FFI 2014 Piala Citra Kembali ke Bentuk Semula

FFI 2014 akan berlangsung pada 6 Desember di Palembang, Sumatera Selatan.

oleh Hernowo Anggie diperbarui 17 Okt 2014, 15:50 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2014, 15:50 WIB
Piala FFI 2014 kembali ke bentuk semula
Piala FFI 2014 kembali ke bentuk semula

Liputan6.com, Jakarta Piala Citra, lambang supremasi tertinggi perfilman Indonesia, sempat mengalami perubahan bentuk sejak Festival Film Indonesia (FFI) digelar di tahun 2008. Padahal, sebelumnya, desain piala tersebut menggunakan konsep rancangan seniman pematung Sidharta.

Dalam penyelenggaraan FFI 2014 yang akan berlangsung pada 6 Desember di Palembang, Sumatera Selatan, panitia pelaksana FFI memutuskan untuk mengembalikan bentuk Piala Citra seperti semula.

"Atas permintaan banyak insan perfilman, akhirnya Piala Citra kami kembalikan ke bentuk semula. Piala Citra juga dimodifikasi ulang oleh seniman Dolorosa Sinaga," ucap Kemala Atmojo, selaku Ketua Pelaksana FFI 2014, di JS Luwansa Hotel, Jakarta Selatan, Jumat (17/10/2014).

Kemala mengatakan kalau konsep acara FFI 2014 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Mengusung tema `Bangga Film Indonesia`, ia bertekad untuk mengembalikan kejayaan perhelatan film nasional.

"Dengan semangat perubahan dan mengembalikan marwah Piala Citra sesuai bentuknya semula jelas akan merubah konsep acara FFI. Dan tahun ini, penyelenggaraan FFI akan lebih semarak karena diramaikan oleh banyak aktor dan aktris," janji Kemala.

Selain bentuk Piala Citra yang kembali pada format awal, FFI 2014 juga melakukan perubahan terhadap proses penjurian, khususnya pada film layar lebar.

"Tahun ini, sistem penjurian film bioskop melibatkan sebanyak mungkin insan film dan nonfilm untuk menjadi Dewan Juri. Total Dewan Juri film bioskop berjumlah 100 orang. Sedangkan untuk film pendek, animasi, film televisi dan film dokumenter masing-masing berjumlah lima orang," jabar Kemala Atmojo.(Gie/Mer)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya