan berbagai lauk pelengkap yang disajikan dalam piring cukup menggiurkan bagi orang-orang yang melihatnya. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Bahan-bahan utama:

  • 300 gram beras (untuk membuat lontong)
  • 2 liter air (untuk merebus)
  • Daun pisang (untuk membungkus lontong)
  • 300 ml santan kental
  • 200 gram daging sapi atau ayam (sesuai selera)
  • 100 gram tauco Medan
  • 100 gram kacang panjang
  • 100 gram kentang potong dadu dan goreng
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • Bawang goreng untuk taburan

Bahan Bumbu halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit bakar
  • 3 butir kemiri
  • Garam dan gula secukupnya

Cara membuat Lontong Medan

Sepiring lontong medan dengan tauco
Sepiring lontong medan dengan tauco. (Liputan6.com/IG/dapurmommyjames)

1. Pertama membuat lontong dengan mencuci beras dan bungkus dengan daun pisang membentuk silinder.

2. Rebus dalam air mendidih selama 2-3 jam hingga lontong matang sempurna lalu tiriskan.

3. Selanjutnya buat kuah sayur dengan memanaskan minyak untuk tumis bumbu halus bersama serai, daun salam, dan lengkuas hingga harum.

4. Kemudian masukkan santan dan biarkan mendidih sambil diaduk-aduk.

5. Tambahkan bahan pelengkap mulai dari daging, kacang panjang, dan kentang goreng lalu masak hingga semua bahan matang.

6. Setelah kuah lontong matang, iris lontong yang sudah jadi ke dalam piring

7. Tambahkan sajian lauk pauk khas lontong medan dan pastikan untuk menambahkan tauco Medan.

8. Taburi bawang goreng di atasnya dan sajikan hangat.

Perbedaan Lontong Medan dan Lontong Lainnya

[Bintang] Warung Lontong Medan Ayah Bella Shofie
Warung Lontong Medan Ayah Bella Shofie (Nurwahyunan/bintang.com)

Melansir dari beberapa sumber lontong medan menjadi sajian kuliner yang tentu sedikit berbeda dari menu lontong lainnya. Pasalnya makanan ini dikenal dengan cita rasa yang kaya dan beraga..

Lontong medan juga disajikan bersama lauk pauk menarik lain seperti bihun goreng, teri balado, telur rebus, hingga sambal tempe. Kuahnya sendiri dikenal dengan santan kental penuh rasa gurih dan nikmat.

Kombinasi antara kuah dan lauk pauknya menjadikan menu makanan ini kaya akan rasa dan nikmat untuk disantap. Adapun salah satu ciri khas dari sajian ini adalah penggunaan tauco medan yang gurih dan harum.

Sebagai informasi, tauco medan merupakan sajian tauco khas karena memiliki rasa yang unik dan berbeda dari tauco lainnya. Tauco yang digunakan juga bukan tauco biasa melainkan sambal tauco khas medan yang memiliki rasa pedas, gurih, dan sedikit asam.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya