Dihadiri Maudy Ayunda, Tanoto Foundation Luncurkan Program Fellowship Demi Ciptakan Aktor-aktor Pembangunan Masa Depan

Pendidikan yang berkualitas memegang kunci dalam keberhasilan pembangunan suatu bangsa. Semakin baik kualitas pendidikan bangsa, semakin tinggi pula kualitas sumber daya manusia bangsa tersebut yang akan berdampak langsung terhadap keberhasilan pembangunan.

oleh Hernowo Anggie diperbarui 07 Jun 2024, 08:53 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2024, 13:20 WIB
Maudy Ayunda di Tanoto Foundation Fellowship Program
Maudy Ayunda di Tanoto Foundation Fellowship Program

Liputan6.com, Jakarta - Tanoto Foundation meluncurkan Tanoto Foundation Fellowship Program, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk menciptakan aktor-aktor pembangunan di bidang pendidikan melalui kesempatan eksklusif untuk belajar dan terjun secara langsung ke dalam ekosistem pendidikan di daerah-daerah intervensi Tanoto Foundation selama 1 tahun penuh.

Para penerima program juga akan dibimbing oleh mentor-mentor berpengalaman, baik dari tim internal Tanoto Foundation maupun mitra-mitra pembangunan lainnya.

“Inisiatif baru ini merupakan bentuk komitmen berkelanjutan kami dalam meningkatkan sumber daya manusia, khususnya di Indonesia," kata Inge Kusuma, Country Head Tanoto Foundation Indonesia di sela-sela acara peluncuran Tanoto Foundation Fellowship Program pada hari Kamis, 6 Juni 2024.

Menurut Inge, organisasi filantropi independen di bidang pendidikan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981, telah menjalankan berbagai program dan bentuk kerja sama dengan pemerintah serta mitra pembangunan dalam usaha-usaha peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mempercepat Kesetaraan Peluang

Maudy Ayunda di Tanoto Foundation Fellowship Program
Maudy Ayunda di Tanoto Foundation Fellowship Program

Hal ini didasari keyakinan, bahwa pendidikan berkualitas mempercepat terciptanya kesetaraan peluang. Oleh karena itu, untuk tahun pertama, Tanoto Foundation Fellowship Program akan berfokus di bidang pendidikan sesuai dengan program-program yang sudah dijalankan oleh Tanoto Foundation selama ini.

"Saya harap program ini dapat menghasilkan para pemimpin yang handal, yang dapat meneruskan tongkat estafet pembangunan di masa depan, dan pemimpin yang dapat memberikan dampak positif serta berkelanjutan untuk kejayaan Indonesia,” Inge menambahkan.

 


Menciptakan Manusia Unggul

Di tempat yang sama, Drs. Amich Alhumami, MA, M.Ed, Ph.D, Deputi Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan, Kementerian PPN/Bappenas, mengatakan bahwa mempersiapkan manusia-manusia unggul sama pentingnya dengan infrastruktur, ekonomi, dan sektor lainnya, bahkan menjadi kunci dalam pembangunan bangsa. 

“Tanoto Foundation sejauh ini menjadi salah satu yang sudah menunjukan komitmen untuk fokus di pendidikan yang merupakan tulang punggung pembangunan bangsa. Kini melalui Tanoto Foundation Fellowship Program, kami harap lahir manusia-manusia unggul yang membantu pembangunan bangsa Indonesia melalui jalur pendidikan “sebut Amich.

 

 


Dihadiri Maudy Ayunda

Peluncuran Tanoto Foundation Fellowship Program ini dilakukan pada Kamis, 6 Juni 2024 di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta dan dihadiri oleh perwakilan pemerintah, perguruan tinggi, mitra-mitra pembangunan, dan juga organisasi kepemudaan. 

Acara ini juga diisi dengan diskusi bertajuk Arah Kebangkitan Pendidikan Indonesia, bersama Iwan Syahril, PhD (Direktur Jenderal Pendidikan Usia Dini, Dasar, dan Menengah, Kemendikbudristek), Gusman Yahya (Direktur Eksekutif, Perhimpunan Filantropi Indonesia), dan Maudy Ayunda (Educator, Creator, dan Investor).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya