Yamaha Musik Dukung Musisi dan Konten Kreator dalam Menciptakan Karya Audio dan Musik Berkualitas

Kreativitas dan inovasi generasi muda Indonesia dalam menciptakan konten sudah menciptakan dampak signifikan dalam pertumbuhan industri kreatif dan audio.

oleh Hernowo Anggie diperbarui 02 Agu 2024, 18:32 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2024, 08:30 WIB
Fitur Rahasia di Xiaomi 13T yang Cocok untuk Kreator Konten
Fitur Rahasia di Xiaomi 13T yang Cocok untuk Kreator Konten, Apa Itu? (Liputan6.com/ Yuslianson)

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan perkembangan teknologi visualisasi gambar atau video dan audio, langkah inovatif pun harus dilakukan para produsen dan pengguna. Terlebih saat ini media ini banyak dimanfaatkan konten kreator untuk menghasilkan video berkualitas.

"Semakin seriusnya para kreator konten untuk membuat video berkualitas, mendorong kian banyak produsen audio berlomba-lomba melahirkan produk yang bisa menunjang kebutuhan kreasi mereka," ujar Technical Marketing Audio Sales Product Group PT Yamaha Musik Indonesia Distributor, Gabriel Gunawan, dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Menurut Gabriel, pasar audio kini lebih menjangkau kreator konten yang banyak diisi anak muda. Kreativitas dan inovasi generasi muda Indonesia dalam menciptakan konten di berbagai platform digital telah menciptakan dampak signifikan dalam pertumbuhan industri kreatif dan industri audio.

"Salah satu pembuatan konten terutama video tidak hanya sebatas gambar tapi juga suara," Gabriel menuturkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Potensi Industri Kreatif

Gabriel Gunawan
Gabriel Gunawan

"Tahun lalu saja, potensi industri kreatif dari ranah content creator jumlahnya mencapai Rp7 triliun. Menurut data, diperkirakan akan meningkat 5 kali lipat pada 2027 seiring dengan berkembangnya platform digital," katanya.

Terkait dengan itu, PT Yamaha Musik Indonesia Distributor (YMID) tak ketinggalan meluncurkan produk terkininya untuk memenuhi industri audio. Setelah meluncurkan mikrofon DM-105 yang diperuntukkan untuk vokal lead dan backing, YMID menambah lini produk audio mereka dengan meluncurkan YDM Series.

 


Untuk Keperluan Musik Live

Gabriel menjelaskan, line up dari YDM Series yang dipasarkan di Indonesia adalah YDM707, YDM505, dan YDM505S Selain mikrofon Yamaha YDM Series, secara bersamaan pihaknya juga mulai memasarkan line produk USB audio interface terbaru dari Steinberg IXO Series, yaitu IXO12 dan IXO22.

Dia menyebut, jajaran mikrofon dynamic kelas profesional ini dibuat untuk keperluan produksi musik live atau rekaman, streaming, dan membuat konten untuk setiap kalangan. "Langkah ini dilakukan untuk merespon aktivitas produksi musik dan kreasi konten yang semakin masif secara global," katanya.

 


Kurangi Noise

Penonton konten, kata dia, akan merasa kurang nyaman kalau mendengar video, misalnya podcast tapi ada suara ‘kresek kresek. Lantaran itulah, Mikrofon YDM Series dilengkapi dengan bahan isolator canggih milik Yamaha yang mengurangi noise akibat pemakaian mic, getaran, dansumber eksternal lainnya yang berpotensi ditangkap oleh kapsul mic.

"Sehingga, pengguna mic ini dapat berkonsentrasi pada performance saja.YDM505 mengambil inspirasi dari desain alat musik, mikrofondidesain smooth yang terinspirasi dari desain lekukan dari alat musik tiup," jelasnya lagi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya