Selamat Ultah ke-85, Lata Mangeshkar

Lata Mangeshkar pengisi suara dari banyak lagu yang dinyanyikan aktris-aktris Bollywood sepanjang enam dekade lebih.

oleh Ade Irwansyah diperbarui 28 Sep 2014, 23:00 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2014, 23:00 WIB
Selamat Ultah ke-85, Lata Mangeshkar
Lata Mangeshkar pengisi suara dari banyak lagu yang dinyanyikan aktris-aktris Bollywood sepanjang enam dekade lebih.

Liputan6.com, Mumbai Jika Anda penggemar sejati film Bollywood pasti mengenal nama ini: Lata Mangeshkar. Dia adalah pengisi suara dari banyak lagu yang dinyanyikan aktris-aktris Bollywood sepanjang enam dekade lebih!

Hari ini, Minggu (28/9/2014) Lata Mangeshkar berulang tahun ke-85. Lata lahir 28 September 1929, paling tua dan memiliki empat adik, Asha, Usha, Meena, dan Hridaynath. Dicatat BollywoodLife, Minggu, Lata menjadi tulang punggung keluarga sejak usia 13 tahun usai ayahnya meninggal. Sedini itu pula ia mengawali karier sebagai penyanyi di film India berbahasa Marathi, Kiti Hasaal (1942).

Lata Mangeshkar kemudian pindah dari Nagpur ke Mumbai pada usia 16 tahun untuk mendalami lagu klasik India berbahasa Hindi dari Ustad Amanat Ali Khan. Dari situ perjalanan panjangnya di industri film Bollywood dimulai.

Suara Lata Mangeshkar punya ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan para penyanyi legendaris terdahulu, seperti Mukesh dan Manna Dey. Ia punya pasangan duet nyanyi legendaris, Mohammed Rafi. Bersama mereka sudah menyanyi ratusan lagu di berbagai film Bollywood. Namun, pasangan ini sempat pecah kongsi dan selama tiga tahun mereka tak mau dipasangkan.

Selama enam dekade berkarier di Bollywood, Lata Mangeshkar sudah menyanyi untuk begitu banyak aktris papan atas Bollywood berbagai generasi, mulai dari Madhubala ke Meena Kumari dan Madhuri Dixit ke Kareena Kapoor. Selamat ulang tahun, sang legenda hidup Bollywood. (Ade)

Lata Mangeshkar menyanyi Kabhi Khushi Kabhi Gham:

 


 

 

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya