Jejak Vicky Zhao di Internet Dihapus Pemerintah China Secara Misterius

Karena tak ada kejelasan, alhasil lahir sejumlah teori mengenai dihapusnya konten Vicky Zhao.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 02 Sep 2021, 12:30 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2021, 12:30 WIB
Vicky Zhao, atau Vicki Zhao, alias Zhao Wei, untuk Château Monlot. (Instagram/ vicki_zhaowei)
Karena tak ada kejelasan, alhasil lahir sejumlah teori mengenai dihapusnya konten Vicky Zhao. (Instagram/ vicki_zhaowei)

Liputan6.com, Beijing - Situasi yang tengah dihadapi aktris Vicky Zhao atau Vicki ZHao kini tengah menyedot perhatian publik. Dilansir dari The Hollywood Reporter pada Kamis (2/9/2021), seluruh konten tentang wanita 45 tahun ini dihapus dari sejumlah platform di China sejak pekan lalu.

Kontennya di Weibo dihapus, namanya dihilangkan dari credit film dan acara TV. Konten video yang menampilkannya, termasuk film hingga obrolan di tayangan TV dihapus dari platform streaming raksasa seperti Tencent Video dan iQiyi.

Diwartakan Global Times, warganet di Negeri Tirai Bambu ramai membahas soal topik ini selama minggu kemarin, hingga menjadi trending topic di Weibo.  

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perintah dari Regulator

Vicky Zhao
Seluruh konten Vicky Zhao dihapus oleh pemerintah Tiongkok (Foto: Instagram/@vicki_zhaowei)

Media yang berbasis di Hubei yakni Jimu News, menyebutkan bahwa sejumlah platform streaming video mengonfirmasi penghapusan konten terkait Vicky Zhao.

Fortune melaporkan bahwa penghapusan ini adalah perintah dari Badan Administrasi Radio dan Pertelevisian Nasional, regulator untuk industri hiburan. Namun pemerintah China tak memberikan alasan di balik langkah ini.


Muncul Spekulasi

Vicky Zhao, atau Vicki Zhao, alias Zhao Wei (Instagram/ vicki_zhaowei)
Vicky Zhao, atau Vicki Zhao, alias Zhao Wei (Instagram/ vicki_zhaowei)

Karena tak ada kejelasan, alhasil lahir sejumlah teori mengenai hal ini. Salah satunya terkait skandal Vicky Zhao dan suaminya, Huang Youlong, terkait saham Alibaba.

Pada 2014, pasangan ini membeli saham Alibaba Pictures senilai US$ 400 juta yang membuat mereka menjadi pemegang saham terbesar kedua  di perusahaan ini. Namun tahun 2017, ia dan suami dinilai memberi informasi menyesatkan menjelang pengambilalihan perusahaan. Alhasil, keduanya dilarang melakukan perdagangan saham selama lima tahun.

Ada pula yang menghubungkannya dengan Sekretaris Partai Hangzhou, Zhou Jianyong, yang baru-baru ini ditangkap karena kasus korupsi.


Jegal Budaya Fans

Spekulasi lain, penghapusan kontan tentang Vicky Zhao terkait dengan upaya pemerintah China untuk melawan budaya "pemujaan" fans terhadap selebritas. 

Juni lalu, Badan Administrasi Siber CHina mengumumkan akan melawan fan klub selebritas yang dinilai berantakan. Alasannya, hal ini dinilai berbahaya untuk anak-anak dan bisa menjadi sumber perundungan siber. 

 


Aktris Kondang

Vicky Zhao adalah salah satu bintang Mandarin kondang, dan telah membintangi banyak film dan drama sukses. Di Indonesia, ia paling dikenal lewat peran Putri Huan Zhu. Selain itu, ia juga muncul dalam film Mulan: Rise of a Warrior, Red Cliff, hingga Shaolin Soccer. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya