6 Fakta Film Si Manis Jembatan Ancol 2 yang Dibintangi Indah Permatasari, Maryam Bangkit Kembali Untuk Gentayangan Membalas Dendam

Simak 6 fakta dari film Si Manis Jembatan Ancol 2 yang berikut ini!

oleh Jeremia Agung Ananta diperbarui 12 Jun 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2023, 12:00 WIB
Media Announcement film Si Manis Jembatan Ancol 2, Kamis (8/6/2023) di Kawasan Jakarta.
Media Announcement film Si Manis Jembatan Ancol 2, Kamis (8/6/2023) di Kawasan Jakarta. (dok.Jeremia Agung Ananta)

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak pernah dengar urban legend Si Manis Jembatan Ancol? Rasanya kisah tersebut sudah menghantui masyarakat dari masa ke masa. Saking dipandang menarik sekaligus mengerikan, kisahnya pun dijadikan sebuah film pada tahun 1994 dengan bintang utama Diah Permatasari.

Dua dekade berlalu, MVP Pictures (MVP) pun kembali memproduksi sebuah karya film dengan judul yang sama, Si Manis Jembatan Ancol, pada tahun 2019. Dalam film remake tersebut, sang Maryam diperankan oleh Indah Permatasari. 

Filmnya pun sukses disambut baik oleh masyarakat yang tertarik dengan teror mencekam Maryam. Melihat animo masyarakat, pada Kamis (8/6/2023) MVP pun gelar media announcement untuk mengumumkan persiapan film sekuel Si Manis Jembatan Ancol 2 yang diproyeksikan akan menghantui masyarakat Tanah Air bulan Desember 2023 mendatang.

Tentu saja kabar ini buat banyak pihak tidak sabar dengan aksi Maryam yang kembali membalas dendam yang belum selesai itu. Simak 6 fakta menarik dari film Si Manis Jembatan Ancol 2 yang berikut ini!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kembali Gaet Indah Permatasari

Indah Permatasari dalam Si Manis Jembatan Ancol 2
Si Manis Jembatan Ancol 2 tengah diproduksi dan diproyeksikan tayang di bioskop Tanah Air, Desember 2023. Film ini digarap sineas Anggy Umbara. (Foto: Dok. Instagram @anggy_umbara)

Dipandang lekat dengan peran sang karakter utama dalam filmnya, Indah Permatasari kembali digaet jadi Maryam dalam film Si Manis Jembatan Ancol 2. Anggy Umbara selaku sutrada mengungkap bahwa memang Indah adalah aktris yang paling tepat bagi peran ini.

"Sampai sejauh ini, kami nggak bisa menemukan pengganti Indah Permatasari. Dia memang sudah paling tepat untuk jadi pemeran karakter Maryam, sudah pas nggak tergantikan," ujar Anggy.


Syuting Tersendat 2 Tahun

Indah Permatasari
Indah Permatasari siap kembali perankan Maryam di film Si Manis Jembatan Ancol 2. (dok.Jeremia Agung Ananta)

Fakta menarik lainnya dari film Si Manis Jembatan Ancol 2 adalah proses syutingnya yang sempat tersendat selama 2 tahun. Bukan tanpa sebab, ternyata hal ini diakibatkan oleh Indah Permatasari yang kala itu baru saja menikah dengan Arie Kriting dan hamil hingga perlu waktu penyesuaian sebelum siap kembali syuting.

Indah sendiri merasa tersanjung karena kembali dipercaya main di film sekuel ini, "Perasaannya jadi aneh ya ditungguin sama sutradara dan produser hebat. Yang pasti seneng banget, lah, makanya kali ini kita bener-bener bisa optimalkan buat syutingnya. Dan yang pasti all the best buat Si Manis Jembatan Ancol 2," ucapnya.


Sudah Mulai Proses Syuting

Meski diproyeksikan tayang pada akhir tahun ini, film Si Manis Jembatan Ancol 2 baru saja memulai proses syuting. Saat berjumpa secara empat mata dengan Indah Permatasari di venue media announcement, dirinya ungkap bahwa syuting dimulai pada hari Jumat (9/6/2023).

"Iya, nih...harus bangun pagi besok karena sudah mulai syuting. Kebetulan syutingnya di daerah Puncak sih, nggak di Ancolnya dong hahaha," pungkas Indah.


Ozy Syahputra Hadir Kembali

Ozy Syahputra bersama deretan cast Si Manis Jembatan Ancol 2.
Ozy Syahputra bersama deretan cast Si Manis Jembatan Ancol 2. (dok.Jeremia Agung Ananta)

Setia dengan imej hantu berkepala botak, Ozy Syahputra kembali didapuk perankan karakter Bang Ozi dalam film Si Manis Jembatan Ancol 2. Memang peran yang satu ini paling ikonis dan lekat dengan sosok Ozy Syahputra. 

Bahkan dirinya sudah perankan karakter hantu berkepala plontos itu selama kurang lebih dua dekade sejak tahun 1994. "Saya belum ikhlas kalau peran saya digantikan dengan orang lain," ujar Ozy yang merasa bersyukur masih dipercaya oleh MVP Pictures.


Ada Drama dan Komedi

Alasan utama kisah Si Manis Jembatan Ancol ini perlu dibuat sekuelnya adalah karena dendam Maryam yang masih belum terbalaskan. Oleh karena itu, akan ada banyak teror yang siap menghantui para karakter dalam film keduanya. "Yang akan disuguhkan pertama teror, kedua teror lagi, ketiga yang lebih parah. Jadi di sini si Manis akan meneror semuanya untuk mencari keadilan," jelas Anggy Umbara.

Selain teror yang mencekam, film ini tidak akan jadi film horor yang biasa karena di dalamnya juga terdapat drama. Namun, yang paling unik adalah sisi komedis, bahkan ada beberapa komedian yang akan kembali jadi cast film kedua untuk mengundang tawa penonton di tengah-tengah kengerian. 


Sinopsis

Si Manis Jembatan Ancol 2
Lukisan Si Manis Jembatan Ancol 2. (dok.Jeremia Agung Ananta)

Dalam film Si Manis Jembatan Ancol 2, penonton diajak mengenal dua karakter baru yakni pasutri Harun dan Rima, yang membangun panti asuhan untuk merawat anak-anak telantar. Panti asuhan Harun dan Rima diguncang musibah. Salah satu anak panti yakni Mira mendadak meninggal dunia. Sahabatnya, Nirmala syok sekaligus terpukul.

Spekulasi muncul berbareng dengan meninggalnya Mira. Diduga, tewasnya anak panti ada kaitannya dengan teror hantu Maryam. Nirmala yang punya bakat indigo menyelidiki spekulasi ini.

Ia berkomunikasi dengan Maryam yang ternyata baik. Nirmala menyimpulkan tak mungkin Maryam sekejam ini. Ia menduga ada kekuatan besar dan jahat, yang ingin menguasai kampung Ancol Bahari.

 

infografis journal
infografis journal 5 Film Horor Indonesia dengan Jumlah Penonton Terbanyak. (Liputan6.com/Tri Yasni).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya