Ammar Zoni Berharap Segera Direhab Setelah Permohonan Asesmen Dikabulkan

Rencananya, Ammar Zoni akan menjalani rehabilitasi pada pekan ini andai permohonan asesmen dikabulkan.

oleh M Altaf Jauhar diperbarui 10 Jul 2024, 18:30 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2024, 18:30 WIB
Ammar Zoni. (Foto: Dok. Aish TV)
Ammar Zoni. (Foto: Dok. Aish TV)

Liputan6.com, Jakarta Pihak Ammar Zoni menanyakan nasib permohonan asemen rehabilitasi yang tak kunjung dilaksanakan. Hal itu disampaikan kuasa hukum Ammar Zoni, dalam sidang lanjutan kasus narkoba kliennya di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Jon Mathias, kuasa hukum Ammar Zoni bersyukur majelis hakim tetap pada penetapannya, agar dilakukan asemen rehabilitasi terhadap kliennya. Rencananya, Ammar akan menjalani rehabilitasi pekan ini.

"Kami sempat menanyakan asesmen terpadu yang kami ajukan itu, kenapa sudah sebulan tidak dilaksanakan oleh JPU," ujar Jon Mathias di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (9/7/2024).

"Hakim menyatakan penetapan hakim harus dilaksanakan. Alhamdulillah dalam Minggu ini harus dilaksanakan oleh JPU. Jadi kita lihat seminggu ini kita koordinasikan dengan BNN atau BNNP," Jon Mathias menambahkan.

 

 


Biaya Asesmen Ditanggung Terdakwa

Ammar Zoni. (Liputan6.com/ M Alraf Jauhar)
Ammar Zoni. (Liputan6.com/ M Alraf Jauhar)

Jon melanjutkan, berdasarkan penetapan hakim, untuk biaya asesmen ditanggung terdakwa. Namun soal besaran biaya tersebut, Jon belum mengetahuinya.

"Kalau biaya penetapan hakim digantung terdakwa. Tapi apakah biaya nya berapa belum tau, assesmen dilakukan tahap pemeriksaan di kepolisian, baru ada penetapan baru karena ditingkat polisi tidak dilakukan, penuntutan atau dakwaan jaksa tidak dilakukan. Makanya kami memohon itu dan Pengadilan mengabulkan," terangnya.

 


Ammar Tidak Harus Mengeluarkan Biaya Rehabilitasi

Ammar Zoni
Ditangkap kali ketiga gara-gara mengonsumsi narkoba, pengakuan lawas Ammar Zoni soal naik kelas dari ganja ke sabu viral lagi. Ia mengulas soal trigger. (Foto: Dok. YouTube Deddy Corbuzier)

Menurut Jon, tidak masalah andai biaya itu dibebankan pada kliennya. Namun sepengetahuannya, Ammar tidak harus mengeluarkan biaya rehabilitasi karena ditanggung oleh negara.

"Sebenarnya, masalah biaya pasti kita enggak keberatanlah. Tapi keterangan ahli asesmen PAT (Penilaian Akhir Tahun) dan medis tidak ada biaya. Harusnya tidak ada. Ini baru pertama kali asesmen di pengadilan, biayanya juga enggak ada menurut saya," kata Jon.

 

 


Agenda Pembacaan Tuntutan Harus Ditunda

Sementara itu, sidang lanjutan kasus narkoba Ammar Zoni yang mengagendakan pembacaan tuntutan harus ditunda. Sidang akan kembali digelar pekan depan pada 16 Juli 2024.

"Mungkin penyusunan tuntutannya belum selesai atau waktunya belum cukup. Jadi, ditunda sidang tuntutannya minggu depan," ucap Jon Mathias.

Infografis Artis Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba
Infografis Artis Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya