Turah Parthayana, Vloger Indonesia yang Dapat Beasiswa Belajar di Rusia

Turah Parthayana yang kini sudah menetap di Jakarta berkesempatan hadir di Pusat Kebudayaan Rusia.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 12 Agu 2018, 09:12 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2018, 09:12 WIB
Turah Parthayana
Turah Parthayana. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Menjelajahi dunia vlog di channel Youtube, terselip seorang pemuda asal Denpasar, Bali, yang jauh-jauh sekolah di universitas ternama di sebuah Kota kecil di Tomsk, Rusia. Ia adalah Turah Parthayana, pemuda kurus tinggi yang banyak memberikan informasi pendidikan serta kehidupannya di Tomsk yang memiliki suhu dingin ekstrim hingga minus 37 derajat celcius.

Pada Sabtu (11/8/2018), Turah Parthayana yang kini sudah menetap di Jakarta, berkesempatan hadir di Pusat Kebudayaan Rusia, Menteng, Jakarta. Ia menjadi seorang influencer bagi anak-anak remaja yang ingin melanjutkannya sekolahnya ke Rusia. Turah berbagi pengalamannya selama bersekolah dan menetap di Tomsk Rusia. 

Turah Parthayana yang merupakan bungsu dari empat bersaudara ini, menjalani dua proses hingga dirinya bisa bersekolah di universitas di Tomsk, Rusia. Pertama, melalui sebuah agensi pendidikan untuk dapat bersekolah di Rusia, dan yang kedua melalui proses beasiswa yang didapatkannya dari Pusat Kebudayaan Rusia melalui Program Khusus Pendidikan.

Biasanya, program beasiswa sekolah di Rusia di peruntukkan bagi orang Indonesia yang ada di Indonesia. Turah merupakan orang Indonesia yang telah berada di Rusia untuk bersekolah. Beasiswa yang diperolehnya berlangsung selama lima tahun. Satu Tahun untuk belajar Bahasa Rusia, sedangkan empat tahun sisanya untuk menjalani beasiswa belajar di Rusia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kehidupan Masyarakat Rusia

Turah Parthayana
Turah Parthayana. (Istimewa)

Pengalaman unik Turah selama proses belajar dan memasuki kehidupan di Kota Tomsk Rusia, dibagikannya melalui tayangan-tayangan vlog-nya yang menjadi awal dikenalnya Turah beserta kisah kehidupan dan budaya masyarakat Rusia, khususnya kota Tomsk, ke seluruh Indonesia dan sejumlah negara berbahasa Melayu lainnya.

Turah Parthayana sebelumnya membuat vlog-nya di Tomsk Rusia bersama Parus Story. Kini, ia sudah memproduksi dengan namanya sendiri, 'Turah Parthayana'. Meski baru setahun belakangan berlangsung dengan nama Turah Parthayana, namun ia sudah menghasilkan 47 vlog dengan 256 ribu subscriber.

Namun jangan ditanya jumlah penonton vlog-nya, karena sudah menembus  hingga 3 juta kali ditonton. Sebut saja vlog "The Life Russian in Apartement", atau yang 2,5 juta kali ditonton seperti pada vlog "Cuaca Dingin Ekstrem di Tomsk Russia -37 Derajat".

Terdapat juga vlog "Boy and Girls in Rusia" yang sudah 1,3 juta kali ditonton, "Jawaban Cewek Russia untuk Anak Indonesia" yang ditonton 1,1 juta kali, atau vlog "Belajar Bahasa Rusia Langsung sama Orangnya" sebanyak 854 ribu kali ditonton, dan masih banyak lagi.

 


Merasa Beruntung

Turah Parthayana
Turah Parthayana. (Istimewa)

"Saya merasa beruntung bisa mendapatkan kesempatan untuk bersekolah di sebuah universitas terkenal di kota Tomsk, Rusia, baik melalui jalur agensi maupun melalui jalur Program Beasiswa," ujar Turah Parthayana kepada para pewarta.

Bahkan, Turah yang bercita-cita menjadi seorang sineas ini juga merasa beruntung karena dari hasil vlog-nya itu sudah dapat memenuhi kebutuhan hidupnya selama berada di Kota Tomsk.

Bahkan seraya berseloroh, Turah menceritakan bahwa ayahandanya justru kini lebih sering bertanya soal vlognya daripada urusan sekolahnya.

"Bisa dibilang, ayah saya adalah fans terberat saya saat ini," ia berkelakar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya