Fakta Menarik Film Mandarin Shanghai Grand, Kisah Permusuhan Gangster Hanya Karena Cinta

Film Shanghai Grand kembali mempertemukan Andy Lau dan Leslie Cheung. Kisahnya mengikuti dua orang gangster yang bertengkar hanya karena jatuh cinta pada wanita yang sama. Simak fakta menariknya di sini.

oleh Isyhari Maheswar diperbarui 22 Agu 2022, 16:40 WIB
Diterbitkan 22 Agu 2022, 16:40 WIB
Fakta Menarik Film Shanghai Grand
Film Shanghai Grand dirilis pada 1996. (Dok. Vidio)

Liputan6.com, Jakarta - Siapa bilang film mandarin hanya menyajikan drama teatrikal dibungkus dengan kisah kerajaan saja? Buktinya, masih banyak film aksi bak film Hollywood yang juga sukses di pasaran. Salah satunya adalah Shanghai Grand.

Film Shanghai Grand digarap oleh Man Kit Poon dan dirilis pada 13 Juli 1996 silam. Seperti biasa, era 90-an menjadi masa emas untuk aktor Andy Lau. Dirinya pun didapuk untuk memainkan tokoh utama Ding Lik dengan beradu akting bersama Leslie Cheung yang berperan sebagai Hui Man Keung. 

Kisah film aksi Mandarin Shanghai Grand menceritakan tentang mata-mata asal Taiwan bernama Hui Man Keung yang sedang mencoba melarikan diri dari kejaran pihak berwajib. Pelarian itu mempertemukan dirinya dengan Ding Lik. Karena sudah terkenal sebagai sosok kriminal, nama mereka pun dipuji-puji dan disegani di dunia kejahatan.

Sayang, kebersamaan tersebut sirna saat keduanya jatuh cinta kepada orang yang sama. Alur cerita yang tak biasa ini pun menjadi daya tarik untuk film yang berdurasi selama 1 jam 36 menit. Lalu, ada fakta menarik apa lagi dari film Shanghai Grand ini? Simak di bawah ini.


Masuk Nominasi Hong Kong Film Awards

Meskipun tidak berhasil memenangkan satu penghargaan, film Shanghai Grand berhasil masuk ke dalam lima nominasi dari acara penghargaan film bergengsi di Hong Kong. Nominasi yang didapatkan ditujukan untuk para kru di balik layar.

Melansir dari situs IMDb, Shanghai Grand berhasil mendapatkan lima nominasi dalam Hong Kong Film Awards pada 1997. Kelima nominasi tersebut adalah Best Cinematography, Best Art Direction, Best Costume & Make Up Design, hingga Best Action Choreography.

Tak hanya Hong Kong Film Awards, film Mandarin ini juga mendapatkan satu nominasi pada acara Golden Bauhinia Awards di tahun yang sama untuk kategori Best Cinematography.


Film ke-88 untuk Andy Lau

Untuk urusan film aksi, nama Andy Lau memang sudah tak perlu diragukan lagi. Terjun ke dunia film sejak 1981, sudah ratusan judul film China berhasil ia bintangi dengan baik. Tidak hanya itu, Andy Lau juga sering tampil dalam beberapa serial televisi.

Bermain dalam Shanghai Grand sebagai karakter utama, film ini menjadi film ke-88 untuk Andy Lau semenjak dirinya bermain film Once Upon a Rainbow pada 1982 silam. 

Sayangnya, untuk film ini, Andy tidak berhasil mendapatkan penghargaan ataupun nominasi apapun. Namun ini menjadi sesuatu yang berbeda, pasalnya jika Andy Lau biasanya sepenuhnya bermain dalam film aksi, kini cerita tersebut berpadu dengan cerita asmara segitiga yang mana melibatkan tokoh utama lainnya dalam hal ini sahabatnya sendiri.


Kolaborasi Ketiga Andy Lau dan Leslie Cheung

Fakta Menarik Film Mandarin Shanghai Grand
Film Mandarin Shanghai Grand dibintangi oleh Andy Lau dan Leslie Cheung. (Dok. Vidio)

Membintangi ratusan film Mandarin, nama Andy Lau pasti selalu disandingkan dengan para aktor papan atas lainnya tak terkecuali dalam film Shanghai Grand.

Dalam film China yang satu ini, Andy Lau kembali berada dalam satu layar bersama aktor ternama lainnya yaitu Leslie Cheung. Keduanya pun mendapatkan posisi sebagai tokoh utama. Hal ini menjadi ketiga kalinya Andy Lau dan Leslie Cheung terlibat proyek yang sama.

Sebelumnya, Andy Lau dan Leslie Cheung pertama kali terlihat bermain bersama dalam film Days of Being Wild pada 1990. Kemudian satu tahun setelahnya, keduanya dipersatukan kembali dalam film The Banquet. Lima tahun kemudian tepatnya pada 1996, Andy dan Leslie bertemu kembali dalam Shanghai Grand.

Itulah sedikit fakta menarik dari film Shanghai Grand. Untuk Anda yang penasaran dengan cerita cinta segitiga sosok gangster kriminal, bisa langsung menontonnya di aplikasi Vidio dengan mengunjungi tautan berikut ini, nonton Shanghai Grand full movie. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya